Manfaat Sahur untuk Kesehatan – Bagi beberapa orang, bangun sahur merupakan hal yang berat, apalagi jika terbiasa tidur tengah malam dan tidak ingin diganggu tidurnya. Karena itu tak heran kadang beberapa orang melewatkan kegiatan sahur begitu saja. Padahal sahur merupakan kegiatan yang disunahkan saat berpuasa. Dan bahkan sahur memiliki manfaat kesehatan lho. Jadi, sahur tak boleh diabaikan begitu saja. Penasaran apa saja manfaat dari kegiatan sahur? Minaj udah merangkum manfaatnya nih, yuk langsung simak uraiannya berikut ini.

Mencegah Dehidrasi Tubuh

Manfaat sahur untuk kesehatan salah satunya ialah mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Dengan sahur, maka cairan tubuh akan tercukupi dengan baik. Pasalnya, setiap hari tubuh membutuhkan cairan sekitar 2 liter air. Sementara ketika Ramadan, kita harus menjaga rasa lapar dari pagi sampai maghrib. Oleh karena itu, sahur menjadi kegiatan yang penting dilakukan untuk menjaga cairan tubuh. Coba bayangkan jika kamu tidak sahur, maka cairan tubuh pun tidak terjaga dengan baik. Akibatnya, kamu akan mengalami dehidrasi. Nah, dehidrasi ini biasanya ditandai dengan rasa haus yang berlebihan, badan lemas, dan kurangnya konsentrasi.

Mengurangi Risiko Hipoglemia

Sahur juga menjadi salah satu kesempatan untuk mengisi tubuh dengan makanan sebagai sumber energi. Sebab, manfaat sahur untuk kesehatan salah satunya ialah mengurangi risiko hipoglemia tubuh. Tubuh sendiri membutuhkan energi untuk dapat bekerja dengan normal. Tanpa pasokan makanan dalam waktu yang lama, maka gula darah yang ada di tubuh akan terpakai sebagai sumber energi. Akibatnya, terjadi risiko hipoglemia. Nah, hipoglemia sendiri merupakan kadar gula darah yang rendah. Risiko kesehatan ini ditandai dengan gejala badan yang pusing, lemas, dan susah konsentrasi. Itulah kenapa pentingnya sahur untuk tubuh, kita tetap bisa mendapatkan sumber energi.

Mencegah Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Untuk menjaga energi, maka tubuh akan melakukan berbagai macam langkah. Seperti memecah lemak dan protein di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan penurunan berat badan secara berlebihan selama puasa. Mungkin bagi beberapa orang yang memiliki badan gemuk, hal ini merupakan efektif. Namun, bagi orang yang sudah memiliki badan ideal, hal ini tidaklah baik karena bisa berisiko pada kesehatan. Oleh karena itu, manfaat sahur untuk kesehatan ialah mencegah penurunan berat badan secara drastis.

Mencegah Terjadinya Gangguan Pencernaan

Saat sahur, pola makan terbilang berbeda daripada hari-hari biasanya. Karena pola makan yang berbeda tersebut, terkadang berpengaruh terhadap gangguan pencernaan. Meski tetap harus makan saat sahur, tapi ingat untuk selalu menghindari makan terlalu banyak. Makan terlalu banyak saat sahur tidaklah bagus, karena kita menjadi malas untuk melakukan kegiatan lainnya, karena sudah terlalu kenyang.

Nah, itulah tadi manfaat sahur untuk kesehatan tubuhmu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tungguapalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.