Tanaman hias calathea saat ini sedang naik pamor, alasannya karena tanaman ini punya bentuk dan warna daun yang cantik. Bentuk dan warnanya yang cantik mampu menciptakan sudut ruangan di rumahmu tampil cantik dan segar. Calathea sendiri memiliki ciri khas bentuk daun yang lebar dengan corak garis-garis. Bentuknya yang khas akan semakin cantik karena punya paduan warna yang indah. Jika dilihat, tanaman ini punya corak daun yang menyerupai bentuk lukisan.

Sebenarnya sebagian besar tanaman hias calathea memiliki daun hijau cerah yang memiliki beberapa warna, seperti ungu. Dilansir dari CNN Indonesia, calathea dikenal dengan nyctinasty. Tanaman ini akan menggerakkan daun ketika malam hari, sementara di siang hari daunnya akan turun. Perubahan gerakan daunnya ini merupakan akibat adanya tekanan air yang mengikuti pergerakan cahaya matahari. Pergerakan dari tanaman ini menyerupai orang yang berdoa, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai tanaman doa. Selain disebut sebagai tanaman doa, calathea juga disebut sebagai tanaman merak, zebra, dan katedral.

tanaman hias calathea segar

Sumber: unsplash.com

Ada beberapa tanaman hias calathea yang populer, yakni Calathea veitchiana, Calathea lancifolia, dan Calathea ornata. Kehadiran tanaman yang satu ini memang bikin ruangan di rumahmu tampil segar. Namun, untuk perawatannya kamu harus benar-benar melakukannya dengan tepat. Sebab, jika kamu tidak melakukannya dengan tepat, pastinya calathea tidak akan tumbuh menjadi tanaman yang mengesankan. Penasaran bagaimana cara merawat tanaman calathea? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Cara Merawat Calathea

Untuk merawat tanaman hias calathea, kamu bisa mulai menanam bibitnya terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menyiram tanamannya secara berkala, pada intinya jangan sampai calathea tanahnya kering. Oh ya, hindari memberikan air yang berlebih untuk tanaman hias ini. Calathea sendiri merupakan tanaman yang suka dengan kondisi lembab, sehingga ketika kamu menyiramnya dengan air yang banyak maka pembusukan akar akan terjadi.

Tak hanya pembusukan akar saja yang terjadi, mungkin air yang ada di media tanam rumahmu juga akan mengalami penguapan, sebab tak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, usahakan menyiram tanaman ketika tanahnya sudah kering. Selanjutnya, kamu juga harus rutin memberikan pupuk pada tanaman hias calathea ini. Kamu bisa memberikan pupuk sebulan sekali untuk tanaman hias ini. Oh ya, kamu juga harus melakukan penyiangan pada tanaman ini agar unsur hara tanah calathea tidak dicuri oleh tanaman gulma.

tanaman hias calathea segar

Sumber: unsplash.com

Jenis-Jenis Calathea

Sebelumnya, Minaj udah sedikit membicarakan tentang jenis-jenis tanaman hias calathea. Nah, sekarang kita uraikan satu persatu tentang jenisnya lagi. Yuk, simak uraiannya berikut ini.

  • Calathea veitchiana, merupakan tanaman yang berasal dari Ekuador dan terbiasa hidup di wilayah yang lembab. Tanaman ini memiliki motif daun yang cukup unik.
  • Calathea lancifolia, tanaman hias ini memiliki asal dari Brasil dan biasanya hidup di area yang dingin. Tanaman jenis ini juga sering disebut sebagai tanaman ular karena memiliki bentuk daun yang memanjang dan motifnya juga memiliki kemiripan dengan ular.
  • Calathea ornata, jenis ini berasal dari Amerika Selatan, tapi kini tanaman hias jenis ini juga bisa hidup di daerah tropis seperti Indonesia dan Thailand. Tanaman ini bisa hidup di dalam maupun luar ruangan rumah. Oh ya, tanaman ini punya daun yang lebar dengan motif unik.

Nah, itulah tadi sedikit pengenalan tentang tanaman calathea yang cocok untuk menghias sudut ruangan di rumahmu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.