Akhir-akhir ini masyarakat memilih menyajikan makanan dengan alat makan kayu. Peralatan kayu banyak dipilih karena memiliki tampilan eksotis. Selain itu peralatan kayu juga awet. Meskipun awet, tapi kamu juga harus memperhatikan cara perawatannya.

Dengan memperhatikan cara merawat alat makan kayu, maka alat makanmu tersebut akan menjadi lebih awet lagi. Dan tentunya juga masih akan terlihat estetik. Yuk, simak tips merawat alat makan dari kayu berikut ini.

Bersihkan Setelah Kamu Memakainya

Ini cara yang paling penting dan utama. Yup, kamu harus membersihkannya setelah menggunakan alat makan kayu. Jangan sampai kamu selesai makan tapi tidak langsung membersihkannya. Bisa-bisa kerak yang menempel pada alat makanmu tersebut tidak bisa hilang. Karena tidak bisa hilang, lama-kelamaan akan merusak lapisan kayunya, sehingga alat makanmu pun tidak terlihat estetik lagi.

Menggosok dengan Spons

Kamu bisa menggosok alat makan kayu dengan spons. Tentunya sebelum menggosok, kamu lebih dahulu memberikan cairan pembersih berupa sabun cuci ke spons. Setelah spons sudah kamu beri sabun cuci, maka gosoklah peralatan makan milikmu dengan perlahan. Oh ya, hindari menggunakan spons yang kasar atau terbuat dari kawat karena bisa menyebabkan peralatan makanmu rusak.

alat makan kayu cantik dan estetik

Dok. pribadi

Memberi Olesan Minyak

Kamu bisa mengoleskan minyak pada peralatan makan kayu. Minyak food grade mineral oil atau beeswax bisa kamu gunakan untuk peralatan makanmu. Caranya kamu oleskan minyak tersebut kemudian tunggu sampai kering. Setelah itu, kamu bisa menyimpan peralatan makanmu yang terbuat dari kayu tersebut.

Simpan Dalam Keadaan Kering

Setelah kamu selesai mencuci alat makan kayu, maka simpanlah dalam keadaan kering. Jangan sampai kamu menyimpan peralatan makanmu yang terbuat dari kayu dalam keadaan basah. Bisa-bisa malah peralatan makanmu itu akan menjadi tempat berkembang biak jamur. Yup, jamur sangat mudah menempel di peralatan kayu. Untuk menghindari hal itu, kamu harus selalu mengeringkan terlebih dahulu alat makanmu.alat makan kayu jogja estetik

Dok. pribadi

Membersihkan dengan Baking Soda

Alat makan kayu yang telah lama tidak kamu gunakan dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap. Tentu kamu tidak ingin itu terjadi kan? Maka dari itu kamu bisa membersihkan dan menghilangkan baunya dengan baking soda. Caranya, kamu bisa merendam terlebih dahulu peralatan kayu dengan air yang sudah kamu beri satu sendoh teh baking sofa. Diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, kamu bisa mencuci dan mengeringkannya seperti biasa.

Nah, itu tadi lima tips merawat alat makan yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Untuk mendapatkan peralatan makan yang terbuat dari kayu, kamu bisa membelinya secara online atau offline di Ajeg. Kamu juga bisa langsung datang ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

 

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.