Makna Sajian Opor Ayam – Lebaran identik dengan banyakan snack dan masakan yang enak, salah satunya adalah opor, ketupat, dan sambal goreng kentang ati. Menu tersebut bisa disebut sebagai menu wajib. Hampir di setiap rumah ketika lebaran akan memasak menu opor. Lantas, ada makna apa sih dari sajian masakan opor di lebaran? Penasaran dengan maknanya? Yuk, langsung simak saja berikut ini.

Melambangkan Permintaan Maaf

Makna sajian opor ayam yang pertama ialah untuk melambangkan permintaan maaf. Apalagi di lebaran, identik dengan saling memaafkan, maka dari itu sajian opor ayam sangat cocok sekali untuk menemani lebaranmu bersama keluarga. Oh ya, opor ini juga terbuat dari santen yang dalam bahasa Jawa memiliki arti pangapunten. Pangapunten sendiri merupakan bentuk permohonan maaf dalam bahasa Jawa.

Sebuah Pengakuan Permintaan Maaf

Banyak masyarakat yang menyajikan opor bersamaan dengan kupat. Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas tentang makna sajian opor ayam, maka di poin kedua ini Minaj ingin membahas tentang makna dari ketupat. Ketupat sendiri merupakan kependekan dari kata laku papat yang memiliki arti pengakuan kesalahan menurut masyarakat Jawa. Keberadaan ketupat seakan melambangkan tradisi sungkeman saat lebaran.

Kata Opor Memiliki Istilah Ngapuro

Selanjutnya makna sajian opor ayam menurut pakar tata boga ialah memaafkan. Hal ini karena kata opor ayam berkaitan dengan istilah serapan bahasa Jawa yakni ngapuro yang memiliki arti memaafkan. Lebaran sendiri memang identik dengan peleburan dosa, itulah kenapa menu opor dan ketupat sangat cocok sekali disandingkan untuk menu lebaran.

beli meja makan jogja murah

Nah, itulah tadi makna dari masakan ketupat dan opor ayam yang wajib ada sebagai menu lebaran. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.