Rumah ramah lingkungan saat ini menjadi incaran banyak orang. Kenapa? Karena konsep ramah lingkungan mampu mengurangi adanya dampak kerusakan lingkungan. Misalnya saja seperti perubahan iklim dan pemanasan global. Di masa ini, pembangunan dengan konsep ramah lingkungan memang sedang banyak digencarkan.

Penasaran apa saja ciri dari rumah ramah lingkungan? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Cari Rumah dengan Lokasi yang Tepat

Jika kamu ingin membangun rumah ramah lingkungan, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mencari lokasi yang tepat. Oh ya, jangan pilih lokasi rumah yang dekat dengan sungai atau resapan air. Jangan pula pilih lokasi yang berdekatan dengan tempat pembuangan sampah. Karena jika lokasi rumah dekat dengan sungai maupun tempat pembuangan sampah, maka bisa saja rumahmu akan mengalami pencemaran air maupun bau sampah.

rumah ramah lingkungan dengan taman

Sumber: unsplash.com

Pilih Lokasi yang Efisien

Rumah ramah lingkungan harus kamu bangun di lokasi yang efisien. Perhatikan jarak rumah dengan sekolah, kantor, hingga mal. Jika jaraknya terlalu dekat, maka karbon yang dihasilkan pun juga akan semakin kecil. Jejak karbon ini penting banget kamu perhatikan lho. Sebab, karbon yang tinggi mampu meningkatkan risiko dari adanya kerusakan global atau pemanasan global.

Area Rumah dengan Halaman Hijau

Ciri penting selanjutnya ialah rumah ramah lingkungan sudah seharusnya memiliki halaman hijau yang cukup luas. Setidaknya rumahmu memiliki luas halaman sebanyak 30% dengan ruang terbuka hijau. Kamu bisa menanam berbagai macam tanaman hijau. Dengan banyaknya ruang terbuka hijau, maka pertukaran karbondioksida dan oksigen pun akan semakin bagus. Kualitas udara di rumahmu pun juga akan menjadi lebih sejuk.

rumah ramah lingkungan dengan taman

Sumber: unsplash.com

Memiliki Pertukaran Udara yang Baik

Rumah ramah lingkungan yang selanjutnya memiliki ciri pertukaran udara yang baik. Pertukaran udara yang baik ini akan memberikan kenyamanan untukmu ketika berada di rumah. Adanya pertukaran udara yang baik selain karena ruang terbuka hijau juga karena jendela. Yup, rumah yang baik ialah yang memiliki ventilasi memadai. Selain itu, adanya ventilasi udara juga bisa menghemat biaya listrik lho, sebab di siang hari kamu tak perlu menyalakan lampu.

Nah itulah tadi beberapa ciri dari rumah dengan konsep eco-friendly. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.