Tanaman Hias Calathea – Saat ini banyak tanaman yang bisa kamu tempatkan di dalam ruangan, termasuk calathea. Calathea sendiri merupakan tanaman dengan bentuk daun cantik. Seperti tanaman lainnya, calathea juga membutuhkan intensitas cahaya yang cukup. Maka dari itu, jika kamu ingin menempatkan tanaman ini di ruang tamu, pastikan terlebih dahulu mengenai jendela di ruangan. Meski hanya jendela kecil, tapi tetap bisa memberikan pencahayaan untuk calathea. Sebenarnya tanaman yang satu ini tidak begitu membutuhkan pencahayaan yang terlalu banyak, karena calathea bisa hidup di ruangan dengan intensitas cahaya rendah. Penasaran seperti apa tips merawatnya, yuk simak uraiannya berikut ini.

Perhatikan Kelembabannya

Tanaman hias calathea menyukai ruangan yang lembab. Kelembaban yang disukainya setidaknya 50% dari kelembaban ruangan. Apabila kamu ingin menempatkan tanaman ini dan ruangan di rumahmu tingkat kelembabannya kurang, maka kamu bisa menggunakan humidifier. Oh ya, kamu juga bisa menempatkan beberapa kerikil kecil di pot yang digunakan untuk menanam calathea.

merawat tanaman hias jogja

Pastikan Kadar Airnya

Seperti tanaman lainnya, tanaman hias calathea juga membutuhkan air. Pastikan kadar air dari calathea, jangan sampai kamu merawat calathea dengan air yang memiliki kandungan klorin aktif. Nah, untuk menghindari hal ini kamu bisa menyimpan air ke dalam semprotan terlebih dahulu selama semalam. Setelah kamu mendiamkannnya selama semalam, baru setelah itu air tersebut bisa kamu gunakan untuk menyemprot tanaman.

Jangan Salah Memilih Media Tanam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman hias calathea merupakan salah satu tanaman yang suka dengan ruanagn lembab. Untuk menjaga kelembaban tersebut kamu bisa memilih media tanam yang tepat, misalnya saja dengan campuran pot tanah 50%, arang 20%, perlit 10%, dan kulit anggrek sebesar 20%. Setelah kamu menanam calathea di pot, pastikan untuk menyiramnya secara rutin. Oh yam untuk pilihan potnya, kamu bisa memilih pot terakota. Pot ini mampu menyerap kelembaban yang lebih banyak, sehingga tetap membuat tanah yang digunakan untuk menanam calathea terjaga kelembabannya.

merawat tanaman hias jogja

Memberi Pupuk Secara Rutin

Jangan lupa untuk selalu memberikan pupuk secraa rutin untuk calathea. Dengan adanya pupuk ini, maka calathea akan tumbuh dengan subur. Pemberian pupuk sendiri setidaknya bisa kamu lakukan sebulan sekali. Oh ya, selain memberikan pupuk, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin, sehingga calathea di rumahmu bisa terbebas dari tanaman gulma.

Nah, itulah tadi tips mudah merawat tanaman hias calathea. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tungguapalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.