Desain rumah China tak kalah menarik untuk dibahas. Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, China memiliki beragam desain yang unik dan khas. Nah, desain unik dan khasnya ini menjadi salah satu gaya arsitektur rumah di negara tirai bambu tersebut. Masyarakat China memiliki desain arsitektur rumah perpaduan gaya modern dengan tradisional. Mungkin kalau dilihat secara sekilas, desain rumah ala China ini memiliki kemiripan dengan Jepang maupun Korea. Namun, tetap saja setiap desainnya memiliki ciri khas sendiri.

Untuk menciptakan desain rumah China yang khas dan unik, ternyata masyarakat China masih menyangkutpautkannya dengan nilai-nilai filosofi yang penuh makna. Bahkan setiap bangunan di China mengandung filosofi sendiri—termasuk Great Wall, Forbidden City, dll—yang tentunya sangat menarik perhatian untuk kita ulik lebih dalam. Siapa tahu, desain ala negara tirai bambu ini bisa menjadi isnpirasi kamu saat membangun rumah. Yuk, simak inspirasinya berikut ini.

Memperhatikan Unsur Fengshui

Desain rumah China biasanya akan memperhatikan unsur fengshui. Unsur fengshui ini dipercaya mampu mengalirkan energi baik, keharmonisan, serta mengatur keseimbangan dalam ruangan. Biasanya unsur ini juga memperhatikan perihal pemilihan warna, furniture, dekorasi, maupun elemen lainnya. Tentunya penempatan setiap furniture di rumah ala China ini juga sangat hati-hati dan memperhatikan arah mata anginnya.

Arah utara di desain rumah China biasanya identik dengan elemen air, sehingga sangat cocok untuk difungsikan sebagai kamar mandi. Sementara arah timur identik dengan kayu dan cocok menjadi tempat belajar atau kerja. Bagian rumah yang menghadap selatan akan sangat cocok jika kamu gunakan sebagai dapur. Rumah bagian barat kamu gunakan sebagai kamar tidur dan beristirahat. Arah mata angin ini sangat penting untuk kamu perhatikan jika ingin membuat rumah dengan desain ala negeri tirai bambu ini.

desain rumah china

Photo by shade jay on Unsplash

Dapat Berpadu dengan Desain Modern

Konsep desain rumah China juga fleksibel jika kamu padukan dengan desain modern. Perpaduan antara interior tradisional China dengan modern akan memberikan nuansa yang menarik dan pas banget untuk diaplikasikan pada rumah masa kini. Kamu bisa menambahkan beberapa hiasan rumah, seperti dekorasi lampu gantung, atau dinding marmer yang dipadukan dengan beberapa hiasan dengan unsur oriental.

Fokus pada Alam

Biasanya desain rumah China berfokus pada alam. Unsur alam ini dipilih karena mampu memberikan nuansa yang menenangkan dan hangat. Meski memiliki unsur alam, tapi tak masalah jika kamu ingin memadukannya dengan unsur modern atau kontemporer. Agar nuansa alam lebih terasa, kamu bisa menggunakan beberapa warna natural dan memberikan tambahan interior yang menggunakan material bambu, kayu, atau batu-batuan.

desain rumah china

Photo by Wan San Yip on Unsplash

Memiliki Pencahayaan yang Menghangatkan

Rumah yang didesain dengan unsur oriental akan memiliki pencahayaan yang hangat dan menenangkan. Kamu bisa memilih lampu yang memiliki desain menyerupai lampion maupun lentera kertas. Yakin deh dengan pencahayaan ala negara tirai bambu ini, kamu bisa mendapatkan nuansa atau atmosfer yang menghangatkan dan menenangkan. Oh ya, jangan pilih lampu yang terlalu terang. Sebab, lampu yang terlalu terang malah mengurangi unsur oriental di ruangan.

Nah, itulah tadi desain rumah China yang harus kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.