Perayaan Imlek 2023 – Tahukah kamu, sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru Imlek. Tak jauh berbeda dengan perayaan di tahun-tahun sebelumnya, Imlek kali ini juga diwarnai tradisi khas Tionghoa. Pada Imlek ini, tentu warga masyarakat Tionghoa akan diliputi perasaan senang.

Nah, saat tahun baru Imlek ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan warna merah. Lantas, tahukah kamu mengapa saat Imlek kamu sering menjumpai warna merah? Agar kamu lebih mengenal tentang Imlek, kami telah siapkan artikel ini. Yuk, disimak!

 

Mengenal perayaan Imlek dan tradisi uniknya

Imlek juga sering disebut sebagai tahun baru Tionghoa. Perayaan Imlek sendiri memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Tionghoa. Bahkan, Imlek ini juga sering dikaitkan sebagai bentuk penghormatan untuk keluarga, dewa-dewi, hingga para leluhur. 

Warna merah, barongsai, dan kue keranjang. Ketiga hal itu pasti akan sering kamu jumpai saat perayaan Imlek 2023. Selain ketiga hal tersebut, ternyata masih ada banyak tradisi unik yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa, begitupun masyarakat keturunan Tionghoa.

Anyway, semua tradisi unik yang dilakukan saat Imlek ini memiliki makna tersendiri, lho! Agar lebih jelasnya, simak poin berikut ini.

  • Warna merah. Identik dengan kekuatan dan kesejahteraan. Karena itu, tidak heran jika kamu akan sering menemui unsur warna merah saat Imlek.
  • Bersih-bersih rumah. Kegiatan menyapu dan bersih-bersih rumah sehari sebelum perayaan Imlek dimaknai sebagai bentuk mengusir kesialan. Namun, tiga hari dari Imlek hingga setelahnya, kamu dilarang untuk menyapu karena dianggap sebagai bentuk membuat keberuntungan. 
  • Hujan turun. Masyarakat yang merayakan Imlek akan mengharapkan hujan turun karena air hujan dianggap sebagai pembawa berkah dan rezeki.
  • Angpao berisi uang. Pemberian angpao sebagai bentuk berbagi rezeki. Biasanya angpao akan diberikan dari orang yang sudah menikah kepada orang yang belum menikah. 

Selain beberapa tradisi di atas, masih ada banyak tradisi unik lainnya, seperti kumpul keluarga dan aktivitas lainnya. 

 

Tips dekorasi ruang tamu khas Imlek 2023 

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa tips mendekorasi ruang tamu khas perayaan Imlek 2023. Apa saja tipsnya, langsung simak berikut ini. 

Terapkan unsur warna merah dan emas untuk dekorasi

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, tahun baru Imlek identik dengan aksen warna merah dan emas. Karena itu, untuk tahun baru Tionghoa ini kamu bisa mengaplikasikan warna merah dan emas pada dekorasi ruangmu. Misalnya, kamu bisa mengganti sarung bantal sofa, gorden jendela, hingga memberikan hiasan dinding dengan warna merah dan emas.

Memajang hiasan dinding dan gantungan dewa-dewi di pintu

Memajang gambar dewa-dewi di depan pintu rumah dimaksudkan untuk menghindari tolak bala. Tidak hanya itu, hiasan gambar dewa atau dewi juga memiliki makna untuk meraup kesejahteraan. Anyway, kamu juga bisa memajang hiasan dinding di rumah. Saran dari Minaj, kamu bisa memilih hiasan dinding yang berwarna merah. Dengan begitu, perayaan tahun baru Imlek 2023 di rumahmu makin terasa. 

Tata ulang ruang keluarga di rumah

Imlek identik dengan acara kumpul keluarga. Karena itu, kamu perlu menyiapkan ruang yang nyaman untuk keluarga. Berikan suasana baru yang mampu ciptakan kesan hangat saat kumpul bersama keluarga. Yang pasti, kamu juga harus menata ruang lebih rapi dan fresh. Dengan begitu, kamu bisa memberikan kenyamanan untuk keluargamu.

Berikan tanaman hias agar suasana suasana ruang makin fresh

Tanaman hias akan memberikan kesan hidup dan fresh pada ruangan. Selain itu, kamu juga bisa menghias ruangan dengan tanaman atau bunga tiruan. Tanaman atau bunga tiruan juga tak memerlukan perawatan tiap hari sehingga sangat praktis untuk kamu pilih. Nah, agar Imlek makin berkesan kamu bisa memilih kuntum yang berwarna merah. 

Rekomendasi furnitur untuk perayaan Imlek 2023

Nama Produk

Gambar

Spesifikasi

Harga (Rp)

Beli di Sini

Sofabed Sasmaya

Kayu pinus, kain vegas, royal foam | Uk. 220 cm x 80 cm x 64 cm (3S); 80 cm x 75 cm x 64 cm

6.500.000,00

Rak TV Makaira

Kayu jati; Uk. 150 cm x 50 cm x 60 cm

3.500.000,00

Sofabed Spica

Kayu pinus, kain midily, dll; Uk. 200 cm x 80 cm x 60 cm

8.500.000,00

Bean Bag Iva

Ukuran S, M, dan L

118.000,00 - 205.000,00

MM Masato (Kursi Rotan)

Kayu jati perhutani; Uk. 140 cm x 80 cm x 75 cm

4.800.000,00

MM Masato

Kayu jati perhutani; Uk. 140 cm x 80 cm x 75 cm

4.500.000,00

MM Kotatsu 4K

Kayu jati perhutani; Uk. 140 cm x 80 cm x 75 cm

4.600.000,00

Toko furnitur kitchen set terdekat yang bisa kamu pilih

beli sofa jogja di ajeg

Nah, untuk furniturnya, kamu bisa melakukan pembelian di Ajeg, baik datang langsung ke showroom atau via marketplace. Oh ya, lagi ada banyak promo menarik untuk pembelian secara online.

Lokasi showroom kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

Artikel terkait yang juga bisa kamu baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

10 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis ala K-Drama Populer

7 Rekomendasi Sofa Bean Bag Terbaik untuk Teman Santai

10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik untuk Nyaman Tidur

7 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik yang Nyaman

Nah, itulah tadi beberapa ide rekomendasi produk dari kami. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!