Fakta Menarik Kayu Mahoni – Sebuah barang yang kuat dan awet pasti memiliki material yang benar-benar berkualitas, seperti kayu mahoni berkualitas yang dipilih sebagai material kerangka pembuatan sofa. Coba bayangkan bila sofa dibuat tidak menggunakan material yang berkualitas, apa yang terjadi? Tentunya Anda tidak akan nyaman untuk berlama-lama duduk atau rebahan di sofa itu. Malah mungkin sofa yang Anda beli itu tidak akan bertahan lama alias cepat rusak.

Bernama latin, Swietenia mahagoni, kayu mahoni memang menjadi pilihan utama para pengrajin furniture—termasuk sofa—selain kayu jati. Selama ini Anda mungkin berpikir hanya kayu jati saja yang benar-benar berkualitas dan membuat barang menjadi awet. Padahal di lain sisi ada kayu mahoni berkualitas yang tidak kalah kualitasnya dibanding kayu jati, meski dalam segi harga tetap kayu jati yang mahal.

[lwptoc float=”center” skipHeadingLevel=”h3,h4,h5,h6″]

Fakta Menarik Kayu Mahoni

Dibandingkan kayu jati, kayu mahoni memang lebih mudah untuk didapatkan. Bahkan masa panen kayu mahoni juga lebih cepat dibanding kayu jati. Dan biasanya kayu mahoni juga memiliki ukuran diameter yang cukup besar, sehingga memang jenis kayu ini cocok digunakan sebagai material furniture. Ajeg sendiri juga memilih menggunakan material dengan kayu mahoni yang berkualitas. Nah, kali ini Minaj ingin membagikan fakta mengenai kayu mahoni berkualitas. Mungkin ada beberapa di antara Anda yang belum tahu faktanya. Untuk itu simak uraian berikut ini.

1. Buahnya Menyerupai Bola Rugby

pinterest.com

Apakah Anda sudah pernah melihat permainan rugby? Ah… mungkin jenis permainan ini belum begitu tenar di Indonesia. Ok, Minaj jelaskan secara singkat ya. Permainan rugby hampir mirip dengan sepak bola, bedanya bola dalam permainan rugby ini memiliki bentuk oval. Nah, bentuk oval itulah yang menyerupai buah dari pohon mahoni. Bentuk buahnya memang unik, tapi khasiatnya sebagai obat herbal tidak bisa diragukan lagi. Sementara itu, untuk membuat sofa biasanya kayu mahoni berkualitas yang digunakan ialah yang sudah berusia sepuluh tahun atau lebih.

2. Tergolong Kayu Mewah

pinterest.com

Anda tentu ingin menampilkan kesan mewah pada ruangan Anda kan? Kalau begitu kayu mahoni berkualitas bisa menjadi pilihannya. Sebab, kayu mahoni memiliki serat yang lurus dan mudah diolah, terlebih tampilannya terlihat mewah dan tak mengurangi estetika ruangan. Bahkan warna pada kayu mahoni yang sudah berusia dua puluh tahun bisa berubah menjadi warna merah yang pekat. Cukup unik bukan? Itulah kenapa Ajeg memilihnya sebagai salah satu material esensial untuk sofanya.

3. Meminimalisir Polusi Udara

pinterest.com

Selain buahnya bisa jadi obat herbal, nyatanya kayu mahoni berkualitas juga mampu meminimalisir polusi udara. Bahkan sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa kayu mahoni memiliki persentase sebesar 70% untuk mengurangi polusi. Fakta menarik kayu mahoni lainnya adalah kayunya akan mengolah polusi udara dan mengubahnya menjadi oksigen. Tak hanya meminimalisir polusi udara, kayu mahoni juga mampu menyerap air dengan cepat.

4. Penampang Kayu yang Stabil

pinterest.com

Kayu mahoni berkualitas tidak akan mengalami penyusutan dalam waktu dekat. Maka dari itu, penampang kayunya sangat stabil. Kestabilannya inilah yang membuat para pengrajin—termasuk Ajeg—menggemari material sofa yang satu ini. Tak hanya stabil, tapi kayu mahoni juga memiliki kandungan minyak alami yang cukup rendah. Kandungan minyaknya yang rendah itu membuat kayu mahoni cocok di-finishing dengan cat duco.

5. Harga Lebih Ekonomis

BS&R Group

Sempat Minaj singgung di awal, bahwa kayu mahoni memiliki harga yang lebih ekonomis dibanding kayu jati. Tidak hanya kayu jati saja, bahkan kayu mahoni juga lebih ekonomis dibanding kayu gaharu yang sudah mendunia. Mungkin karena mudah untuk dipanen dan didapatkan, sehingga kayu mahoni ini memiliki harga yang lebih ekonomis. Tapi jangan berpikiran buruk dulu. Meski harganya lebih ekonomis, tapi masalah kualitas kayu mahoni terbilang ‘gahar’.

6. Warna yang Cantik

pinterest.com

Fakta menarik kayu mahoni lainnya adalah warna kayunya yang cantik kemerahan. Warna merahnya sangat natural. Dan di bagian dalamnya memiliki warna cokelat tua dengan beralur sisik yang cantik di bagian luarnya. Bahkan—sudah sedikit kami singgung di fakta awal—kalau kayu mahoni berkualitas yang berusia lebih dari dua puluh tahun memiliki warna merah yang pekat. Warnanya yang cantik ini semakin menguatkan para pengrajin untuk memilih kayu mahoni sebagai material sofa.

7. Mudah Terserang Hama

pinterest.com

Sayang memang, jika kayu berkualitas sekelas mahoni memiliki kekurangan. Tapi memang di dunia ini pasti semua punya kekurangan, ya termasuk kayu mahoni ini. Kayu mahoni sangat mudah terserang hama. Akibat serangan hama, kayu menjadi berlubang dan tidak cantik lagi untuk bahan furniture—sofa. Tapi jangan khawatir, ketika kayu mahoni ini sudah masuk oven dan diberi obat, maka kayunya akan sangat kuat menghadapi serangan hama.

Artikel terkait yang juga bisa kamu baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

10 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis ala K-Drama Populer

7 Rekomendasi Sofa Bean Bag Terbaik untuk Teman Santai

10 Rekomendasi Meja Tamu Minimalis untuk Ruang Tamu Mungil

7 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik yang Nyaman

Nah, itulah tadi beberapa ide rekomendasi produk dari kami. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.