Panduan Lengkap Membersihkan Dapur – Sebagai jantung rumah tangga, tentunya dapur harus menjadi tempat yang nyaman untuk beraktivitas menyiapkan makanan. Memiliki dapur yang nyaman tentu menjadi impian banyak orang. Kenyamanan pada dapur ini bisa terlihat ketika dapur tertata dengan rapi dan bersih. Kebersihan dapur ini merupakan hal yang penting, karena akan berkaitan dengan kebersihan rumah. Tentu untuk menciptakan dapur dan rumah yang benar-benar bersih, kamu membutuhkan beberapa effort. Kamu harus melakukan bersih-bersih dapur secara teratur dan rutin. Maksudnya teratur dan rutin ialah kamu harus membersihkan dapur setelah digunakan. Jangan sampai membiarkan dapur berantakan seperti kapal, karena selain tidak higienis untukmu juga akan membuatmu malas melakukan aktivitas di dapur.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan dapur. Ingat, panduan lengkap membersihkan dapur dari Minaj ini akan menjadi pengalaman bersih-bersih yang nyaman dan juga praktis—nggak perlu ribet. Yuk, langsung simak saja uraiannya berikut ini.

Jangan Fokuskan Membersihkan Dapur Hanya untuk Satu Item

Biasanya beberapa orang hanya memfokuskan bersih-bersih dapur pada satu sudut atau item tertentu saja. Padahal menurut panduan lengkap membersihkan dapur, kamu sebaiknya jangan terlalu fokus pada satu sudut atau item saja. Hal ini akan terlalu ribet untuk kamu lakukan, selain itu malah waktumu akan tersita habis pada satu item atau sudut itu saja. Kamu harus menggunakan waktumu untuk membersihkan dapur secara menyeluruh. Membersihkan secara menyeluruh dengan rutin akan membuat dapurmu menjadi bersih dan rapi setiap hari.

kitchen set minimalis jogja cantik

Menggunakan Alat yang Tepat

Panduan lengkap membersihkan dapur selanjutnya ialah kamu harus menggunakan alat yang tepat. Menggunakan alat yang tepat akan membuat kegiatan bersih-bersih menjadi lebih mudah dan efektif. Untuk membersihkan dapur, kamu perlu menyiapkan beberapa alat seperti kain mikrofiber, vacuum cleaner, alat pengikis kotoran di kompor, dan beberapa alat lainnya. Yang pasti beberapa alat tersebut akan sangat berguna dan membantumu dalam membersihkan dapur.

Cuci Semua Perkakas yang Kotor

Setelah menyiapkan alatnya, langkah selanjutnya dari panduan lengkap membersihkan dapur ialah mencuci semua perkakas yang kotor. Kamu harus cek apakah kotor dan perkakas di rumahmu sudah kamu cuci. Jika belum dicuci, maka kamu harus mencucinya. Agar tidak menumpuk, Minaj sarankan kamu mencuci perkakas secara rutin—wajib banget kamu mencuci perkakas setelah menggunakannya. Apabila kamu kesulitan, buatlah peraturan di dapur bahwa setiap individu yang menggunakan piring harus segera mencuci setelah selesai makan. Dengan begitu, piring kotor tidak akan menumpuk di tempat cucian.

kitchen set minimalis jogja cantik

Bersihkan Lemari Es Secara Rutin

Jangan sampai mengabaikan kebersihan kulkas ya. Karena jika kamu tidak rajin membersihkan kulkas, efeknya bisa menimbulkan bau tak sedap—bahkan kulkas juga bisa rusak. Mulailah untuk membersihkan bagian dalam kulkas, dari atas ke bawah. Jangan lupa untuk membersihkannya menggunakan kain yang halus, sehingga kulkas tidak rusak. Setelah selesai membersihkan bagian dalam kulkas, panduan lengkap membersihkan dapur selanjutnya ialah kamu harus mengelap bagian luar kulkas. Sama seperti bagian dalam kulkas, bagian luarnya juga membutuhkan perawatan.

Peralatan Kecil Juga Harus Kamu Bersihkan

Terkadang ada perkakas dengan ukuran kecil yang kotor, tapi kamu lupa membersihkannya. Untuk itu, mulailah perhatikan beberapa perkakas kotor yang ada di dapur, baik yang berukuran besar maupun kecil. Kamu bisa membersihkan perkakas yang kotor dengan cara dicuci atau mengelapnya dengan kain mikrofiber yang sudah diberi cairan cuka.

kitchen set minimalis jogja

Jangan Lupa Bersihkan Kompor

Saat membersihkan dapur, jangan lupa untuk membersihkan kompor. Bersihkan bagian luar kompor. Apabila ada sisa masakan yang menempel di kompor, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain mikrofiber yang sudah dibasahi air. Namun apabila sisa masakan tersebut susah untuk dibersihkan, maka kamu harus menghilangkan sisanya menggunakan alat pengikis kotoran. Begitulah setidaknya panduan lengkap membersihkan dapur. Pada intinya, kamu harus rutin membersihkan dapur secara menyeluruh agar aktivitas memasakmu menjadi lebih nyaman.

Nah, itulah tadi panduan lengkap membersihkan dapur yang bisa kamu jadikan referensi. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.