Kelebihan Kayu Pinus – Saat ini, ada banyak furnitur sofa yang kerangkanya terbuat dari pinus. Pinus memang sering dijadikan sebagai material pembuatan furnitur. Ini lantaran pinus memiliki sifat yang lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Pinus sendiri memiliki seratus spesies di sluruh dunia. Pohon ini biasanya juga sering dikenal sebagai kayu jati Belanda.

Ada kelebihan kayu pinus lainnya yang membuat jenis pohon ini dijadikan pilihan membuat furnitur, yakni bisa didaur ulang. Yup, pinus memiliki tekstur yang dapat didaur ulang sehingga banyak orang mengidolakan kayu ini. Disamping itu, kayu ini memiliki harga yang relatif lebih murah daripada kayu lainnya.

Lantas apa sih kekurangan dan kelebihan kayu pinus yang harus kamu tahu? Yuk, langsung disimak berikut ini!

 

5 Kekurangan kayu pinus yang harus kamu tahu

Photo by Abby Anaday on Unsplash

Sebelum membahas tentang kelebihan kayu pinus, kami akan menjabarkan terlebih dahulu tentang kekurangannya. Ada beberapa kekurangan kayu ini yang harus kamu tahu sehingga dapat mempertimbangkannya sebagai material furnitur. Mari disimak!

Memiliki tampilan yang lebih rustic atau country

Selain kelebihan kayu pinus, ada pula kekurangan dari pohon ini. Mungkin banyak yang mengira jika pohon ini cocok untuk berbagai perabot. Memang benar, kayu ini dapat dibentuk untuk berbagai perabot, tetapi tampilannya cenderung menunjukkan ke country atau rustic. Dengan tampilannya tersebut, mungkin furnitur dari kayu ini kurang cocok digunakan untuk interior yang modern.

Memiliki serat yang mudah kusam dan tergores

Di antara kayu yang lain, seperti sengon, mungkin pinus termasuk yang jarang menyusut. Akan tetapi, kelebihan kayu pinus tersebut belum menggambarkan secara detail tentang kayu ini. Banyak yang belum mengetahui bahwa kayu ini sebenarnya mudah terlihat kusam dan tergores. Namun, kamu tenang saja karena furnitur dari pinus biasanya mudah diperbarui. Bahkan kerusakannya pun bisa diperbarui.

Membutuhkan perawatan yang ekstra

Bagi kamu yang ingin menggunakan furnitur dengan pinus, maka kamu pun harus melakukan maintenance yang rutin. Misalnya dengan sering membersihkannya dengan cairan khusus. Sebenarnya, sebelum digunakan oleh para pengrajin, kayu ini harus diberi pengawet terlebih dahulu. Dengan begitu, kayu ini bisa kamu gunakan dalam waktu yang lama.

Terkadang memiliki mata kayu sehingga rusak

Saat kamu memilih furnitur dari kayu ini, perhatikan terlebih dahulu mata kayunya. Apabila memiliki banyak lubang, maka hindari membelinya. Sebab, furnitur kayu yang memiliki mata kayu atau lubang berlebihan akan menyebabkan perabotnya mudah rusak. Tidak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan sambungan kayunya. Apabila terlalu banyak sambungan, itu berarti kayu kurnag kuat.

Finishing terkadang sulit untuk dilakukan

Kekurangan kayu pinus lainnya ialah sulit untuk dicat. Kayu ini memang bisa dicat, akan tetapi hasilnya terkadang kurang merata. Hal ini terkadang membuat finishing produk dengan bahan pinus terlihat kurang rapi. Dan terkadang beberapa pengrajin juga memilih untuk melakukan finishing  natural pada kayunya.

 

5 Kelebihan kayu pinus yang harus kamu tahu

Sumber: pinterest.com

Selanjutnya, kami akan memberikan informasi mengenai kelebihan kayu pinus. Nah, bagi yang ingin tahu kelebihannya apa saja, langsung simak berikut ini.

