Sudah tahukah kamu tentang metode konmari rumah yang dicetuskan oleh Marie Kondo? Jika belum, maka artikel ini wajib kamu simak. By the way, mungkin banyak di antara kamu yang belum mengenali Marie Kondo. Nah, Minaj jelaskan secara singkat tentangnya ya. Marie Kondo merupakan penulis best seller yang berasal dari Jepang. Ia menulis buku tentang cara mengorganisasikan barang dengan rapi yang berjudul, The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing. Bukunya tersebut sudah terjual sampai jutaan kopi ke suluruh dunia.

Metode konmari rumah sendiri lebih fokus pada menentukan barang mana barang yang harus kamu simpan dan mana yang harus kamu buang. Yang tentunya penentuan tersebut berdasarkan tingkat kebahagiaan. Metode yang dicetuskan oleh Marie Kondo sendiri sebenarnya lebih dari sekadar tips menata dan merapikan rumah. Sebab, ketika kamu membaca bukunya, Marie akan mengajakmu untuk sejanak merefleksikan diri. Mungkin kamu akan disuguhi pertanyaan semacam, apa sih tujuanmu menata dan merapikan rumah? Saat masuk ke rumah, apa hal pertama yang kamu lakukan? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan Marie melalui bukunya.

Agar kamu lebih memahami tentang metode konmari rumah ala Marie Kondo, yuk simak uraiannya dari Minaj berikut ini.

Bagaimana Rumah Impianmu?

Berdasarkan metode konmari rumah ala Marie Kondo, kamu harus membayangkan terlebih dahulu mengenai tampilan rumah impianmu. Jika kamu sudah membayangkannya, lantas bagaimana kamu harus menata rumahmu tersebut sehingga bisa memudahkanmu dalam beraktivitas sehari-hari. Oh ya dengan membayangkan bagaimana rumah impian dan caramu menatanya juga akan membuatmu membatasi membeli barang-barang yang tidak diperlukan di rumah lho.

Merapikan Barang Karena Jenisnya

Mungkin kamu selama ini sudah merapikan barang, tapi belum menyesuaikan jenis barangnya. Nah, cobalah untuk merapikan barangmu sesuai dengan jenisnya. Kamu bisa memulai merapikannya dari rak buku dan aksesoris rumah lainnya. Yang pasti, kamu harus merapikannya berdasarkan jenis bukan ruangannya.

kamar tidur sempit nyaman

Jangan Menggantung Pakaian

Metode konmari rumah tidak menganjurkanmu untuk menggantung baju. Sebaliknya Marie Kondo ingin kamu melipat baju-bajumu. Marie percaya dengan melipat baju, kamu bisa lebih menghemat tempat dan tentunya bajumu pun akan rapi. Selama ini mungkin kita berpikir kalau menggantung baju akan lebih membuat pakaian terlihat rapi. Namun, ternyata menggantung baju bisa menghabiskan space di tempat penyimpanan bajumu.

Simpan Barang yang Membuatmu Bahagia

Sebelumnya, Minaj sudah pernah membahasnya bahwa kamu harus menyimpan barang yang membuatmu bahagia. Dan kamu bisa menyingkirkan barang-barang yang dapat membuatmu sedih. Mungkin metode konmari rumah yang satu ini sedikit memberatkanmu, tapi Marie Kondo percaya jika barang-barang hanya kamu tumpuk dan simpan di rumah tanpa memilahnya maka kamu tidak akan bahagia. Jadi, lebih baik kamu memprioritaskan barang mana yang ingin kamu simpan dan mana yang tidak.

feng shui untuk rumah agar beruntung

Memanfaatkan Barang yang Tidak Kamu Gunakan Lagi

Kamu mungkin akan membuang beberapa barang yang menurutmu tidak membuat bahagia. Namun, Marie Kondo membuat metode lagi, jika kamu bisa memanfaatkan barang yang tidak digunakan lagi. Misalnya saja ketika kamu punya botol bekas minuman, kamu bisa memperbarui tampilannya lagi menjadi lampu hias atau celengan. Yang pasti, barang tersebut bisa berguna kembali.

Nah, itulah tadi metode konmari rumah ala Marie Kondo. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.