Desain Ruang Minimalis – Bagaimana kalau kamu memiliki hunian minimalis dengan furnitur yang sudah tertata rapi, tapi kamu sendiri tidak merasa bahagia? Membingungkan bukan? Tapi memang ada kok yang merasa kurang bahagia karena penataan ruang yang tidak tepat. Apalagi dengan banyak furnitur yang ada di ruangan, yang tentunya malah membuat penghuni merasa sesak. Padahal furnitur yang ada di rumahmu dulu kamu beli karena sangat menginginkannya. Dan seharusnya karena itu keinginanmu sendiri, kadar kebahagiaanmu di rumah pun harus meningkat—bahkan bisa berkali-kali lipat. Sayangnya, kamu tak merasakannya.

Coba sekarang kamu rasakan, apakah desain ruang minimalis di hunianmu terasa pengap? Apakah kamu sendiri juga kebingungan untuk membuat ruangannya lebih tertata rapi dan bisa space-saving? Untuk mengatasi kebingunganmu, hal pertama yang harus kamu pahami adalah tentang gaya minimalis. Kata ‘minimalis’ saat ini terdengar cukup menarik, banyak orang sudah menggunakan kata-kata minimalis, baik untuk interior hunian maupun sebagai gaya hidup. Jangan mengira gaya minimalis ini berarti bangunan yang kosong tanpa adanya furnitur. Sebaliknya, gaya minimalis ini berkaitan dengan penataan ruangan sehingga tetap nyaman dan bisa space-saving.

Pahami Dahulu Tentang Gaya Minimalis

Bayangkan, kamu harus menghadapi furnitur berantakan di rumahmu. Kemudian kamu tak punya dasar pengetahuan tentang penataannya dengan baik. Kamu juga tidak memahami bagaimana caranya menerapkan desain ruang minimalis di hunianmu. Yang terjadi, kebingunganmu itu akan berdampak pada kesehatanmu, karena kamu akan merasakan stres untuk mengatur rumah. Oleh karena itu, inilah saatnya kamu mulai mengenal dan memahami tentang gaya minimalis.

Istilah minimalis sendiri memang sejatinya mengacu kepada gaya hidup. Namun, saat ini gaya yang populer di akhir tahun 1980-an ini sudah merambah ke interior ruangan. Seorang arsitektur terkenal, Ludwig Mies, mengatakan bahwa konsep minimalis ini memiliki pandangan less is more. Di mana gaya ini berkaitan erat dengan penggunaan yang sederhana dan terbatas yang dimaksudkan untuk menciptakan efek bahagia dalam kehidupan.

Untuk interior rumah, biasanya desain ruang minimalis akan berfokus pada kesederhanaan dan fungsionalitasnya. Meski fokus pada kesederhanaan dan fungsionalitasnya, tapi ruangan dengan konsep minimalis ini tetap memiliki tampilan yang menawan. Di dalam sebuah ruangan, ada tiga kategori barang yang harus kamu tahu, yakni barang fungsional, dekoratif, dan emosional. Kamu juga harus memahami bahwa setiap barang di rumah memiliki kesan tersendiri untukmu.

Apabila barang tersebut mampu memberikan kesan positif dan bahagia untukmu, maka kamu bisa tetap menempatkan barang tersebut di rumah. Sementara untuk barang yang tidak membuatmu bahagia, akan lebih baik jika kamu menyingkirkannya. Intinya, desain ruang minimalis ini sangat berkaitan dengan penataan ruang yang simpel, fungsional, rapi, dan tetap terlihat modern.

Baca juga: 7 Model Rak TV Minimalis Terbaru dan Terbaik Tahun 2022!

Ciri Hunian dengan Gaya Minimalis

Untuk menciptakan desain ruang minimalis, kamu harus mengetahui ciri-ciri gaya yang satu ini. Apa saja cirinya? Simak berikut ini.

Menerapkan Penataan Ruang yang Sederhana

Seperti yang sudah Minaj singgung sebelumnya, desain ruang minimalis biasanya berkaitan dengan penataan ruang yang sederhana. Meski penataannya sederhana, kamu akan tetap mendapatkan tampilan ruangan yang menawan. Kamu bisa memanfaatkan setiap sudut ruangan di rumahmu, dengan begitu setiap bagian rumah memiliki manfaat dan fungsi. Yang pasti, kamu juga harus memperhatikan perihal space-saving-nya.

