Desain Ruang Keluarga Minimalis – Apapun ukuran ruang di rumahmu, setiap sudut dan area haruslah memberikan kenyamanan untuk penghuni rumah. Tidak hanya itu, setiap area ruang di rumah memainkan peran uniknya sendiri. Contoh yang paling mencolok? Jelas, peran antara family room dan living room. Sejujurnya, masih banyak orang yang salah kaprah dengan fungsi ruang keluarga di rumah. 

Yup, jika dilihat secara sekilas, tidak ada perbedaan nyata antara ruang tamu dengan ruang keluaga, termasuk dengan denah lantai. Meski begitu, untuk fungsinya, jelas berbeda. Karena itu, kamu akan membahas mengenai tips desain ruang keluarga minimalis di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi furnitur untuk ruangan di rumahmu. Yuk, disimak!

 

Beda fungsi ruang keluarga dan ruang tamu

Seperti yang kita ketahui, ada perbedaan tipis antara desain ruang keluarga minimalis dan ruang tamu. Agar kamu lebih mengenal perbedaannya, mari simak penjelasannya berikut ini. 

  • Desain ruang keluarga lebih bernuansa santai daripada ruang tamu. Bahkan, kamu bisa menempatkan TV di ruangan ini.
  • Dekat dengan dapur dan kamar lainnya karena ruangan ini memang dikhususkan untuk keluarga berkumpul. 
  • Di family room, keluarga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bersantai bersama, baik sekadar mengobrol atau menonton film bersama. 

Nah, itu tadi sekilas mengenai peran dari ruang keluarga. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membacanya pada artikel ini.

 

Baca juga: Yuk, Intip 4 Perbedaan Fungsi Ruang Keluarga dan Ruang Tamu!

Tips desain ruang keluarga minimalis

Selanjutnya, untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara menata ruangan dengan ukuran minimalis. Karena itu, kami telah menyiapkan tipsnya untukmu. Yuk, disimak!

Menentukan furnitur yang sesuai dengan ruangan

Agar terlihat nyaman, sudah seharusnya desain ruang keluarga minimalis membutuhkan beberapa furnitur yang sesuai. Untuk mendukung kenyamanan keluarga, kamu bisa memilih sofa dengan bentuk letter U. Bahkan, kamu juga bisa memilih sofa dengan desain bed atau memanjang. 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan keserasian warna sofa. Saran dari kami, coba pilih sofa yang warnanya senada dengan dinding family room. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa furnitur pendukung kenyamanan ruang lainnya, seperti rak TV, rak buku, hingga karpet yang empuk. 

Buat kesan luas di ruangan

Untuk kamu yang memiliki ukuran ruang minimalis, pasti bingung bagaimana cara menata ruangan agar tidak terlihat sempit? Nah, salah satu triknya adalah kamu bisa menambahkan cermin di family room rumahmu. 

Cermin di ruangan akan menampilkan kesan ruangan yang tampak lebih lega. Meski begitu, kamu tetap harus mengatur peletakkan furniturnya. Sebab, penataan ruangan yang salah malah akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Oh ya, pastikan ada cukup ruang untuk kamu dan keluarga bergerak bebas. 

Tambahkan dekorasi ruangan di family room

Hal yang selanjutnya harus kamu perhatikan adalah dekorasi untuk desain ruang keluarga minimalis. Berbeda dengan ruang tamu, kamu bisa memajang foto keluarga atau aksesori kesukaanmu. Oh ya, jangan lupa beri tambahan tanaman hias sehingga ruangan terlihat lebih hidup. Nah, jika kamu termasuk orang yang punya hobi membaca, kamu bisa menempatkan tempat buku. 

Mengenai tambahan dekorasi ruangan ini, kamu juga harus memperhatikan konsep ruangan di rumahmu. Apakah family room di rumahmu memiliki ukuran luas atau tidak. Jika ukuran ruangan di rumahmu minimalis, kamu bisa memilih tambahan dekorasi yang simpel. Dengan begitu, ruang tempat kumpul keluargamu bisa lebih nyaman. 

Jangan lupa perhatikan pula pencahayaannya

Kemudian yang tak boleh kamu lupakan adalah pencahayaan di ruang keluarga. Pastikan pencahayaannya mencukupi. Kamu bisa mengatur pencahayaan dengan menambahkan jendela atau ventilasi udara agar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Namun, bila tidak memungkinkan, kamu bisa mengatur pencahayaan yang memadai dari lampu di ruangan.

Desain ruang keluarga minimalis menyatu dengan dapur dan ruang makan

Apabila kamu memiliki ruangan minimalis, sangat bisa untuk menciptakan konsep open space. Yup, kamu bisa menggabungkan ruang keluarga dengan dapur maupun mini bar. Dengan menciptakan ruang open space, kamu bisa membuat ruangan di rumah terlihat lebih lega. Pastikan juga kamu sudah memikirkan furnitur di ruangannya, ya. 

 

Rekomendasi furnitur untuk ruang keluarga

Nama Produk

Gambar

Spesifikasi

Beli di Sini

Sofabed Sasmaya

Kayu pinus, kain vegas, royal foam | Uk. 220 cm x 80 cm x 64 cm (3S); 80 cm x 75 cm x 64 cm

Rak TV Makaira

Kayu jati; Uk. 150 cm x 50 cm x 60 cm

Sofabed Spica

Kayu pinus, kain midily, dll; Uk. 200 cm x 80 cm x 60 cm

Bean Bag Iva

Ukuran S, M, dan L

MM Masato (Kursi Rotan)

Kayu jati perhutani; Uk. 140 cm x 80 cm x 75 cm

MM Masato

Kayu jati perhutani; Uk. 140 cm x 80 cm x 75 cm

MM Hawai

Meja makan untuk 4 orang; cocok untuk rumah minimalis

Toko furnitur terdekat yang bisa kamu pilih

beli sofa jogja di ajeg

Nah, untuk furniturnya, kamu bisa melakukan pembelian di Ajeg, baik datang langsung ke showroom atau via marketplace. Oh ya, lagi ada banyak promo menarik untuk pembelian secara online.

 

Lokasi showroom kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

Artikel terkait yang juga bisa kamu baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

10 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis ala K-Drama Populer

7 Rekomendasi Sofa Bean Bag Terbaik untuk Teman Santai

10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik untuk Nyaman Tidur

7 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik yang Nyaman

Nah, itulah tadi beberapa ide rekomendasi produk dari kami. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!