Jamur sendiri memang merupakan musuh utama dari semua perabotan rumah yang terbuat dari bahan kayu. Alasannya tak lain karena kayu memang tidak bisa berada di tempat yang penuh kelembapan, sehingga rentan mengalami pelapukan hingga menjadi sarang pertumbuhan jamur. Dengan demikian, bisa dikatakan juga bahwa jamur tidak hanya merusak perabot saja, akan tetapi juga membuat tampilannya menjadi kurang menarik.

Namun, dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi jamur di lemari yang bakalan menyelamatkan lemari dari kerusakan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan lengkap berikut mengenai ragam cara menangani lemari pakaian berjamur bersama Ajeg.

Baca Juga : Ini Dia Inspirasi Lemari Pakaian Minimalis untuk Rumahmu

Tidak Perlu Bingung, Ini Tips Atasi Lemari Pakaian Berjamur dan Muncul Bau Tak Sedap!

Sampai saat ini, lemari yang berbahan kayu memang cukup diminati oleh banyak orang karena modelnya yang unik. Jika lemari pakaian Anda terbuat dari kayu dan terserang oleh jamur, maka jangan panik dulu karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan, berikut beberapa di antaranya :

1. Manfaatkan Kamper

Tips pertama ini merupakan salah satu cara yang kerap digunakan oleh banyak orang karena dirasa manjur untuk mengatasi lemari pakaian berjamur. Dalam hal ini, Anda hanya tinggal mengaplikasikannya secara langsung di lemari pakaian saja. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa kamper yang telah dimasukkan ke dalam lemari tersebut jangan sampai habis karena keberadaannya tidak akan maksimal. Maka dari itu, Anda harus mengecek kamper tersebut secara berkala agar hasilnya optimal.

Baca Juga : Jenis Lemari Pakaian untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupmu

2. Jangan Sampai Ada Pakaian Basah di Lemari

Selain memanfaatkan kamper, Anda juga bisa mengatasi permasalahan yang satu ini dengan memisahkan pakaian yang masih basah dan kering. Sebab, tidak jarang ada orang yang merasa malas dan membiarkan kondisi pakaian yang masih basah tersebut langsung dilipat lalu di masukkan ke dalam lemari. Untuk itu, Anda wajib mengecek setiap kondisi pakaian tersebut dengan detail sehingga tidak akan meninggalkan bau apek.

3. Beri Jarak Pada Lemari dan Dinding

Meskipun terlihat sepele, namun perlu Anda ketahui bahwa memberikan jarak pada lemari pakaian dan juga dinding mampu mencegah timbulnya jamur. Sehingga Anda tidak boleh meletakkan lemari pakaian tersebut terlalu dekat dengan dinding karena bisa membuat kayunya cepat keropos dan berjamur.

Baca Juga : Tips dan Rekomendasi Lemari pakaian Terbaik di Ajeg Mebel Jogja

4. Sisakan Space di Dalam Lemari

lemari pakaian berjamur

 

Pastikan volume isi lemari disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga masih terdapat ruang kosong yang cukup di dalamnya. Hal ini akan membantu lemari untuk “bernafas” dengan baik dan mengurangi risiko kelembapan yang dapat memicu pertumbuhan jamur.

5. Buat Larutan Sabun Cuci Piring dan Air Hangat

Lemari yang dicat atau berlapis memang rentan mengalami pelapukan, maka dari itu Anda bisa menyiasatinya dengan membuat larutan khusus. Untuk bahannya sendiri, pada dasarnya mudah dicari karena Anda hanya membutuhkan air hangat dan juga sabun cuci piring saja. Cukup campurkan 1 liter air hangat dan juga 1 sdm sabun cair setelah itu gosokkan pada permukaan lemari dengan lembut menggunakan spons.

Setelah mengetahui beragam tips mengatasi lemari pakaian berjamur dan bau apek yang ada di atas itu tadi, maka Anda bisa langsung menerapkannya sekarang juga. Bagi Anda yang sedang mencari lemari pakaian yang tidak mudah berjamur, maka jangan ragu untuk mendatangi showroom Ajeg. Sebab, ada banyak sekali pilihan lemari pakaian berkualitas yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

 

Penulis : Hilda R.