Desain Rumah Ramah Lingkungan – Hunian yang ideal seharusnya dilengkapi dengan furnitur yang eco-friendly. Furnitur yang eco-friendly identik dengan kayu dan material lainnya yang bisa didaur ulang. Saat ini, hunian yang eco-friendly memang menjadi pilihan banyak orang, karena dapat memberikan kenyamanan untuk keluarga.

Menciptakan hunian yang eco-friendly memang membutuhkan banyak biaya, karena kamu harus merombak dan menghilangkan furnitur plastik. Kabari baiknya, sekarang Minaj ingin memberikan beberapa inspirasi desain mengenai hunian yang eco-friendly. Dengan inspirasi desain ini, Minaj harapkan kamu bisa menciptakan hunian nyaman yang eco-friendly dan hemat budget.

1. Memilih Material yang Ramah Lingkungan

Tentu saja jika kamu ingin menciptakan hunian eco-friendly maka harus menggunakan material yang juga ramah lingkungan. Ide desain rumah ramah lingkungan yang pertama ini menggunakan material bambu, kayu, dan batu bata untuk strukturnya. Ada alasan tersendiri kenapa material tersebut ramah lingkungan. Pertama, material bambu yang kamu pilih memiliki ketahanan terhadap gempa bumi. Kedua, kayu yang digunakan untuk material akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk. Ketiga, penggunaan batu bata akan membuat rumah memiliki nuansa adem dan nyaman.

2. Menambahkan Furnitur yang Menggunakan Material Utama Ramah Lingkungan

Untuk menjaga bumi agar tetap lestari, Minaj menyajikan ide desain rumah ramah lingkungan yang cocok untukmu. Kamu bisa memilih furnitur yang dapat merusak lingkungan, seperti penggunaan furnitur kayu yang finishing-nya aman. Kamu juga bisa kok memilih furnitur yang multifungsi dan mudah dibongkar pasang. Oh ya, yang tak kalah penting, kamu juga bisa memilih furnitur yang memiliki konsep less is more. Konsep less is more ini akan membuat hunianmu terasa lebih lega.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ganti Sarung Bantal Sofa!

3. Menempatkan Tanaman dan Bunga Hias

Hunian ramah lingkungan identik dengan tanaman dan bunga hias. Kehadiran tanaman dan bunga hias akan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Selain itu, tanaman dan bunga hias yang ada di ruangan juga akan mempengaruhi kualitas udara di rumahmu. Udara yang masuk ke rumahmu menjadi lebih sejuk daripada hunian tanpa tanaman atau bunga. Kamu bisa kok memilih tanaman atau bunga hias yang disuka, tapi Minaj mau ngasih kamu beberapa saran tanaman atau bunga yang cocok ditaruh di rumah nih. Apa saja sih tanaman atau bunganya? Kamu bisa menempatkan tanaman hias pakis, agapanthus, philodendron, peacy lily, dan masih banyak lagi.

4. Letakkan Cermin Berseberangan dengan Jendela

Meletakkan cermin berseberangan dengan jendela ternyata ada manfaatnya. Ilusi yang ditangkap cermin akan membuat hunian terasa lebih luas. Selain itu, posisi cermin yang berada di seberang jendela akan memperkuat cahaya alami yang masuk ke dalam hunian. Menempatkan cermin ini merupakan salah satu langkah sederhana jika kamu ingin menerapkan ide desain ramah lingkungan.

5. Maksimalkan Pencahayaan Alami untuk Ruang

Memaksimalkan cahaya alami akan menciptakan kenyamanan untuk ruangan di hunian minimalismu. Selain itu, penggunaan cahaya alami juga akan mengurangi konsumsi energi. Salah satu ide desain rumah ramah lingkungan yang dapat kamu gunakan ialah memanfaatkan jendela dan cermin. Kamu bisa memanfaatkan jendela dengan membukanya ketika pagi hingga sore, dan menutupnya saat malam. Selain bermanfaat untuk pencahayaan, keberadaan jendela akan sangat membantu sirkulasi udara di hunianmu.

Nah, itulah tadi beberapa ide desain rumah ramah lingkungan. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.