Trik membuat ruangan sejuk memang patut kamu terapkan untuk di rumahmu. Apalagi kalau rumahmu tidak menggunakan AC. Maka trik ini bisa menjadi inspirasimu. Jujur saja, memiliki ruangan yang sejuk di rumah adalah impian banyak orang. Karena ruangan sejuk dapat membuatmu semakin betah berlama-lama di ruangan tersebut. Coba bayangkan jika ruanganmu panas? Pastilah kamu tidak akan betah berlama-lama ada di ruangan tersebut.

Indonesia adalah negara tropis, di mana suhu udara hariannya mencapai 35-37 derajat Celsius. Nah suhu derajat yang panas tersebut tentu akan membuatmu tidak nyaman untuk bersantai atau melakukan berbagai macam aktivitas. Mungkin jika kamu memiliki AC di ruangan, itu tidak masalah. Namun, jika kamu tidak punya AC di rumah? Maka kamu perlu menyimak trik membuat ruangan sejuk berikut ini.

Apa saja triknya? Simak berikut ini.

Buat Langit-Langit Rumah yang Tinggi

Trik membuat ruangan sejuk yang pertama ialah membuat langit rumahmu lebih tinggi. Trik ini cocok sekali bagi kamu yang sedang membangun rumah. Rumah dengan langit-langit yang tinggi dapat membuat ruangan menjadi dingin dan sejuk meski tanpa pendingin ruangan atau AC. Pada intinya semakin tinggi jarak antara lantai rumahmu dengan langit rumahmu, maka makin dingin dan sejuk pula ruanganmu.

Tempatkan Furniture yang Tidak Terlalu Banyak

Percaya nggak kalau kamu menempatkan furniture terlalu banyak di ruangan maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sumpek? Furniture yang terlalu banyak akan membuat udara yang masuk ke ruanganmu menjadi lebih sedikit. Untuk itu, kamu bisa beli furniture dengan konsep minimalis untuk ruanganmu. Selain membuat udara lebih sejuk, juga akan membuat ruangan lebih roomy. Trik membuat ruangan sejuk yang satu ini bisa kamu kombinasikan dengan beli sofa di Ajeg.

trik membuat ruangan sejuk bikin betah

Dok. pribadi

Tambahkan Tanaman Hias di Sudut Ruangan

Tanaman hias bisa bikin ruanganmu sejuk. Selain membuat ruanganmu sejuk juga dapat membunuh bakteri yang ada di ruangan. Menempatkan tanaman hias di sudut ruangan juga dapat menciptakan kesan ecofriendly. Ruanganmu pun juga jadi tampak lebih segar dengan keberadaan tanaman hias.

Pilih Sofa dengan Kain Pelapis yang Adem

Ruangan yang perlu kamu buat sejuk salah satunya adalah ruang tamu. Trik membuat ruangan sejuk di ruang tamu adalah dengan menempatkan sofa minimalis Ajeg yang menggunakan kain pelapis adem. Nah, kain pelapis sofa yang terkenal adem itu adalah sutra, linen, atau vienna. Kamu bisa memilih salah satunya. Yang pasti dengan menempatkan sofa berkain pelapis adem kamu akan nyaman dan tidak merasa kepanasan lagi. Pokoknya kamu jangan sampai menggunakan sofa dengan kain pelapis oscar, karena kain oscar menyesuaikan suhu ruanganmu.

trik membuat ruangan sejuk bikin nyaman

Dok. pribadi

Beri Jendela Agar Sejuk

Jendela adalah ventilasi udara. Melalui jendela, ruanganmu bisa mendapat sirkulasi udara yang cukup. Sirkulasi udara yang cukup dapat membuat ruanganmu sejuk. Trik membuat ruangan sejuk ini wajib kamu terapkan untuk ruanganmu. Sebab, jendela ruangan jika kamu buka dapat mematikan bakteri yang ada di dalam ruanganmu.

Trik Menciptakan Ruangan Sejuk dengan Sekat Styrofoam

Ruangan di rumahmu bisa sejuk dengan memanfaatkan sekat styrofoam. Sekat tersebut dapat kamu gunakan untuk mencegah udara panas masuk ke ruangan. Bahan styrofoam bisa meredam panas sehingga ruangan di rumahmu pun menjadi lebih segar dan sejuk. Bahkan saat siang hari udara panas juga dapat dihalau dengan bahan ini.

Itulah tadi beberapa trik membuat ruangan sejuk. Kamu bisa menerapkan trik ini untuk rumahmu. Nah, sekarang kamu bisa beli sofa dengan kain pelapis yang adem di Ajeg untuk ruang tamumu. Kamu bisa membelinya secara online atau offline di Ajeg. Kamu juga bisa langsung datang ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

 

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.