Terkadang saat membersihkan rumah, kita melupakan tentang ventilasi udara di kamar. Padahal melalui ventilasi ini, kita bisa mendapatkan udara bersih. Coba bayangkan jika kita mengabaikan kebersihan ventilasi, pastinya udara yang masuk ke rumah atau kamar kita pun akan terpengaruh. Kalau udara terpengaruh, otomatis kita akan menghirup udara yang tidak baik. Udara yang tidak baik tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang kesehatan karena kualitas udara yang buruk, yakni ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), penyakit jantung koroner, emfisema, stroke, bahkan sampai kanker. Maka dari itu, kita penting banget menjaga kebersihan ventilasi udara di kamar agar tetap bersih dan segar. Lalu, bagaimana sih cara menjaga kebersihannya? Simak uraiannya yang dilansir dari alodokter.com berikut ini.

Membersihkan Rumah Secara Rutin

Untuk menjaga ventilasi udara di kamar tetap bersih dan segar, langkah pertama yang wajib kita lakukan adalah membersihkan rumah secara rutin. Membersihkan rumah ini harus kita lakukan secara menyeluruh dan mendetail, jangan sampai kita mengabaikan beberapa tempat yang ada di rumah. Kita bisa membersihkan rumah menggunakan vacuum cleaner, pel lantai, sapu, kain pel, dll. Yang pasti, kegiatan membersihkan rumah secara rutin ini akan menghindarkan kita dari penumpukan debu maupun jamur yang ada di rumah.

kamar kos minimalis estetik

Bersihkan dan Ganti Saringan Udara untuk AC

Apabila di rumah atau kamarmu ada AC, maka pastikan untuk selalu membersihkannya secara rutin—terutama pada bagian filter atau penyaring udaranya. Hal ini memiliki tujuan agar debu maupun polusi udara yang tertangkap di saringan AC bisa hilang. Dengan mengganti saringan AC secara rutin, tanpa sadar kita juga sudah turut dalam menjaga ventilasi udara di kamar tetap bersih dan segar. Tak hanya itu, kita juga berhasil menghemat biaya listrik untuk AC.

Membuka Jendela Secara Rutin

Dengan membuka jendela, ventilasi udara di kamar akan tetap terjaga dan segar. Apalagi dengan jendela yang terbuka, udara akan bebas keluar masuk sehingga rumah maupun kamar menjadi lebih segar. Apalagi kalau di halaman luar rumah ada pohon-pohon yang rindang, maka wajib banget bagi kita untuk membuka jendela. Oh ya, pastikan juga untuk mematikan lampu di kamar ketika jendela terbuka, sebab cahaya matahari yang masuk ke kamar sudah mampu menerangi di siang hari. Sementara kalau malam, kita bisa menutup jendela. Sebab, di malam hari malah kadang udara yang keluar dari pohon atau lingkungan sekitar kurang baik untuk kesehatan. Sebab di malam hari, pohon malah akan mengeluarkan karbondioksida yang tidak boleh dihirup oleh manusia.

 

tren warna interior terang

Menempatkan Alat Pembersih Udara

Alat pembersih udara bisa menjadi solusi kita ketika ingin mendapatkan kualitas duara yang baik. Dengan adanya alat ini, kita bisa membersihkan polusi udara yang berpotensi mengganggu kesehatan kita. Meski tidak bisa membersihkan rumah secara menyeluruh, setidaknya kita sudah berusaha mengurangi tingkat kualitas udara yang buruk di rumah.

Nah, itulah tadi solusi ventilasi udara di kamar tetap bersih dan segar. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.