Makanan Khas Ramadan – Setiap bulan suci Ramadan, selalu ada hal dan momen yang menjadi kebahagiaan, termasuk ketika menyantap makanan berbuka maupun sahur bareng keluarga. Terkadang menu makanan untuk sahur dan buka puasa berbeda. Menu sahur biasanya lebih sederhana daripada menu buka puasa. Sementara saat berbuka puasa, biasanya menunya terlihat lebih lengkap—dan bahkan lebih banyak daripada sahur. Meski memiliki menu yang berbeda, baik sahur maupun buka puasa tetap menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu, apalagi biasanya menu di bulan Ramadan berbeda dengan menu di hari biasanya. Penasaran apa saja menu khasnya? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Kurma yang Manis

Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk berbuka dengan yang manis. Nah, maksud dari Rasulullah SAW tersebut ialah memakan buah kurma. Buah kurma merupakan makanan khas Ramadan yang berasal dari timur tengah. Kurma selalu hadir ketika bulan Ramadan. Bahkan kita bisa menemukan buah ini dengan mudah di setiap toko dekat rumah kita.

Enaknya Kolak

Selain kurma, ada pula makanan khas Ramadan enak dan sering dihidangkan untuk buka puasa, yakni kolak. Sebenarnya kolak ini merupakan dessert manis yang terbuat dari pisang maupun ubi jalar yang kemudian direbus dengan kuah santan. Oh ya, kolak ini juga memiliki rasa yang manis sehingga sangat cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa.

Es Cincau yang Segar

Untuk berbuka puasa, makanan khas Ramadan yang enak dan menyegarkan adalah es cincau. Es ini memang bisa kita temukan dengan mudah saat hari-hari biasa, tapi ketika Ramadan kita bisa lebih mudah menemukan minuman ini karena memang banyak orang yang menjualnya. Biasanya es cincau ini dicampur dengan susu kental manis atau santan dan gula merah. Dengan paduan bahan-bahan tersebut, minuman ini cocok untuk kita konsumsi saat buka puasa.

Bangka Kopyor yang Enak

Makanan yang satu ini berasal dari Gresik. Bangka kopyor sendiri memang merupakan makanan khas Ramadan yang terbuat dari bahan baku buah nangka, tepung, roti tawar, serta kuah santan. Ketika kamu tinggal di Gresik, menu ini mudah kamu temukan di jalan-jalan. Namun, kamu akan lebih menemukannya di daerah pesisir pantai Gresik, karena menu ini memang khas daerah pesisir pantai.

Lezatnya Kicak

Bagi yang tinggal di Yogyakarta mungkin sudah tak asing dengan makanan lezat khas bulan suci Kicak ini. Makanan ini terbuat dari ketan putih yang kemudian diberi campuran kelapa dan potongan buah nangka di atasnya, sehingga kicak ini sangat nikmat dan lezat untuk disantap. Oh ya, kicak ini akan semakin nikmat jika kamu sajikan dengan alas atau piring daun pisang.

Nah, itulah tadi makanan khas Ramadan yang wajib kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.