Jenis Kayu Pinus – Ada banyak jenis material kayu yang digunakan untuk membuat furnitur, termasuk jati dan pinus. Beberapa waktu lalu, Minaj sudah membahas tentang kayu jati. Kali ini, Minaj ingin mengajakmu untuk mengenal lebih dekat dengan pinus atau yang dikenal juga dengan jati Belanda. Di antara jenis material untuk kerangka, pinus memang menjadi pilihan yang tepat karena kayunya yang mudah dan fleksibel untuk dibentuk. Selain itu, tekstur warna terangnya juga menciptakan kecantikan tersendiri untuk tampilan furniturnya.

Bagi yang belum tahu, ternyata jenis kayu pinus ada beberapa. Dan tentunya beberapa jenisnya tersebut sangat cocok jika kamu gunakan untuk membuat furnitur, apalagi yang memiliki konsep wooden expose. Sebenarnya pilihan menggunakan pinus sendiri juga didasari dengan harganya yang lebih murah daripada jati. Dengan harga yang murah tersebut, pinus sudah mampu memberikan kualitas terbaiknya, yakni kokoh dan kuat.

Baca juga: Rekomendasi Kursi Sofa Minimalis Terbaik, Cocok untuk Me Time Saat Weekend!

Lalu, apa yang harus kamu tahu tentang kayu jati Belanda ini? Yuk, langsung simak jenisnya berikut ini.

Pinus Merkusii dan Radiata

Mungkin kamu tidak terlalu familiar dengan jenis kayu pinus Merkusii dan Radiata. Akan tetapi, jenis material yang satu inilah yang paling sering pengrajin gunakan untuk membuat furnitur. Biasanya pohon Merkusii memiliki tinggi 25 cm hingga 45 cm dengan diameternya yang kurang lebih berukuran 1 meter, cukup besar juga kan? Nah, untuk penggunaannya sendiri, biasanya pengrajin akan mengeringkannya terlebih dahulu. Pengeringan yang dilakukan ini bertujuan untuk membuat serat pada kayunya lurus dan sama rata. Oh ya, jenis Merkusii ini sering kali kita temukan di daerah Gunung Talang serta Gunung Kerinci yang berada di wilayah Pulau Sumatra.

Sementara untuk jenis kayu pinus Radiata memiliki diameter 20 hingga 80 cm dengan tingginya yang lebih rendah daripada Merkusii, yakni berkisar 15 hingga 30 meter. Ukuran Radiata yang tergolong lebih kecil dari Merkusii ini karena adanya cabang kecil yang ada di batangnya, sehingga siklus tumbuhnya pun lebih cepat. Oh ya, jika Merkusii banyak kita temukan di Pulau Sumatra, maka Radiata sering kali kita temui di Australia, Amerika Serikat, hingga Afrika Selatan.

Memiliki Warna yang Terang

Jenis kayu pinus seperti Merkusii dan Radiata biasanya memiliki warna yang terang, berbeda dengan jati. Warna terangnya ini natural dan terlihat sangat cantik. Dengan dominasi warna terang, tentunya akan sangat cocok jika kamu memadukannya dengan furnitur yang memiliki warna soft atau netral lainnya, seperti putih dan krem. Bagi kamu yang ingin menciptakan kesan lega atau space saving di rumahmu, sepertinya furnitur dengan material pinus sangat cocok untukmu.

Baca juga: 7 Meja Nakas Minimalis Multifungsi Terbaik, Cocok untuk Rumahmu!

Sangat Mudah untuk Pengrajin Bentuk Menjadi Furnitur

Kadang kala ada kayu yang tidak mudah untuk dibentuk menjadi furnitur. Akan tetapi jenis kayu pinus ini termasuk salah satu furnitur yang memiliki sifat mudah untuk dibengkokkan atau dibentuk. Karena sifatnya inilah, pinus sering menjadi pilihan utama para pengrajin furnitur. Oh ya, untuk finishing-nya sendiri, pinus juga lebih cepat dan mudah dilakukan. Yang pasti, pinus punya tekstur yang tidak terlalu padat seperti kayu pada umumnya.

Murah, tapi Kokoh

Ya, daripada jati, jenis kayu pinus memang tergolong lebih murah. Meski harganya murah, akan tetapi untuk kualitas, kamu tak perlu meragukannya lagi. Pinus tetap kokoh untuk menjadi furnitur. Bahkan bisa orang bilang, pinus menjadi pilihan kedua setelah jati untuk dipertimbangkan menjadi pilihan material furnitur. Selain kokoh, pinus juga tahan terhadap benturan dan tidak mudah bengkok. Pas banget untuk kamu yang ingin lebih menghemat uang, karena furniturmu bisa tahan dalam waktu yang lama.

Nah, itulah tadi mengenal lebih dekat dengan pinus atau yang juga disebut sebagai kayu jati Belanda. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.