Model Rumah Minimalis Modern – Berniat untuk membangun rumah, punya tanah kosong, tapi bimbang uang tabungan belum banyak terkumpul alias cuma Rp30 jutaan aja? Tenang-tenang, kamu tetap bisa kok membangun rumah, dengan uang tabunganmu. Asalkan, kamu punya perencanaan yang matang untuk pembangunan rumahmu. Tabungan Rp30 jutaan sebenarnya bisa sih untuk nge-DP rumah KPR. Namun, bukankah lebih baik membangun rumahmu sendiri? Toh, kamu sudah punya tanah kosongnya.

Emang bisa ya bangun model rumah minimalis modern dengan uang Rp30 jutaan aja? Bisa banget, kamu hanya perlu memilih tipe rumahnya. Biasanya tipe rumah yang dapat kamu bangun dengan dana tabungan sejumlah Rp30 jutaan ialah tipe 21. Tipe 21 ini cocok banget kamu bangun di luas tanah 6 x 7 meter. Untuk fasilitas huniannya sendiri memang lebih sederhana dari tipe desain rumah lainnya. Akan tetapi, kamu tetap mendapatkan fasilitas yang memudahkanmu beraktivitas sehari-hari di rumah. Nah, sebelum Minaj memberikan beberapa tipsnya untukmu, lebih baik Minaj berikan informasi terkait desain yang cocok untuk kamu terapkan di rumahmu.

Baca juga: Lengkap, Ini Cara Menata Ruangan dengan Furnitur Warna Netral

Konsep Minimalis untuk Hunian Mungil

Photo by Ralph Kelly on Unsplash

Akhir-akhir ini, model rumah minimalis modern menjadi incaran banyak orang. Sebenarnya konsep minimalis ini juga berkaitan erat dengan gaya Jepang dan Skandinavia, di mana mengutamakan kesederhanaan, efisiensi, serta kenyamanan. Konsep minimalis ini termasuk unik, karena kamu tetap bisa space-saving di ruangan. Saat ini, untuk konsep minimalis sendiri tak hanya pada bentuk bangunannya, akan tetapi juga dari perabotnya yang memiliki desain minimalis. Anyway, pemilihan warna yang tepat serta pengaturan cahaya juga sangat berkaitan dengan konsep minimalis untuk hunian. Untuk tema hunian minimalis, kamu bisa menggunakan tema industrial, Jepang, Skandinavia, serta natural.

Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Budget Rp30 Jutaan

Nah, kamu udah ketemu konsepnya kan? Ya, menggunakan konsep minimalis sangatlah tepat. Kamu bisa mengatur sedemikian rupa ruangan di rumahmu, dengan penataan yang tepat, sehingga tetap bisa space-saving. Selain menggunakan konsep minimalis, apa saja yang harus kamu perhatikan? Simak berikut ini.

Sesuaikan Tanah dengan Budget yang Kamu Punya

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ialah menyesuaikan budget sesuai dengan tanah yang kamu miliki. Maksudnya ialah ketika kamu punya budget Rp30 jutaan, maka luas tanah yang bisa kamu bangun kurang lebih memiliki luas 6 x 7 meter atau dengan tipe 21. Kemudian, kamu harus mempertimbangkan secara matang juga tentang ruang dan fungsinya. Setidaknya utamakan ruangan yang sangat esensial dan harus ada di rumahmu, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Pilih tema yang Paling Tepat

Memilih tema untuk membangun model rumah minimalis modern haruslah hati-hati, jangan sampai kamu salah memilihnya. Menurut Minaj, tema yang paling cocok untuk hunian minimalis ialah dengan konsep japandi, yakni gabungan gaya Jepang dan Skandinavia. Konsep ini akan membuat hunianmu yang mungil dan sederhana jadi lebih estetik. Yang pasti, dengan konsep ini, kamu bisa lebih mengedepankan fungsi hunian nyaman. Perabot rumahmu juga lebih tertata dengan rapi. Oh ya, untuk konsep ini japandi, penggunaan furnitur multifungsi bisa menjadi pilihan tepat, karena ruangmu bisa lebih space-saving.

Gunakan Material dengan Harga Murah Tapi Berkualitas

Saat ini ada banyak material yang memiliki kualitas bagus, tapi harganya tetap murah. Model rumah minimalis modern bisa kamu bangun dengan kokoh tanpa mengurangi kualitas material yang digunakan. Nah, daripada kamu menggunakan atap kayu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk penggunaan rangka atap baja. Yang pasti, daripada rangka kayu, rangka atap baja lebih murah dan tentunya juga tetap aman kok.

Memilih Tukang yang Tepat

Hal yang tak boleh kamu lupakan ialah memilih tukang yang tepat. Model rumah minimalis modern dengan tukang yang tepat akan lebih menghemat budget. Pasalnya kadang beberapa tukang pengerjaannya kurang bagus, sehingga membuat hunian tidak kokoh. Bahkan kadang beberapa lantai yang sudah dipasang lepas kembali. Itu karena tukang yang dipilih tidak tepat. Nah, setelah memilih tukang yang tepat, kamu juga harus mempertimbangkan pembayaran tukangnya.

Baca juga: 7 Ide Ruang Tamu Rumah Mungil yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Pilih Perabotan yang Cocok untuk Hunian Minimalis

Setelah kamu selesai membangun model rumah minimalis modern, langkah selanjutnya ialah mulai mengisi ruangan di rumah. Isilah ruangan di rumah dengan perlahan, agar biaya tetap terkontrol. Untuk furniturnya, kamu bisa memilih perabot yang esensial, seperti lemari, tempat tidur, sofa minimalis, hingga peralatan dapur. Berikut beberapa rekomendasi dari Minaj yang bisa jadi inspirasi untukmu.

Sofa L Nagari 2 Seater

Untuk sofanya, kamu bisa memilih sofa sudut Nagari 2 seater. Kehadiran sofa sudut di model rumah minimalis modern ini cukup membuatmu dan keluarga nyaman. Kamu bisa duduk bersantai sembari menikmati obrolan ringan bersama keluarga. Agar lebih nyaman, kamu bisa kok menambahkan nakas di samping kursinya. Atau, kamu juga bisa lho menambahkan karpet tebal yang empuk dan nyaman.

Lemari Kayu Minimalis

Selanjutnya, perabot yang harus kamu pilih adalah lemari jati Akira. Model rumah minimalis modern dengan lemari jati Akira pastinya akan lebih tertata rapi. Selain itu, material Akira juga sangat kokoh dan memiliki tekstur cantik, sehingga bisa menciptakan kesan estetik untuk hunianmu. Akira sendiri memiliki ukuran 120 x 50 x 200 cm. Kamu bisa memiliki lemari jati Akira dan perabot kayu lainnya di Ajeg Mebel.

Matras Nyaman

Kamu bisa memiliki matras nyaman untuk ditempatkan di kamar tidurmu. Yang pasti, perhatikan terlebih dahulu ukuran kamarmu. Dengan begitu, kamu tetap bisa menghemat ruangan. Di Ajeg Mebel, ada banyak sekali matras yang bisa kamu pilih. Tentunya matras yang Ajeg tawarkan memiliki kualitas bagus dengan kenyamanan super.

Nah, itulah tadi tips bangun model rumah minimalis modern dengan budget Rp30 jutaan. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.