Keunikan Kayu Pinus – Banyak pengrajin yang menggunakan kayu berkualitas sebagai material untuk membuat furnitur, seperti pemilihan material pinus yang satu ini. Pinus, yang juga dikenal sebagai kayu jati Belanda memang sudah sering dijadikan sebagai material esensial dalam pembuatan furnitur—terutama furnitur yang memiliki tema minimalis. Tak hanya esensial sebagai material pembuatan sofa, tapi pinus juga menjadi bahan daur ulang yang banyak digemari oleh masyarakat lho.

Selama ini kita mengenal ada dua jenis pinus. Pertama, pinus radiata yang tumbuh di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Afrika Selatan, Australia, dan masih banyak lagi. Kedua, pinus merkusii yang bisa Anda temukan di Asia Tenggara. Meski tumbuh di daerah yang berbeda, tapi pinus radiata dan merkusii sama-sama berkualitas sebagai material pembuatan furniture.

Nah, material pinus ini juga digunakan di Ajeg. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk beli furniture dengan material pinus, ada baiknya kalau kamu membaca keunikan kayu pinus terlebih dulu. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin untuk membeli furniture dengan material pinus ini. Simak keunikannya berikut ini, yuk.

Punya Warna Terang

pinterest.com

Warna pinus berbeda dengan mahoni. Jika kayu mahoni lebih merah tua atau kecokelatan, tapi pinus memiliki warna cokelat yang terang. Warna terangnya ini merupakan keunikan kayu pinus yang akan membuat kamu jatuh cinta hanya dengan sekali melihatnya. Bisa dibilang warna cokelat terang kayunya menyerupai warna krem—atau mungkin malah persis dengan warna krem. Warnanya yang terang ini memang menjadi pilihan dari banyak pengrajin, karena bisa ditimpa dengan warna lain. Bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan dengan tema minimalis, furniture dengan material pinus ini cocok sekali kamu pilih.

Pengrajin Mudah Membentuk Furnitur dengan Kayu Ini

pinterest.com

Selama ini, memang kadang ada jenis kayu yang susah untuk dibentuk menjadi sebuah furnitur. Maka dari itu para pengrajin lebih memilih menggunakan kayu yang mudah dibentuk maupun diolah. Nah, keunikan kayu pinus yang disukai banyak pengrajin ini memiliki serat yang halus dan bobotnya cukup ringan, sehingga mudah untuk dibentuk dan diolah. Teksturnya juga tidak padat seperti jenis kayu lainnya. Karena cirinya ini, maka material pinus cocok digunakan untuk material furnitur.

Kuat dan Tahan Lama  

pinterest.com

Bobotnya yang ringan tak bisa kita anggap remeh. Sebab, pinus termasuk salah satu jenis kayu yang kuat dan tahan lama. Kamu tidak perlu takut lagi bahwa furnitur dengan material pinus tidak awet. Selain kuat dan tahan lama, keunikan kayu pinus lainnya ialah memiliki ketahanan terhadap benturan, sehingga meminimalisir adanya kerusakan.

Hemat Budget

Dok. pribadi/ajeg.co.id

Daripada jati, pinus memang memiliki harga yang lebih murah. Bisa kita bilang jika harganya yang murah ini merupakan salah satu keunikan kayu pinus. Harganya yang lebih murah, mungkin karena pertumbuhan kayunya yang cepat, sehingga mudah kita temui di beberapa tempat. Kamu bisa lebih hemat budget jika memilih kayu ini sebagai material furnitur minimalis.

Mudah Berjamur

catkayu.com

Inilah kekurangan dari pinus. Yup, di antara jenis kayu lainnya, pinus memang mudah berjamur. Untuk itu, sebelum mengolahnya, biasanya para pengrajin akan langsung menjemur kayu setelah mereka tebang. Baru setelah kering, pengolahan dan pembentukan kayu menjadi furnitur bisa kita lakukan. Meski begitu furnitur pinus tetap awet kok. Untuk membuatnya lebih awet, kamu bisa menempatkannya di tempat yang suhu ruangannya normal dan tidak lembab.

Nah, itulah tadi beberapa keunikan kayu pinus yang harus kamu tahu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.