Jika bosan karena suasana mencuci pakaian hanya di dalam rumah saja, Anda juga bisa kok menikmati kegiatan tadi sambil bersantai di luar ruangan. Apalagi jika Anda memiliki space carport yang masih luas, maka jangan ragu untuk memanfaatkannya sebagai tempat laundry outdoor.

Memanfaatkan carport untuk kebutuhan laundry tidak hanya hemat tempat, tapi juga memberikan suasana segar saat mencuci dan menjemur pakaian. Tentunya ide ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memaksimalkan setiap sudut rumah tanpa perlu renovasi besar. Yuk, simak bagaimana carport bisa diubah menjadi laundry outdoor yang fungsional dan stylish!

Baca Juga : Cara Buat Home Theater Sendiri di Hunian Lebar 6 Meter

Bangun Secret Room Khusus

tempat laundry outdoor - pintu geser di area carport

Houzz.com

Tak harus memakan banyak ruang, Anda bisa membuat tempat laundry outdoor di ruang carport dengan lahan yang minim kok! Cukup sediakan luas lahan sebesar 1.5 x 2 m maupun 2 x 3 m sesuai kebutuhan untuk membuat laundry room. Dalam hal ini, Anda bisa membuat ruang rahasia untuk mencuci maupun menjemur dengan membangun sekat yang ringan.

Hadirkan Pintu Kayu yang Natural

tempat laundry outdoor - pintu geser kayu rotan di balkon

Houzz.com

Sebagai saran tambahan, Anda bisa menggunakan pintu sliding yang terbuat dari kayu rotan maupun bambu supaya terkesan lebih natural seperti ini. Dengan membuat ruangan berkamuflase ini, tentunya orang tidak akan mengira bahwa di dalamnya ternyata merupakan tempat cuci baju. Jadi, halaman depan Anda akan tetap terlihat rapi dan juga terjaga privasinya bukan?

Baca Juga : Ciptakan Rumah Mewah Modern dengan Gaya Elit, Hunian Jadi Lebih Berkelas!

Pilih Kanopi Kaca

tempat laundry outdoor - fasad kanopi kaca tempered glass

333k+ Arts

Untuk melindungi hujan dan panas, Anda bisa menggunakan kanopi yang terbuat dari kaca tempered glass atau laminated. Dengan begitu, ruang servis area Anda tidak hanya akan terawat akan tetapi juga mampu memberikan kesan yang terang dan terbuka.

Gunakan Desain Tembok Natural

tempat laundry outdoor - tembok batu bata

The Architecs Diary

Coba manfaatkan bahan material seperti batu bata yang terekspos untuk memberikan kesan yang alami dan hangat. Pilihan batu bata berwarna merah tua juga bisa menjadi opsi yang tepat untuk memberikan kesan yang lebih klasik.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Buat Desain Teras Rumah Jadi Lebih Indah dengan Cafe Mini

Tambahkan Rak Vertikal

tempat laundry outdoor - rak hias gantung ambalan kamar mandi

Walmart

Meskipun terlihat sepele, namun sebenarnya keberadaan rak vertical ini begitu penting karena mampu menghemat ruangan. Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, maka tentunya dinding yang kosong harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya yakni dengan menambahkan rak hias di tembok untuk menjaga tempat laundry outdoor Anda tetap tertata rapi.

Pilihlah desain rak hias yang minimalis sehingga tidak memakan banyak ruang namun tetap fungsional. Setelah itu, Anda bisa menyimpan beberapa barang untuk perlengkapan laundry seperti detergen, gantungan baju, hingga pelembut pakaian di sini.

Baca Juga : Bikin Ruang Tamu Skylight di Rumah Mini Seluas 27 M2

Berikan Ventilasi Ruang

tempat laundry outdoor - jendela kaca

The Spruce

Tak harus membuat ventilasi yang besar, Anda bisa menambahkan jendela yang berukuran kecil agar nantinya udara yang ada di dalam ruang laundry ini tetap segar. Namun, jika tidak memungkinkan Anda juga bisa menambahkan beberapa lubang kecil di sini supaya sirkulasi udaranya tetap terjaga dengan baik. Di samping itu, perhatikan juga pemilihan tirai jendela yang tepat jangan sampai Anda menggunakan bahan yang terlalu tebal.

Buat Sudut Hijau

tempat laundry outdoor - sudut hijau tanaman gantung pot mini

Morton Noah Blog’s

Tambahkan beberapa tanaman hijau di pojok area servis laundry ini untuk memberikan nuansa yang lebih asri. Di mana Anda bisa memanfaatkan tanaman gantung maupun yang berada di pot kecil sebagai penghias ruang serta menambah kualitas udara di sekitar tempat laundry outdoor yang seringkali terasa lembab.

Baca Juga : Mau Beli Sofa Tapi Punya Hewan Peliharaan? Hindari 4 Hal Berikut!

Letakkan Furniture yang Tepat

tempat laundry outdoor - furniture kayu rotan

Blush & Pearls

Beberapa furniture yang ada di area laundry room ini sebenarnya tak banyak yakni keranjang untuk tempat menyimpan pakaian kotor, jemuran, hingga meja serta kursi setrika. Maka dari itu, bahan material furniture tersebut perlu diperhatikan dengan baik supaya nantinya tetap awet.

Rekomendasi Ambalan Dinding Hingga Furniture Kamar Mandi Minimalis yang Awet

Jika Anda sedang mencari ambalan untuk menyimpan beberapa perlengkapan laundry, maka di sini Ajeg Furniture hadir sebagai toko mebel Jogja murah yang bergaransi. Mau pesan ambalan dengan desain apapun, Ajeg Furniture siap melayani kebutuhan Anda. Untuk melihat furniture lainnya, Anda juga bisa mengunjungi pusat toko mebel kayu jati Jogja murah ini melalui showroom resminya yang ada di Jl. Raya Solo KM.10, Sorogenen I, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282.

Atau, Anda juga bisa mengunjungi situs website resminya melalui https://ajeg.co.id/ supaya mengetahui barang apa saja yang ingin dibeli. Jika ingin mendapat promo yang menarik, maka kunjungi akun Instagram resmi dari toko furniture Jogja murah ini melalui @ajeg.co.id.

 

Penulis : Hilda R.