Tips mengolah sampah anorganik penting banget kamu simak. Apalagi kamu sering menemukan sampah anorganik ini di rumah. Nah, agar rumahmu bersih dari sampah anorganik, maka kamu harus pandai mengolahnya. Sebenarnya sampah di rumah tangga terdiri dari dua jenis, yakni sampah organik dan anorganik. Sampah organik sendiri merupakan sampah yang mudah sekali untuk diuraikan, seperti sisa makanan. Sementara sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan, seperti plastik, kaleng, dan besi.

Kehadiran sampah anorganik di rumah inilah yang membuat sampah menumpuk. Sampah anorganik yang menumpuk tentu akan berdampak pada pemanasan global dan kesejahteraan masyarakatnya. Maka dari itu, Minaj di sini ingin memberikan tips mengolah sampah anorganik. Yuk, simak tipsnya dari Minaj berikut ini.

Pisahkan Sampah Anorganik dari Organik

Terkadang kamu sadari atau tidak, sampah anorganik sering tercampur dengan sampah organik. Nah tips mengolah sampah anorganik yang pertama ialah memisahkannya dari sampah organik. Untuk memisahkannya, kamu bisa menempatkan dua tempat sampah di rumahmu. Agar keluargamu paham, kamu bisa menuliskan keterangan tempat sampah organik dan anorganik. Langkah memisahkan jenis sampah ini akan memudahkanmu untuk mengolah sampah anorganik selanjutnya.

tips mengolah sampah anorganik mudah

Sumber: unsplash.com

Mengurangi Penggunaannya

Tips mengolah sampah anorganik yang selanjutnya ialah mengurangi penggunaan sampah anorganiknya. Misalnya saja ketika kamu belanja ke toko atau pasar, untuk mengurangi sampah anorganik plastik kamu bisa menggunakan tas kain. Oh ya saat ini sudah banyak juga kok penjual yang mengurangi penggunaan plastik untuk kantong belanjaan. Sebaliknya mereka memanfaatkan kantong dari olahan buah singkong yang aman dan tidak merusak bumi.

Kamu Bisa Menggunakannya Lagi

Jika kamu kesulitan untuk mengurangi penggunaannya, kamu bisa menggunakan benda anorganik lagi. Misalnya saja ketika kamu memiliki sampah kaca, kamu bisa memanfaatkannya untuk tempat bumbu dapur. Atau kamu juga bisa membuat tabungan kecil dari kaleng sisa susu. Dengan tips mengolah sampah anorganik yang demikian, kamu sudah membantu kelestarian bumi lho.

tips mengolah sampah anorganik mudah

Sumber: unsplash.com

Daur Ulang Sampah

Tips mengolah sampah anorganik yang selanjutnya adalah mendaur ulang sampah. Misalnya saja plastik bekas deterjen atau makanan kamu olah kembali menjadi tas belanja. Atau kamu juga bisa mendaur ulang botol-botol bekas menjadi pot kecil. Proses mendaur ulang ini mudah kok. Malah dengan kegiatan daur ulang, tanpa sengaja kamu juga melakukan kegiatan kreatif lho. Kamu bisa mengajak anak dan keluargamu untuk mendaur ulang sampah bersama, selain membuat pekerjaan daur ulang lebih mudah, kamu dan keluargamu juga bisa quality time bareng.

Nah, itu tadi tips mengolah sampah yang bisa kamu terapkan. Nah, buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

 

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.