Tips Sehat Puasa Ramadan – Apakah kamu yakin di puasa tahun ini sudah menerapkan pola makan yang sehat? Jujur saja, beberapa orang mungkin masih abai terhadap kesehatan. Mereka malah terkadang keliru mengenai pola makan yang benar ketika berpuasa. Memang benar, selama berpuasa kita harus menjaga hawa nafsu, lapar, dan haus. Namun, bukan berarti ketika sudah memasuki jam buka kita seperti orang yang kesetanan ingin menyantap semua makanan—inilah yang keliru dan tidak sehat untuk tubuh kita. Lantas bagaimana sih tips sehatnya orang yang berpuasa? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Jangan Melakukan Balas Dendam

Ketika melakukan puasa, tubuh kita harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam hingga 13 jam. Karena itulah sebenarnya wajar jika tubuh kita merasa lapar dan haus. Namun, ketika kita berbuka puasa, hendaklah sewajarnya saja. Jangan berbuka puasa dengan maksud balas dendam karena sudah menahan lapar dan haus. Tips sehat puasa Ramadan yang harus kamu lakukan ialah mengatur pola makan, dengan begitu manfaat puasa bagi tubuh akan lebih terasa.

Kurangi Makan Gorengan

Gorengan memang enak, tapi tips sehat puasa Ramadan tidak menganjurkan kita untuk makan gorengan terlalu banyak. Hal ini karena gorengan mengandung minyak dan lemak sehingga akan membuat makanan dalam tubuh kita menjadi sulit dicerna. Tak hanya itu, memakan gorengan juga bisa memperlambat tubuh ketika ingin memproses zat gizi dari makanan lain.

Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji tidak begitu baik untuk kita konsumsi. Bahkan jenis makanan ini juga tidak masuk dalam tips sehat puasa Ramadan yang dilansir dari halodoc.com ini. Memang benar makanan cepat saji sangat simpel dan praktis untuk dimakan, tapi nutrisi makanan ini sangat kurang tepat jika kamu jadikan sebagai menu berbuka maupun sahur. Dengan memakan makanan cepat saji, mungkin energi tubuh kita tidak begitu cukup untuk berpuasa.

Terlalu Banyak Makan dan Minum Manis

Rasulullah SAW memang menganjurkan kita untuk berbuka dengan yang manis, tapi bukan berarti kita terlalu banyak memakan atau meminum yang manis-manis. Sebab, mengonsumsi makanan manis secara berlebih bisa menyebabkan kita terkena diabetes. Lebih baik untuk menghindari asupan makan manis, kita menggantinya dengan vitamin yang sehat.

Nah, itulah tadi tips sehat puasa Ramadan yang bisa kamu terapkan untuk kesehatan tubuh. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.