Penyebab Sakit Punggung – Tahukah kamu bahwa ternyata duduk terlalu lama di kursi bisa membuatmu sakit—terutama di bagian punggung. Duduk yang terlalu lama akan membuat risiko penyakit semakin meningkat. Sebenarnya ada banyak penyakit yang bisa terjadi karena duduk yang terlalu lama, seperti jantung, diabetes, kanker, sakit punggung, dan banyak lagi. Jika ditilik lagi, memang benar duduk seharusnya bisa membuat tubuh lebih rileks dan nyaman. Namun, apabila terlalu lama duduk ternyata malah membuat tubuh jadi sakit. Lantas, bagaimana caranya mengurangi rasa sakit ketika duduk di kursi? Langsung simak berikut ini.

Apa Penyebab Sakit Punggung?

Seperti yang Minaj bilang sebelumnya, seharusnya duduk menjadi kegiatan yang membuat tubuh rileks dan nyaman. Namun, terkadang kegiatan duduk bisa membuat tubuh sakit. Berikut beberapa penyebab sakit punggung. Pertama, punggung yang sakit karena posisi duduk yang salah. Ada beberapa posisi duduk yang salah—dilansir dari hellosehat.com—seperti terlalu membungkuk, condong ke depan, hingga posisi yang merosot. Kedua, melemahnya otot pada punggung, hal ini berdampak sekali pada tubuh. Ketiga, adanya penyakit tertentu, beberapa penyakit memang akan membuat tubuh bagian punggung sakit.

Posisi Duduk yang Membuat Punggungmu Sakit

Berikut beberapa posisi duduk yang akan membuat punggungmu sakit.

Posisi Duduk Miring

Ada sebuah studi yang menjelaskan bahwa duduk dengan posisi miring menjadi salah satu penyebab sakit punggung. Duduk dengan posisi miring memang cukup nyaman, akan tetapi jika kamu duduk terlalu lama, itu akan menyebabkan punggungmu sakit. Karena itu, apabila kamu ingin duduk dengan posisi miring, maka biasakan untuk sering mengubah posisi duduk.

Posisi Duduk Selonjoran

Semua orang pasti suka dengan posisi duduk yang selonjoran. Namun, tahukah kamu bahwa posisi duduk ini menjadi salah satu penyebab sakit punggung. Biasanya duduk dengan posisi ini sangat nyaman kamu lakukan ketika sedang membaca atau bermain ponsel. Posisi ini memang sangat nyaman, tapi kamu harus sering mengubah posisi karena itu bisa berdampak pada kesehatan punggungmu.

Posisi Duduk Membungkuk

Kemudian ada posisi duduk membungkuk. Posisi ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk kamu lakukan dalam waktu lama. Sebab, posisi ini akan menekan tulang belakangmu sehingga menyebabkan punggungmu sakit. Apabila kamu tidak ingin punggung sakit, lebih baik jangan terlalu lama untuk duduk dalam posisi yang sama.

Cara Mengurangi Sakit Punggung

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penyebab sakit punggung. Apa saja caranya? Simak berikut ini.

Mengubah Posisi Duduk, Jangan Terlalu Lama

Apabila punggungmu terasa tidak nyaman, maka kamu harus segera mengubah posisi dudukmu. Dengan mengubah posisi duduk, setidaknya kamu bisa mengurangi penyebab sakit punggung. Ada baiknya kamu rutin untuk mengubah posisi duduk, misal 30 menit sekali.

Mengganjal Punggung dengan Bantal

Bantal yang kamu ganjalkan ke punggung ternyata bisa meminimalisir terjadinya sakit punggung. Jadi, ketika kamu duduk, maka cobalah untuk menempatkan bantal di bagian belakang. Dengan bersandar pada bantal maka postur tubuhmu akan terjaga tetap tegak dan nyaman.

Berolahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat mengurangi penyebab sakit punggung. Setidaknya lakukan olahraga 3 kali dalam seminggu. Dengan begitu, tubuh akan menjadi bugar dan punggung yang sakit pun bisa diminimalisir.

Menempatkan Sofa yang Nyaman

Kursi yang tidak nyaman juga menjadi salah satu penyebab sakit punggung. Karena itu, ada baiknya kamu menempatkan sofa yang nyaman di rumahmu. Dengan duduk di sofa yang nyaman dan empuk, kamu bisa meminimalisir rasa sakit pada punggungmu. Tenang, untuk sofa yang nyaman, kamu bisa membelinya di Ajeg Mebel.

Nah, itulah tadi cara mengurangi penyebab sakit punggung karena terlalu sering duduk dengan posisi yang sama. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy Rachma.