Tips menata ruang tamu sempit ini bisa jadi inspirasi kamu yang ingin upgrade tampilan ruang tamumu. Memang benar menata ruangan yang sempit terkadang menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu memiliki anggaran yang terbatas. Meski begitu, ruangan sempit tetap bisa kamu tata dengan rapi dan memberikan nuansa tampilan yang lebih lega. Lalu bagaimana tipsnya? Simak ide penataannya berikut ini.

Menata Ruang Tamu untuk Keluarga

Pertama, tips menata ruang tamu sempit ini cocok banget untuk keluarga. Ruang tamu yang sekaligus menjadi tempat santai bareng keluarga ini cocok banget jika kamu beri sofa dengan model L atau sudut. Sofa sudut ini akan memberikan kenyamanan untukmu dan keluarga saat bersantai bareng atau menerima tamu. Tambahkan pula meja tamu di ruanganmu.

Kehadiran meja tamu akan memudahkanmu dalam menyediakan sajian snack untuk keluarga maupun tamu. Karena ruangannya sempit atau kecil, agar terlihat luas kamu bisa memilih untuk menggunakan warna netral dan terang. Pemilihan warna netral ini akan menciptakan ilusi tampilan yang lebih lega, termasuk tampilan furnituremu yang akan terlihat lebih besar—meski pada kenyataannya memiliki ukuran yang minimalis. Kemudian kamu bisa menambahkan beberapa furniture dengan gaya dan warna yang berbeda.

Menata Ruang Tamu dengan Banyak Tempat Penyimpanan

Kedua, tips menata ruang tamu sempit ialah menata ruangan dengan storage yang cukup banyak. Ruangan yang satu ini meskipun memiliki tempat penyimpanan, tapi tetap memberikan ruang untuk penempatan tempat duduk. Menata ruang tamu yang seperti ini sangat cocok dan ideal untuk orang dewasa atau pasangan baru.

Minaj kasih saran ke kamu untuk memilih sofa tanpa lengan yang nyaman digunakan untuk bersantai. Atau kamu juga bisa memilih sofa bed yang memiliki fungsi ganda alias multifungsi. Yang pasti, pilih sofa dengan material berkualitas, sehingga bisa bertahan hingga belasan tahun atau lebih. Selain sofa, kamu bisa menambahkan beebrapa furniture lain. Namun ingat, jangan sampai menempatkan terlalu banyak furniture karena akan membuat tampilan rumahmu terlihat lebih sempit.

Menata Ruang Tamu yang Ramah Anak

Tips menata ruang tamu sempit yang pertama dan kedua memang cocok untuk keluarga, meski begitu jika kamu memiliki anak kecil di keluargamu alangkah baiknya untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan ramah anak. Ruangan nyaman dan ramah anak ini bisa kamu tata dengan menghindari beberapa furniture yang lancip, seperti meja tamu yang kotak. Sebaiknya kamu memilih meja tamu yang bulat, sehingga ketika anak bermain di sekitar meja tamu, mereka akan aman.

Yang pasti, jangan lupa untuk menempatkan sofa yang nyaman dan aman untuk anak. Jangan memilih sofa kulit jika kamu ingin menata ruangan ramah anak. Sebab, sofa yang terbuat dari bahan kulit malah akan membuat anak tidak nyaman karena kainnya mengikuti suhu tubuh dan ruangan si pemakainya. Apabila ruangan suhunya panas, maka sofanya pun akan ikut panas dan tidak nyaman digunakan.

Perhatikan Ventilasi dan Desain Interior Ruang

Terkadang ada penataan ruang tamu yang tidak memperhatikan ventilasi maupun desain interior ruang, sehingga malah merusak nuansa di ruangan. Cara terbaik ialah, kamu bisa menempatkan sofa dengan model L, tapi tetap memperhatikan perihal keserasiannya dengan desain interior ruang. Gunakan palet warna setidaknya paling banyak tiga warna saja—tapi akan lebih baik jika kamu bisa menggunakan dua palet warna. Selain menempatkan sofa model L, kamu juga bisa menambahkan sofa satu seater di ruangan. Selanjutnya kamu tempatkan juga meja tamu dan beberapa hiasan atau aksesoris dinding.

Nah, itulah tadi tips menata ruang tamu sempit. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.