Ide Dekorasi Batik – Sebagai salah satu warisan budaya dunia, batik memang harus kita lestarikan. Namun, tahukah kamu bahwa batik bisa menjadi dekorasi atau aksesoris di rumah? Yup, batik tak hanya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian saja, melainkan saat ini batik juga bisa bertransformasi menjadi beberapa barang—seperti dekorasi rumah. Menjadi salah satu dekorasi rumah, tentunya kehadiran batik mampu menyulap tampilan rumah yang tadinya biasa saja menjadi lebih beretnik dan estetik. Apalagi batik memiliki banyak motif yang cantik untuk dekorasi, pastinya ruangan di rumahmu pun akan terlihat sangat cantik.

Penasaran motif batik apa saja yang bisa kamu jadikan dekorasi rumah? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Batik dengan Motif Mega Mendung

Ide dekorasi batik yang pertama ialah kamu bisa menggunakan motif mega mendung. Motif batik mega mendung sendiri sebenarnya berasal dari Cirebon. Batik ini memiliki motif menyerupai awan. Sebenarnya hal ini juga terlihat dari namanya yang memiliki arti awan di langit gelap (mega: awan; mendung: langit gelap). Makna dari motif ini sendiri sebenarnya cukup dalam lho, yakni kesabaran, berkepala dingin, dan tak mudah marah. Kamu bisa menggunakan motif ini untuk dekorasi rumahmu seperti pada bantal sofa ataupun karpetnya.

ide dekorasi rumah

Sumber: pinterest.com

Batik dengan Motif Kawung

Tak hanya mega mendung saja yang bisa kamu jadikan ide dekorasi batik, sebab kamu juga bisa menggunakan motif kawung. Motif kawung sendiri dikenal memiliki gambar menyerupai buah kawung atau yang sering kita sebut sebagai kolang-kaling. Makna dari motif ini ialah selalu berusaha keras dan memiliki keinginan kuat. Oh ya, motif kawung ini juga menunjukkan harapan agar manusia selalu teringat asal usulnya. Kamu bisa menjadikan batik motif kawung ini sebagai taplak meja.

Batik dengan Motif Parang

Selanjutnya ide dekorasi batik ialah dengan motif parang. Motif parang ini termasuk salah satu batik tertua di Jawa lho. Dan maknanya pun sangat mendalam, yakni tidak pantang menyerah. Batik yang memiliki motif menyerupai ombak ini mengibaratkan laut selalu semangat tak pernah pantang menyerah karena bergerak terus-menerus. Oh ya, warna batik parang ini sangat cantik sehingga cocok sekali untuk furniture meja di ruanganmu dan bisa kamu jadikan sebagai taplak. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa lho menjadikan motif batik parang ini sebagai kain pelapis bantal sofa di rumahmu.

Batik dengan Motif Truntum

Motif truntum ini menyerupai bintang. Sebenarnya ada cerita di balik terciptanya batik ini lho, yakni tentang Ratu Beruk yang merupakan istri dari Pakubuwono III yang sedih karena suaminya akan melakukan poligami. Karena kesedihannya tersebut, Ratu kemudian bertapa dan mulai menggambarkan motif batik ini dengan teliti. Motif batik ini bisa kamu gunakan untuk dekorasi ruang tidur, ruang keluarga, maupun ruang tamu lho.

Nah, itulah tadi ide dekorasi batik yang bisa kamu terapkan di rumah. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!