Maksimal dan Multifungsi

Meski memiliki penataan yang sederhana, akan tetapi desain ruang minimalis memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk beberapa furnitur, biasanya gaya minimalis fokus pada fungsinya—termasuk memiliki furnitur yang multifungsi. Saat ini ada banyak produk multifungsi yang dapat kamu pilih, mulai dari sofabed, kitchen set, hingga perabotan lainnya.

Menggunakan Warna-Warna Netral, Natural, dan Terang

Desain ruang minimalis identik dengan penggunaan warna yang didominasi oleh aksen netral, natural, dan terang. Pemilihan warna ini, akan snagat mempengaruhi penampilan ruangan. Dengan warna-warna ini, suasana ruangan menjadi terlihat lebih lega. Tidak hanya itu, penggunaan warna-warna ini juga akan memberikan kesan hangat, ramah, dan harmonis untuk ruangan di rumahmu.

Meminimalisir Penggunaan Sekat

Biasanya desain ruang minimalis identik dengan konsep open space. Konsep yang satu ini minim sekat atau dinding pembatas. Tidak adanya dinding pembatas di ruangan akan membuat hunianmu terlihat lebih luas dan nyaman. Selain itu, hunianmu juga terlihat lebih terang. Konsep open space ini bisa kamu terapkan untuk bagian ruang tamu dan dapur. Untuk memisahkan fungsi setiap ruangnya, mungkin kamu bisa menggunakan furnitur.

Baca juga: Budget Rp30 Jt, Ini Tips Bangun Model Rumah Minimalis Modern!

Menggunakan Furnitur Minimalis

Furnitur minimalis sangat identik dengan gaya desain yang satu ini. Menempatkan furnitur minimalis akan membuat ruangan di rumahmu terlihat lebih lega. Kamu juga bisa menambahkan jendela di ruangan, dengan begitu pencahayaan dan sirkulasi udara bisa bebas keluar masuk ke rumahmu. Toh, dengan tambahan jendela ini, kamu bisa lebih menghemat biaya listrik di rumahmu.

Rekomendasi Furnitur Minimalis untuk Hunianmu

Bagi kamu yang ingin menerapkan desain ruang minimalis untuk hunianmu, simak beberapa rekomendasi furniturnya berikut ini.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Mungil

Rekomendasi yang pertama ialah untuk bagian ruang tamu. Nah, bagian ruangan yang satu ini sebenarnya bisa kamu fungsikan ganda, yakni sebagai ruang tamu maupun ruang keluarga. Dalam konteks ini, berarti desain ruang minimalis harus kamu buat senyaman mungkin. Dengan begitu, kamu bisa betah tinggal di rumah. Untuk menciptakan kenyamanan, kamu harus mulai menata ruangan dan mengatur furniturnya. Singkirkan beberapa furnitur yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Nah, rekomendasi untuk furniturnya adalah sebagai berikut.

Sofa Nagari

Tipe: sofa sudut minimalis

Ukuran: 150 x 75 x 55 cm (2S); 70 x 75 x 40 cm (puff)

Material: kayu pinus, kain daphnie, busa royal foam, dll

Meja CT Orbis

Tipe: meja bulat

Ukuran: diameter 67, tinggi 42,5

Material: partikel board, kaki besi

Kamar Tidur Minimalis

Selanjutnya, untuk desain ruang minimalis di kamar, kamu bisa mulai mengatur penataan kasur hingga lemari. Pasalnya biasanya untuk kamar ada beberapa furnitur yang esensial, seperti tempat tidur, lemari, dan nakas mungil. Kehadiran furnitur minimalis di kamar ini akan memudahkanmu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut rekomendasi furniturnya.

Springbed New Prima Ukuran 160 x 200

Tipe: springbed

Ukuran 160 x 200

Material: busa nyaman

Lemari Jati Akira

Tipe: lemari kayu

Ukuran: 120 x 50 x 200 cm

Material: kayu jati

Ruang Dapur di Hunianmu

Dapur ini termasuk salah satu jantungnya rumah. Kehadiran dapur akan membuatmu bisa menikmati masakan sehat setiap harinya. Untuk bagian dapur sendiri, desain ruang minimalis bisa kamu buat dengan beberapa pilihan furnitur dari Ajeg. Ada banyak furnitur yang bisa kamu pilih di Ajeg, seperti berikut ini.

Meja Makan Masato & Kursi Tiffany

Tipe: meja makan

Ukuran: kapasitas duduk untuk 4 orang

Material: kayu jati

Meja Makan Masato & Kursi Noa

Tipe: meja makan

Ukuran: kapasitas duduk untuk 6 orang

Material: kayu jati

Nah, itulah tadi rekomendasi desain ruang minimalis dengan furnitur dari Ajeg yang bisa kamu pilih. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.