Desain Gaya Bohemian – Boho yang juga disebut sebagai bohemian merupakan salah satu gaya interior rumah. Gaya boho identik dengan kebebasan dan ketidakteraturan. Meski ‘bebas’, akan tetapi gaya boho tetap mampu memberikan kenyamanan penghuni rumah untuk tinggal. Boho sendiri merupakan gaya desain alternatif yang menarik untuk kamu terapkan di rumah.

Memiliki karakteristik ‘bebas’, desain gaya bohemian sebenarnya berawal dari cara hidup masyarakat gypsy Eropa pada sekitar tahun 1800-an. Pada waktu itu, masyarakat gypsy tinggal berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Nah, konsep hidup nomaden masyarakat gypsy ini akhirnya diterapkan oleh para pecinta interior desain hingga jadilah gaya boho.

Bagi kamu yang ingin menerapkan desain gaya bohemian untuk rumah, maka harus memahami terlebih dahulu tentang gaya yang satu ini. Oh ya, kami juga akan memberikan informasi ke kamu produk apa saja yang cocok untuk gaya boho. Yuk, langsung simak artikel lengkapnya berikut ini.

desain gaya bohemian

Photo by Steph Wilson on Unsplash

Karakter Gaya Desain Bohemian

Ada beberapa karakter dari gaya desain bohemian yang perlu kamu tahu. Tentunya, setiap karakter gaya boho unik dan menarik sehingga mampu menciptakan interior yang menawan. Langsung simak saja karakter gaya boho berikut ini.

Identik dengan Kesan Sederhana

Bagi kamu yang suka dengan konsep interior mewah, mungkin gaya desain bohemian tidak cocok untukmu. Sebab, gaya boho identik dengan kesan yang sederhana, bisa dibilang jauh dari kesan mewah. Konsep ‘ketidakaturan’ hingga ‘kebebasan’ akan sangat tampak pada gaya boho. Walaupun begitu, gaya boho tidak akan membiarkan barang berserakan begitu saja di ruangan. So, apakah kamu sudah mulai memahami tentang konsep gaya boho?

Tidak Terbatas Hanya Pada Satu Warna Saja

Desain gaya bohemian tidak hanya ‘saklek’ pada satu pilihan warna saja. Kamu bisa memadupadankan warna untuk menciptakan interior hunian gaya boho. Biasanya warna-warna merah tua akan dipadukan dengan kuning atau hijau. Pada intinya, gaya boho bisa memadukan beberapa warna. Anyway, kamu juga bisa menciptakan tampilan interior ruang dengan wallpaper bermotif. 

desain bohemian

Photo by Steph Wilson on Unsplash

Barang-Barang yang Digunakan Sederhana, Terkesan ‘Apa Adanya’

Sebenarnya, setiap barang di rumah dapat kamu gunakan. Kamu juga bisa menciptakan kreasi sendiri untuk hiasan di ruangan. Barang-barangnya apa saja sih? Nah, kamu bisa menggunakan kardus, botol bekas, kaleng, hingga benda-benda lain yang dapat dikreasikan. Meski barang-barangnya sederhana dan terkesan ‘apa adanya’, tetapi malah justru itu yang menciptakan kecantikan ruangan.

Identik dengan Pencahayaan yang Alami

Sama seperti interior dengan gaya skandinavia, desain gaya bohemian juga menggunakan pencahayaan yang alami. Untuk menerapkan pencahayaannya, kamu bisa mulai memasang jendela besar di ruangan. Jangan lupa untuk menambahkan kaca dan gorden untuk jendelanya–dengan begitu, kamu tetap nyaman di rumah. Fyi, pencahayaan alami ini memiliki banyak manfaat lho, yakni sirkulasi udara makin lancar dan mampu menampilkan kesan natural.

Walau desain gaya bohemian identik dengan pencahayaan alami, tetapi kamu jangan sampai melupakan pencahayaan buatan. Pencahayaan ini identik dengan penggunaan lampu desain unik hingga etnik. Misalnya saja memiliki bentuk seperti lentera atau kendil lilin. Nah, untuk warna cahayanya, kamu bisa memilih lampu dengan warna putih. Atau, bisa juga memilih lampu yang cahayanya sedikit redup.

Kain Bermotif Sangat Dianjurkan

Memiliki karakteristik ‘bebas’ dan ‘tidak teratur’ membuat desain gaya bohemian memiliki kesan unik. Untuk menambah kesan unik ini, kamu bisa menambahkan aksen motif untuk kain di ruangan. Nah, gaya boho ini memang identik dengan kain bermotif. Kain bermotif ini bisa kamu pasang untuk gorden jendela hingga sebagai selimut sofa. Biasanya, dominasi kain motif sendiri berwarna merah atau kuning. Namun, kamu juga bisa memilih warna-warna lain yang dapat menguatkan gaya boho.

desain bohemian

Photo by Nasim Keshmiri on Unsplash

Tanaman Hias di Dalam Ruangan? Why Not?

Siapa bilang gaya boho tidak cocok dengan kesan alami? Malah sebenarnya, desain gaya bohemian ini sangat cocok dengan kesan alami. Untuk menciptakan kesan alami ini, kamu bisa menempatkan beberapa tanaman hias di dalam ruangan. Tentunya, kamu harus memilih tanaman hias yang mudah dirawat. Tidak lupa juga, kamu bisa memilih tanaman hias yang mampu mendukung lancarnya sirkulasi udara, seperti sirih gading hingga peace lily.

Furnitur dengan Elemen Alami Sangat Cocok untuk Gaya Boho

Gaya boho identik pula dengan furnitur yang memiliki elemen alami. Furnitur dengan desain unik, sederhana, hingga antik sangat cocok untuk desain gaya bohemian. Oh ya, pastikan bahwa furnitur yang kamu pilih tersebut memang memberikan kenyamanan untuk penggunanya. Tidak hanya rasa nyaman, tetapi kamu juga harus memastikan bahwa furnitur yang dipilih memiliki masa pakai long lasting atau awet sehingga kamu bisa menghemat budget.

Rekomendasi Toko Furnitur yang Cocok untuk Kamu

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi toko furnitur untukmu. Tentunya kami merekomendasikan toko furnitur yang memiliki produk berkualitas. Tidak hanya itu, kami juga memberikan rekomendasi toko yang memberikan banyak promo hingga diskon menarik. 

Rekomendasi toko furnitur untuk kamu yang ingin menciptakan desain gaya bohemian pada rumah ialah ajeg.co.id. Toko furnitur Ajeg Mebel selalu memberikan yang terbaik untuk setiap customer-nya. Tidak hanya itu, toko furnitur ini juga memberikan banyak promo menarik setiap harinya.

Fyi, kamu juga bisa melakukan pembelian melalu marketplace dan kamu juga bisa kredit furnitur dengan ShopeePayLater. So, kapan lagi beli furnitur berkualitas kalau bukan di  Ajeg Mebel?

Lokasi Showroom Kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

Artikel Terkait yang Juga Bisa Kamu Baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

Kursi Jengki Minimalis, Desain Vintage untuk Ruang Tamu di Rumahmu

5 Langkah Menata Rumah Sesuai Feng Shui Ruang Tamu Minimalis

7 Rekomendasi Furnitur Minimalis Ajeg Mebel Jogja Terbaik

Nah, itulah tadi beberapa karakter gaya desain bohemian yang perlu kamu tahu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.