Bagi kamu yang suka banget berkebun, kayaknya aktivitas merawat tanaman hias bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan mengasyikkan. Bayangkan kamu bisa menempatkan tanaman hias segarmu di ruang tamu. Tentunya itu akan membuat ruang tamumu tampak lebih segar dan nyaman.

I think every room looks better with something living and a bit of greenery.” –Jen

Merawat tanaman hias, sebenarnya adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Karena kamu harus memastikan semua hal dalam perawatannya itu tepat. Kalau perawatannya itu tidak tepat, maka tanaman hiasmu pun akan layu. Pasti kamu nggak mau tanaman hias kesayanganmu layu kan?

Kamu mungkin merasa sudah merawat tanaman hias milikmu dengan baik. Namun, kamu lupa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yuk, simak tips dari Minaj berikut ini.

Menggunakan Media Tanam yang Tepat

merawat tanaman hias jogja

Kamu harus memilih media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hiasmu. Kamu bisa menggunakan media tanam campuran dari pupuk, pasir, dan tanah. Penggunaan media tanam yang tepat akan membuat tanaman hiasmu tumbuh dengan subur. Tanaman hias yang subur, tentu akan membuat tampilan ruang tamu memiliki kesan segar dan nyaman.

Rutin Memberikan Pupuk

merawat tanaman hias jogja

Tanaman hias sama seperti manusia yang juga membutuhkan makanan tambahan serta vitamin. Nah, makanan tambahan dan vitamin yang dibutuhkan tanaman hias ialah memberikan pupuk.  Kamu bisa merawat tanaman hias dengan cara rutin memberikan pupuk. Kamu bisa memilih pupuk yang alami atau bersifat organik sehingga bebas dari bahan kimia.

Menyiram Tanaman Secara Merata

merawat tanaman hias jogja

Tips merawat tanaman hias yang selanjutnya ialah menyiram tanaman secara merata. Sebenarnya dalam penyiraman tanaman sangat bergantung pada jenis tanamannya. Namun, yang pasti saat kamu menyiram tanaman jangan sampai menggunakan air terlalu banyak. Karena air yang terlalu banyak akan membuat tanaman hiasmu busuk akarnya. Kamu bisa menyemprotkan air dengan alat semprot secara perlahan.

Mengontrol Suhu dan Kelembaban yang Pas

merawat tanaman hias jogja

Apapun jenis tanaman hiasnya, kamu jangan sampai lupa memperhatikan kontrol suhu dan kelembabannya. Kamu bisa memilih tanaman yang cocok dengan suhu di ruangan dan lingkunganmu. Misalnya saja jika kamu tinggal di perkotaan, maka pilihlah tanaman hias yang dingin agar ruanganmu segar. Untuk mempermudah kamu dalam mengontrol suhu dan kelembabannya, kamu bisa memberikan humidifier di ruanganmu.

Nah, kamu sudah tahu tips merawat tanaman hias agar tidak layu. Tanaman hias yang tidak layu akan membuat ruanganmu tampil segar dan nyaman. Buat kamu yang ingin tampilan ruang tamu segar dan nyaman, maka bisa beli sofa di Ajeg. Kamu bisa langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

 

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.