Desain Rumah ala Jepang — Setiap negara pastinya memiliki ciri khas tersendiri untuk bangunan rumahnya, termasuk Indonesia yang punya beragam desain rumah. Sama seperti Indonesia, Jepang juga memiliki gaya rumah tersendiri. Sebenarnya rumah gaya Jepang ini sudah menjadi inspirasi banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Tentang Gaya Filosofi Zen

Gaya rumah dari negara Jepang ini identik dengan nuansa atau filosofi zen. Nah, apakah kamu mengetahui tentang filosofi zen? Jika belum, maka kamu harus menyimak artikel ini sampai selesai. Filosofi zen sendiri memang sudah menjadi kepercayaan masyarakat Jepang sejak dahulu. Sebagai filosofi yang dipegang oleh masyarakat Jepang, zen sangat memengaruhi cara orang Jepang dalam meletakkan benda maupun menata rumahnya.

Menerapkan desain rumah ala Jepang dengan konsep zen tentu akan membuat kamu lebih mengedepankan kesederhanaan dan kealamian. Konsep zen sendiri juga identik dengan desain minimalis, karena itu tak heran bila kamu akan menemui banyak rumah berukuran mungil di Jepang. Selain itu, gaya hunian Jepang juga identik dengan elemen kayu sehingga kesan alami pun sangat terasa.

Prinsip dari desain rumah ala Jepang adalah menyeimbangkan antara hidup dan penataan ruang. Bisa dibilang keduanya memang saling berkaitan. Dengan filosofi zen kamu bisa mengatur energi secara bebas di ruangan, tanpa adanya rintangan. Maksudnya ialah kamu bisa mengatur desain open space pada hunianmu. Yup, desain open space memang sangat identik dengan filosofi zen di mana satu ruang dengan ruang lainnya dapat menyatu dan selaras.

Karakteristik Desain Rumah ala Jepang dengan Filosofi Zen

Secara langsung zen memang bukan desain interior, bahkan zen juga tidak memiliki aturan khusus yang membebani. Namun, filosofi zen ini kerap menjadi acuan dalam desain rumah ala Jepang. Zen sendiri mencerminkan sebuah keseimbangan, relaksasi, hingga harmonisasi di ruangan. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi tentang karakteristik gaya zen. Yuk, langsung simak karakteristiknya berikut ini.

Pemilihan Warna untuk Desain Zen

Desain rumah ala Jepang yang menggunakan konsep zen identik dengan warna natural. Warna-warna natural yang biasanya digunakan untuk rumah Jepang ialah putih, abu-abu, krem, hingga hijau. Menggunakan warna natural tersebut akan menciptakan ruangan yang relaks dan tenang.

Kain yang Digunakan Cenderung Berwarna Senada

Sama seperti pemilihan warna untuk desain rumah ala Jepang, ternyata pemilihan kain juga diperhatikan. Kain gorden dengan warna natural menjadi pilihan banyak orang. Selain itu, kain yang menggunakan bahan seperti wol maupun linen sangat cocok untuk dipilih. Sebab, bahan tersebut dapat mengurangi suasa bising dan memberikan nuansa akrab di ruangan.

Pencahayaan yang Memberikan Kesan Hangat dan Ramah

Biasanya desain rumah ala Jepang identik dengan pencahayaan yang mampu memberikan kesan hangat dan ramah. Lampu dengan intensitas cahaya hangat mungkin bisa kamu pilih. Namun, kamu juga bisa menyesuaikan pilihan lampunya dengan fungsi ruangan. Jangan lupa untuk menggunakan pelindung lampu sehingga sinarnya tidak langsung menyoroti ruangan. Sinar lampu yang hangat akan memberikan nuansa menenangkan.

Pemilihan Furnitur yang Simpel dan Minimalis

Untuk karakteristik furniturnya, biasanya desain rumah ala Jepang memilih gaya yang simpel dan minimalis. Ini juga menunjukkan bahwa karakteristik furniturnya lebih menghindari detail yang rumit dan ornamen berlebihan. Selain itu, material yang alami seperti kayu banyak dipilih karena mampu menciptakan nuansa relaks dan hangat. Oh ya, biasanya furnitur dengan desain multifungsi juga banyak orang pilih,  terutama yang memiliki storage penyimpanan.

Rekomendasi Furnitur untuk Desain Rumah ala Jepang

Selanjutnya, kami akan berikan beberapa rekomendasi furnitur yang cocok untukmu. Kami merekomendasikan furnitur berdasarkan kenyamanan dan kecocokan dengan desain rumah ala Jepang. Langsung saja simak rekomendasinya dari kami berikut ini.

Sofa Bed Sasmaya, Kenyamanan Maksimal untuk Ruangan di Rumahmu

Furnitur yang cocok untuk desain rumah ala Jepang ialah sofa bed Sasmaya. Sofa yang satu ini memiliki fungsi ganda, yakni bisa kamu jadikan tempat duduk maupun tempat tidur. Dengan tampilan cantik dan elegan, Sasmaya sangat cocok untuk kamu yang menginginkan sebuah kenyamanan saat bersantai. Anyway, Sasmaya ini memiliki kaki atom yang awet dan tentunya mampu menopang berat tubuhmu.

Sofa Bed Spica, Simpel dan Multifungsi Banget untuk Ruanganmu

Untuk rekomendasi lainnya, kamu bisa memilih sofa bed Spica. Sofa yang satu ini memiliki tampilan yang lebih simpel daripada Sasmaya. Meski memiliki penampilan yang lebih simpel, tapi untuk urusan kenyamanan, sofa bed Spica juga tak kalah nyaman. dibuat dengan standar ergonomis, tentunya Spica mampu memberikan kenyamanan yang optimal untuk penggunanya.

Rak TV Gina, Cocok untuk Temani Waktu Santaimu

Produk furnitur minimalis modern selanjutnya yang akan kami rekomendasikan ke kamu ialah rak TV Gina. Bagi kamu yang memiliki konsep ruang open space, Gina sangat cocok untuk dijadikan sekat. Selain menjadi sekat ruangan, kamu juga bisa menggunakan Gina untuk menciptakan kenyamanan nonton bareng kesayangan di ruang keluarga.

Nah, itulah tadi rekomendasi kursi kantor murah dan ergonomis. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R