Manfaat Buah Kurma — Orang Indonesia mungkin sangat familiar dengan buah yang satu ini, kurma. Buah yang berasal dari negeri Jazirah Arab ini memiliki rasa manis legit yang tentunya sangat enak untuk disantap saat berbuka. Selain rasanya yang enak, ternyata buah yang memiliki nama latih Phoenix dactylifera ini juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Kurma memiliki banyak khasiat karena memang mengandung banyak nutrisi. Ada kandungan karbohidrat sederhana, terutama gula, pada kurma. Selain kandungan karbohidrat, ternyata ada banyak nutrisi lainnya untuk buah nabi ini, seperti berikut ini.

  • 7 gram serat
  • 2 gram protein
  • 20% kebutuhan kalium harian
  • 14% kebutuhan magnesium harian
  • 18% kebutuhan tembaga
  • 15% kebutuhan mangan
  • 5% kebutuhan zat besi harian
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian

Selain kandungan nutrisi di atas, ternyata kurma juga mengandung asupan zat besi, vitamin K, hingga kalsium. Kurma sendiri ternyata dapat dibedakan menjadi beberapa jenis lho. Ada kurma barhi yang memiliki ukuran sedang dengan kulit tips dan daging buahnya lembut. Lalu, ada kurma deglet noor, halawy, khadrawy, medjool, thoory, dan zahidy. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui manfaat buah kurma untuk kesehatan, langsung simak berikut ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Netflix Terbaik 2022, Teman Ngabuburitmu!

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

Ada beberapa manfaat buah kurma yang harus kamu tahu. Yuk, langsung disimak!

Pencernaan Menjadi Lebih Sehat

Manfaat buah kurma yang pertama ialah menjaga pencernaan tetap sehat. Sebagai sumber serat makanan yang baik, tentunya buah nabi ini sangat lah bagus untuk kamu konsumsi di waktu berbuka atau sahur. Ketika mengonsumsi kurma, tentunya feses akan padat dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat akanmencegah terjadinya diare atau sembelit. Selain itu, buah yang satu ini juga akan membantumu membersihkan usus dan mencegah tubuh dari penyakit kanker usus.

Mencegah Tubuh Terkena Penyakit Diabetes

Kurma memang buah yang manis, tetapi buah nabi ini akan mencegah risiko terjadinya penyakit diabetes. Hal ini lantaran kandungan seratnya yang tinggi sehingga dapat membantumu mengontrol kadar gula darah. Dilansir dari hellosehat.com, sebuah penelitian yang dilakuakn oleh Nutrition Journal mengungkapkan bahwa kurma memiliki indeks glikemik rendah. Jadi, ketika kamu menyantapnya tidak langsung membuat gula darahmu naik drastis.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selanjutnya, manfaat buah kurma ialah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini lantaran kurma mengandung tembaga, magnesium, hingga selenium. Kandungan-kandungan tersebut tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Mencegah Terjadinya Anemia

Buah yang berasal dari jazirah Arab ini ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi yang tinggi tersebut akan sangat baik dijadikan sumber makanan yang dapat mencegah anemia. Anemia sendiri dapat ditandai dengan kulit yang pucat dan wajah mudah lelah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium dan magnesiumnya akan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan seratnya juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Ternyata mengonsumsi kurma juga baik untuk ibu hamil. Ini karena buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Dengan asupan nutrisi yang terjaga, tentunya masalah kesehatan terhadap ibu maupun janinnya dapat dicegah. Bahkan hal ini juga sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, di mana kurma yang rutin dikonsumsi akan membantu persalinan dengan lancar dan normal.

Mencegah Radikal Bebas

Buah yang satu ini memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat mengurangi efek radikal bebas. Antioksidan yang terkandung di dalamnya ini akan memberikan perlindungan terhadap sel dan jaringan tubuh. Perlindungan tersebut akan membuat tubuh terhindar dari stres dan peradangan kronis.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah studi mengungkapkan jika rutin mengonsumsi buah kurma, maka kesehatan otak pun akan meningkat. Kesehatan otak yang meningkat tentu akan mencegah munculnya penyakit demensia atau alzheimer. Selain itu, manfaat buah kurma juga untuk mempertajam daya ingat sehingga memiliki memori yang lebih baik.

Rekomendasi Produk Furnitur Minimalis untuk Dapur di Rumahmu

Selanjutnya, Minaj akan memberikan rekomendasi produk furnitur minimalis untuk dapur di rumahmu. Kehadiran furnitur minimalis akan membuatmu lebih nyaman ketika menyantap buah kurma. Kami memilih produk ini dengan teliti dan memperhatikan kualitasnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan produk furnitur untuk dapur yang tepat. Yuk, langsung simak rekomendasinya berikut ini.

Meja Sederhana untuk Keluarga Kecil

beli meja makan jogja murah

Apakah kamu ingin upgrade meja makan minimalis di rumahmu? Jika ya, maka meja makan dengan kerangka kayu jati ini sangat cocok untukmu. Dengan nama Masato, meja makan yang ditawarkan oleh Ajeg Mebel ini memiliki kualitas bagus. Kamu juga tak perlu khawatir meja atau kursinya akan rusak karena kerangkanya kuat. Kehadiran meja makan ini akan membuatmu nyaman saat menerapkan tips menu sahur sehat.

Hemat Tempat, Cocok untuk Ruang Minimalis di Rumahmu

Sulit cari meja makan yang nyaman tapi tetap hemat tempat? Kalau begitu, coba pertimbangkan memilih meja makan dari Ajeg Mebel. Produk meja makan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya ruang minimalis. Yakin deh, kehadiran meja makan ini akan membuat mood kamu dan keluarga naik sehingga santap sahur dengan tips menu sahur sehat bisa kamu lakukan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Furniture untuk Desain Ruang Keluarga Minimalis

Bisa untuk 6 Orang, Meja Ini Cocok Bagi Kamu dan Keluargamu!

Ingin membeli meja makan yang dapat digunakan untuk 6 orang? Produk dari Ajeg Mebel ini sangat cocok untukmu. Produk yang satu ini merupakan seri terbaru dari Kotatsu. Jika produk Kotatsu yang sebelumnya hanya memiliki empat dudukan saja, tapi Masato ini memiliki enam kursi yang nyaman. Kamu dan keluarga bisa menikmati makan bersama dengan produk yang satu ini.

Testimoni dari Pelanggan Kami

Nah, itulah tadi beberapa manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.