Manfaat puasa untuk kesehatan wajib banget kamu tahu, toh sebentar lagi kita akan menjalani puasa Ramadhan, maka dari itu kita harus tahu apa saja manfaatnya. Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan rasa haus, lapar, hawa nafsu, dan segala hal yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Bagi umat muslim sendiri, puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan saat Ramadhan.

Selain menjadi kewajiban saat Ramadhan, puasa ternyata juga memiliki manfaat lho—termasuk manfaat puasa untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Penasaran apa saja manfaatnya, yuk simak di bawah ini.

Memperbaiki Kondisi Sistem Pencernaan

Manfaat puasa untuk kesehatan salah satunya ialah mampu memperbaiki kondisi sistem pencernaan. Ketika kita melakukan puasa, maka tanpa sadar tubuh kita memiliki waktu untuk beristirahat dari kebutuhan mencerna makanan terus-menerus. Selain itu, dengan mengurangi makan, maka kita bisa memilih makanan yang tepat untuk pencernaan.

Memaksimalkan Metabolisme Tubuh Saat Mencerna Makanan

Selanjutnya manfaat puasa untuk kesehatan ialah dapat memaksimalkan metabolisme tubuh ketika mencerna makanan. Makanan sejatinya mampu mengubah komunitas mikroba usus. Dengan jumlah relatif lemak, karbohidrat, dan protein yang dikonsumsi, maka bentuk mikroba di dalam usus dapat diubah. Dengan begitu, maka pemberian jeda makan akan berpengaruh terhadap kesehatan metabolisme kita dan mampu mengubah mikrobioma usus.

Meminimalisir Peradangan Pencernaan

Saat melakukan puasa, saluran pencernaan kita tidak dilewati oleh makanan, kecuali air. Hal ini dapat meminimalisir aliran senyawa yang masuk ke saluran pencernaan dan bisa berpotensi menyebabkan radang. Maka dari itu, dengan kita berpuasa radang pencernaan pun akan berkurang. Berkurangnya radang tersebut karena tubuh kita akan memiliki aktivitas sitokin proinflamasi lebih sedikit daripada sitokin antiinflamasi.

Menyehatkan Organ Jantung

Masalah di organ jantung harus ditangani secara serius, karena penyakit jantung bisa menyebabkan kematian. Nah, masalah pada jantung ini bisa diatasi dengan berpuasa. Sebab, salah satu manfaat puasa untuk kesehatan ialah membuat tubuh mampu meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) alias kolesterol baik. Sementara kolesterol jahat alias LDL (Low Density Lipoprotein) akan menurun di dalam tubuh.

Mengurangi Obesitas

Ketika melakukan puasa, saluran pencernaan—usus—akan bersih dari sisa endapan makanan yang mampu menyebabkan lemak di perut. Tak hanya itu, manfaat puasa untuk kesehatan lainnya ialah memperlancar sistem pencernaan sehingga ketika kita akan melakukan buang air, maka menjadi lebih lancar dan mudah. Dengan begitu obesitas pada tubuh pun akan berkurang alias kita bisa menjaga berat badan tubuh.

Fungsi Otak Meningkat

Mungkin belum banyak yang tahu jika manfaat puasa untuk kesehatan salah satunya ialah mampu meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena ketika kita melakukan puasa, maka neurotropik akan meningkat. Neurotropik yang meningkat akan memiliki fungsi untuk memproduksi lebih banyak sel otak. Sel otak yang banyak akan menambah kemampuan berpikir seseorang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Puasa memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kita berpuasa, limfosit akan meningkat di dalam tubuh sampai 10 kali lipat. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat, maka kita pun tidak akan mudah jatuh sakit. Selain itu, puasa juga bisa meningkatkan fungsi ginjal, sehingga ginjal pun menjadi sehat.

Nah, itulah tadi manfaat puasa untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R