Memiliki harga yang lebih murah dibanding kayu lainnya

Daripada jati, pohon pinus memang memiliki harga yang lebih murah. Hal ini lantaran kayu ini bisa tumbuh dengan cepat. Berbeda dengan jati, yang membutuhkan waktu cukup lama. Kelebihan kayu pinus yang harganya murah ini tentu membuat para pengrajin tertarik menjadikannya sebagai bahan furnitur.

Bobotnya sangat ringan tetapi sifatnya kuat

Kelebihan kayu pinus yang lain ialah bobotnya sangat ringan. Meski bobotnya ringan, tetapi kayu pinus memiliki sifat yang kuat. Dengan sifatnya ini, kamu tak perlu takut lagi jika pinus akan cepat rusak. Kami yakin, jika kamu bisa merawatnya dengan baik, furnitur dengan pinus pasti akan tahan lama.

Warnanya yang terang membuat furnitur tampak estetik

Saat kamu melihat kayu pinus dengan finishing alami, mungkin kamu akan menemui dirimu telah jatuh cinta pada keelokannya. Warna terangnya ini akan membuat ruangan memiliki nuansa pedesaan yang estetik. Dengan warna terangnya ini, maka tak heran bila kelebihan kayu pinus salah satunya ialah dapat berpadu dengan furnitur bergaya lainnya.

Dapat dibentuk dengan mudah

Kemudian kelebihan kayu pinus lainnya ialah seratnya halus. Dengan serat yang halus dan bobot ringan, kayu ini bisa pengrajin bentuk dengan mudah. Teksturnya sendiri tidak sepadat kayu lainnya sehingga proses pembuatan furniturnya pun tidak akan memakan waktu lama.

Tahan terhadap benturan

Mungkin banyak yang belum tahu, jika kayu ini memiliki sifat antishock. Sifat ini sendiri menunjukkan bahwa kayu pinus tahan terhadap benturan yang keras. Dengan sifat ini, dapat kita simpulkan bahwa pinus termasuk kayu yang kuat dan tahan lama untuk menemani waktu santaimu.

 

3 Rekomendasi sofa dengan material kayu pinus

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi sofa yang terbuat dari kayu pinus. Kami telah memilih lima sofa yang memiliki penjualan bagus, bahkan hingga ribuan pembeli. Langsung simak berikut ini!

Sofa Sudut Minimalis Nagari (2S)

Sofa pertama yang kami rekomendasikan ke kamu adalah Nagari (2S). Kursi yang satu ini memiliki harga di bawah tiga juta! Meski harganya murah, kami menggunakan material berkualitas, seperti kayu pinus hingga kain pelapis daphnie. Kelebihan kayu pinus yang kokoh pun telah pengrajin kami buktikan melalui sofa yang satu ini.

Sofa Bed Minimalis Sachie

Apakah kamu ingin memiliki sofa yang bisa jadi tempat tidur sekaligus? Kalau begitu, kamu bisa memilih Sachie. Sofabed ini kerangkanya terbuat dari kayu pinus jadi bisa menopang berat badanmu dengan kokoh. Tenang saja, sofa ini memiliki gaya reclining sehingga kamu mudah mengaturnya sendiri.

Sofa Lesehan Shizu (2S)

Rekomendasi selanjutnya dari kami adalah sofa lesehan Shizu. Sofa yang satu ini juga pengrajin kami buat menggunakan kerangka kayu pinus. Tentu saja untuk kenyamanan, kami juga menggunakan busa royal foam. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memiliki sofa yang satu ini?

Rekomendasi toko furnitur yang bisa kamu pilih

Untuk membuatmu makin nyaman melakukan pembelian secara online, kami sarankan kamu untuk membelinya di toko furnitur Ajeg Mebel. Ada banyak promo menarik untuk pembelian secara online. Kamu juga bisa membelinya dengan kredit melalui ShopeePayLater atau Kredivo.

Lokasi showroom kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

Artikel terkait yang juga bisa kamu baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

6 Cara Menata Kamar Tidur Bersama, Anak Wajib Diajari!

5 Cara Terbaik untuk Apresiasi Anak, Bikin Anak Lebih Percaya Diri!

7 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak di Netflix

Nah, itulah tadi beberapa ide rekomendasi produk dari kami. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.