Ada banyak hal yang harus kita perhatikan untuk melakukan finishing kayu pinus. Hal ini karena kayu pinus memiliki sifat penyerapan yang tinggi. Bisa dibilang, pinus termasuk tricky kalau perihal pengecatan. Nah, karena terlalu tricky tersebut, maka saat melakukan finishing pada kayu ini, kita harus berhati-hati. Sebab, kalau tidak berhati-hati, maka warna cat di pinus tak akan seragam. Inilah yang kadang membuat para pengrajin lebih memilih melakukan finishing natural pada kayu ini.

Oh ya, hal lain yang perlu diperhatikan saat melakukan finishing kayu pinus ialah kehadiran jamur. Yup, kayu jenis pinus ini memang cukup rentan terhadap jamur. Oleh karena itu, kita bisa melakukan finishing dengan bahan yang memiliki resisten terhadap jamur. Sebenarnya melakukan finishing secara natural sudah cukup, apalagi kayu ini memiliki alur yang indah sehingga akan sangat bagus jika memperlihatkan kesan naturalnya tersebut.

Cara Finishing Kayu Pinus

Berikut cara yang tepat untuk melakukan finishing kayu pinus.

  • Menyiapkan kayu yang sudah melalui proses pengeringan, pengampelasan, dan pembersihan.
  • Cara selanjutnya ialah menyiapkan bahan finishing, pelarut, dan campurannya.
  • Siapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk finishing kayu pinus.
  • Mengaplikasikan dempul atau filler untuk dasarannya dengan tujuan menambal pori, lubang, atau sekadar mengubah warna pinusnya.
  • Lalu, aplikasikan sealer yang bertugas membantu fungsi filler dan bisa jadi dasar pengaplikasian wood stain.
  • Setelah sealer diaplikasikan, langkah selanjutnya ialah mengaplikasikan wood stain yang sudah diberi dasar sealer.
  • Agar lapisan bagian bawahnya terlindungi, maka bisa diaplikasikan coating sehingga finishing pinus tampilannya menjadi lebih berkilau dan estetik.

Kelebihan Kayu Pinus

Ada beberapa kelebihan dari material ini yang harus kamu tahu sebelum melakukan finishing kayu pinus. Apa saja kelebihannya? Yuk, simak uraiannya berikut ini.desain sofa minimalis jepang estetik

  • Kayu pinus memiliki harga yang lebih murah daripada kayu jenis lainnya. Hal ini karena kayu pinus mudah untuk kita temui. Dan juga finishing kayu pinus terbilang simpel dan mudah.
  • Warnanya lebih terang daripada kayu lain sehingga sangat cocok untuk kita padankan dengan furniture yang berwarna lain.
  • Jenis kayu pinus mudah untuk kita ubah warnanya, sehingga saat bosan dengan warna tertentu, kita bisa mengecat ulang kayunya.
  • Tahan terhadap penyusutan dan pemuaian termasuk kelebihan dari kayu pinus. Karena kelebihannya ini, maka kayu pinus lebih awet daripada kayu lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa tips finishing kayu yang bagus. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!