Tips Mengajarkan Anak Bersih-Bersih – Orang tua sudah sewajarnya mengajarkan anak untuk selalu membersihkan kamarnya sendiri. Meski begitu mengajarkan anak bukanlah hal yang mudah, apalagi jika anak mudah teralihkan perhatiannya, pasti akan sangat sulit untuk memintanya fokus membersihkan kamar. Orang tua menginginkan anak menaati peraturannya, tapi anak tidak ingin diatur dan menginginkan istananya—kamar—berantakan sesuka hatinya. Karena itulah perjuangan orang tua semakin berat untuk mengajarkan anaknya. Namun tenang saja, Minaj punya tips mudah untuk kamu—orang tua—yuk simak tipsnya berikut ini.

Memberikan Contoh Kepada Anak

Tips mengajarkan anak bersih-bersih sendiri ialah memberikan contoh yang baik. Anak memiliki perasaan sensitif dan responsif yang lebih baik jika melihat orang tuanya memberikan contoh baik. Ketika rumah berantakan, kamu harus segera membersihkannya. Dengan begitu, anak pun akan mengamati apa yang kamu lakukan kemudian mereka pun mengikutinya.

Biarkan Anak Membuat Istananya Sendiri

Maksudnya ‘istana’ di sini adalah kamar. Biarkan anak dengan bebas mendekorasi kamarnya, meski begitu kamu sebagai orang tua harus menemukan cara untuk mengendalikan mereka. Berikan pengertian ke anak bahwa mereka bisa bebas mendekorasi kamarnya asalkan memiliki tanggung jawab untuk membersihkan kamarnya sendiri. Tips mengajarkan anak bersih-bersih ini sebenarnya bisa kamu lakukan dengan memberikan pengertian kepada anak agar bertanggung jawab mengatur furnitur, sprei, maupun menyapu istananya sendiri.

Jelaskan Kepada Anak Pentingnya Ruangan yang Bersih

Terkadang anak belum memahami pentingnya kebersihan ruangan. Untuk itu, tips mengajarkan anak bersih-bersih ialah orang tua bisa mulai mengajarkan kepada anak tentang pentingnya kebersihan. Jelaskan dengan kata-kata yang sederhana kepada anak mengenai pentingnya merapikan tempat tidur, menggantung pakaian, menaruh cucian di keranjang, merapikan mainan, dan menyapu lantai. Dengan begitu anak akan memahami bahwa kebersihan itu sangatlah penting.

Membersihkan Bersama

Kamu juga bisa membersihkan kamar anak secara bersama-sama. Buat kegiatan bersih-bersih menjadi lebih menyenangkan. Putar musik kesukaan anak akan membuat mereka lebih bersemangat saat melakukan kegiatan bersih-bersih. Apabila anak belum paham cara membersihkan suatu barang di kamar, maka kamu bisa langsung mengajarkannya. Dengan begitu di kemudian hari anak akan bisa membersihkannya sendiri.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengajarkan anak bersih-bersih kamarnya sendiri. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.