Menata Kamar Tidur – Orang tua sudah seharusnya menemukan cara terbaik untuk memotivasi anak agar mengembangkan keterampilan mereka. Keterampilan yang dimaksud tidak hanya perihal bakat maupun nilai akademik saja, melainkan juga dalam menjaga kebersihan. Anak harus memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian diri maupun ruang. 

[lwptoc float=”left”]

Photo by Paige Cody on Unsplash

Seorang psikolog anak dari Virginia Commonwealth University pernah mengungkapkan bahwa kebersihan dan kerapian berkaitan dengan kesehatan mental. Untuk itu, ada baiknya kamu mulai mengajak anak untuk menata kamar tidur dan membersihkannya secara mandiri. Penelitian lain, sebenarnya juga mengungkapkan betapa membersihkan ruang dapat meningkatkan mood

Dengan mengajarkan anak untuk menata kamar tidur, sebenarnya orang tua juga mengajarinya tentang tanggung jawab. Memberikan anak-anak tanggung jawab, akan membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan hidup adaptif dan membangun diri. Namun, terkadang beberapa orang tua mengalami kebingungan untuk mengajari anak. Nah, untuk mengatasi kebingungan tersebut, kami akan memberikan tips dan cara yang tepat untuk mengajari anak. Yuk, langsung disimak!

Cara Mengajari Anak Menata Kamar Tidur

Photo by Katie Emslie on Unsplash

Orang tua memang harus memberikan bimbingan kepada anak agar bisa membersihkan dan merapikan kamarnya sendiri. Nah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengajari anak menata kamar tidur, berikut caranya.

Melibatkan Anak untuk Mendesain Kamarnya Sendiri

Ada baiknya kamu melibatkan peran anak-anak ketika ingin mendesain dan menata kamar tidur. Dengan melibatkan anak, secara tidak sadar bonding di antara kalian makin kuat. Tidak hanya itu, melibatkan anak dalam mendesain kamarnya sendiri juga menghindari adanya keluhan di kemudian hari. Kamu bisa meminta anak untuk memilih warna interior kamar kesukaannya. Selain itu, kamu juga bisa meminta anak untuk memilih dekorasi atau hiasan kamarnya sendiri. 

Bebaskan Anak Mendekorasi Kamar Sesuai Kepribadiannya

Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda. Biasanya mereka akan menunjukkan kepribadiannya di ruang kamarnya. Untuk itu, kamu jangan sampai membatasi anak untuk menata kamar tidur miliknya sendiri. Sebab, di kamarnya itu, anak bisa mengekspresikan pribadinya dengan bebas. Oh ya, pastikan setiap hiasan di kamarnya masih sesuai dengan usianya. Jangan sampai kamu membebaskan anak, tetapi mengabaikan usianya.

Biarkan Anak untuk Memiliki Area Pribadinya

Walaupun ukuran kamarnya kecil, tetapi memiliki area pribadi akan membuat anak merasa bahagia. Area pribadi anak ini bisa berupa tempat baca atau ruang main. Untuk menciptakan area pribadi, kamu bisa memilih beberapa furnitur yang tepat untuk anak. Oh ya, sebisa mungkin pisahkan tempat main dengan tempat belajar.

Photo by Katie Emslie on Unsplash

Berikan Tugas Tertentu untuk Anak

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk kamu mengajari anak menata kamar tidur sendiri. Kamu bisa mengatur jadwal bersih-bersih kamar untuk anak. Oh ya, kamu juga bisa memberikan tugas ke anak untuk merapikan ruangan setelah digunakan bermain. Jelaskan tugasnya secara spesifik sehingga anak akan lebih memahami. Dengan menerima tugas dari kamu, anak pasti akan merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas darimu.

Memberikan Pujian Kepada Anak

Selanjutnya, kamu harus memberikan anak hadiah karena telah menyelesaikan tugas bersih-bersihnya. Hadiah yang diberikan tidak harus berupa barang, tetapi kamu bisa memberikan hadiah berupa pujian untuk anak. Dengan memberikan pujian kepada anak, mereka merasa dihargai. Tidak hanya itu, mereka juga akan merasa bahagia dan senang. 

Mengajak Anak untuk Berbelanja di Ajeg Mebel

Saat memilih furnitur untuk anak, kamu bisa berkonsultasi ke Ajeg Mebel. Ajeg Mebel akan memberikan rekomendasi furnitur berkualitas untukmu. Tentu saja ada banyak pilihan furnitur yang menarik dan berkualitas untukmu. Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan promo menarik setiap harinya. Jadi, langsung saja tanyakan ke customer kami.

Lokasi Showroom Kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

Artikel Terkait yang Juga Bisa Kamu Baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

Kursi Jengki Minimalis, Desain Vintage untuk Ruang Tamu di Rumahmu

5 Langkah Menata Rumah Sesuai Feng Shui Ruang Tamu Minimalis

7 Rekomendasi Furnitur Minimalis Ajeg Mebel Jogja Terbaik

Nah, itulah tadi beberapa cara mengajari anak untuk menata kamarnya sendiri. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.