Ruangan Kecil – Mungkin kamu kadang bingung bagaimana cara mendekorasi bagian rumah yang berukuran kecil. Namun, tahukah kamu ternyata memiliki ukuran kecil untuk bagian rumah menjadikanmu lebih mudah mendekorasi lho. Tidak hanya itu, ukurannya yang minimalis juga membuatmu lebih mudah saat membersihkan dan mengaturnya. Kali ini Minaj akan membagikan beberapa tips yang bisa membuat ruanganmu tampil lebih luas. Daripada penasaran bagaimana caranya, yuk langsung simak berikut ini.

Rapikan Terlebih Dahulu Barang yang Berantakan

Sebenarnya tidak ada ruangan kecil yang sempit kecuali memang ada banyak barang di dalamnya. Karena itu, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah untuk merapikan terlebih dahulu barang-barang yang berantakan di rumahmu. Memiliki barang yang terlalu banyak, tentu akan membuat rumah terasa lebih sempit dan sesak. Ada baiknya kamu mulai mengurangi barang-barang yang tidak digunakan, hal ini akan membuat ruangan di rumahmu tertata lebih rapi dan luas.

Jangan Mendekatkan Furniture dengan Akses Pintu Masuk

Tahukah kamu furniture yang ditempatkan di ruangan kecil dan dekat dengan pintu masuk malah akan membuat rumah tampak sempit. Ada baiknya kamu mulai memindahkan furniture agar tidak mendekati pintu masuk. Setidaknya beri jarak antara furniture dengan pintu masuk, dengan begitu ruangan di rumahmu akan tampil lebih lega.

Pertimbangkan Pemilihan Warna 

Untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih luas, kamu bisa mempertimbangkan pemilihan warnanya. Jangan gunakan warna-warna yang gelap untuk bagian ruang di rumahmu. Karena warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Sebaliknya, pilih warna lembut dan terang untuk rumah, karena akan memberikan nuansa ruangan terbuka dan lega. Kamu juga bisa menggunakan warna-warna pastel untuk rumahmu. Menggunakan skema warna netral sebenarnya adalah pilihan yang paling tepat untukmu.

Mengoordinasikan Warna Dinding dengan Furniture

Ada baiknya jika kamu ingin membuat ruangan di rumah tampil lebih luas, maka serasikanlah warna dinding dengan furniture yang dipilih. Apabila warna dinding tidak sesuai dengan furniture yang kamu pilih, maka akan memberikan ilusi yang sempit. Nah, apabila furniture di rumahmu sesuai dengan warna dinding, maka akan cenderung menyatu dengan ruang sehingga memberikan ilusi ruangan kecil tampil lebih besar.

Tambahkan Jendela untuk Rumahmu

Percaya nggak, ruangan dengan pencahayaan baik akan memiliki kesan lebih luas? Yup, berdasarkan artikel dari thespruce.com semua ruangan dengan pencahayaan alami maupun buatan yang baik akan memiliki kesan lebih besar dan luas. Nah untuk siang hari, kamu bisa membuka jendela dan tirainya. Ketika malam hari, kamu bisa menggunakan lampu yang cocok untuk ruangan di rumahmu.

Menambahkan Kaca

Selain memfokuskan pada jendela, langkah selanjutnya ialah kamu bisa menggunakan kaca/cermin untuk ruangan kecil. Penggunaan kaca/cermin akan memberikan efek lebih besar untuk ruangan. Hal ini karena cahaya yang ada di dalam rumah akan dipantulkan, sehingga mampu memberikan efek yang lebih besar.

Tempatkan Furniture dengan Ukuran Minimalis

Kamu juga bisa menempatkan furniture dengan desain minimalis di dalam ruangan kecil. Toh saat ini sudah banyak toko mebel Jogja yang menjual furniture dengan desain minimalis. Salah satunya adalah toko mebel Ajeg. Kamu bisa langsung datang ke tokonya yang berada di Jl Solo, tepatnya di dekat bandara lama Jogja. Oh ya, di Ajeg tersedia berbagai macam furniture yang bisa kamu pilih sesuai dengan interior di rumahmu.

Nah, itulah tadi cara membuat ruangan kecil di rumahmu terlihat lebih lega. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.