Desain Dapur Kecil – Bagi mereka yang memiliki hunian minimalis, pastinya memiliki ruangan khusus untuk memasak dengan ukuran yang relatif kecil. Bahkan mungkin beberapa hunian menerapkan konsep open space yang menggabungkan dua fungsi dalam satu ruangan. Memiliki tempat memasak yang kecil, bukan berarti mudah untuk membersihkannya. Buktinya beberapa orang masih merasa kesulitan ketika merapikan tempat memasaknya.

[lwptoc float=”center”]

Nah, buat kamu yang masih kesulitan dalam menata dan merapikan desain dapur kecil, yuk langsung simak artikel berikut ini.

Cek Kebersihan Peralatan Masak

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika ingin merapikan desain dapur kecil ialah mengecek kebersihan peralatan masaknya. Kamu harus mengecek kebersihannya demi menjaga kesehatanmu dan keluarga. Perhatikan, di mana kamu akan menyimpan peralatan masakmu. Apakah kamu memiliki tempat untuk menyimpannya atau tidak. Ketika kamu sudah memikirkan akan ditaruh di mana peralatan masakmu, selanjutnya kamu bisa mulai menyingkirkan beberapa peralatan masak yang sudah tidak digunakan lagi. Atau, bila beberapa peralatan masak masih bisa diperbaiki, maka perbaikilah dan gunakan. Ingat, jangan menambah peralatan masak baru, jika alat yang lama masih bisa kamu gunakan.

kitchen set minimalis modern murah

Menyimpan Peralatan Makan

Untuk merapikan desain dapur kecil di rumahmu, kamu bisa kok mulai menyimpan semua peralatan makanmu di storage dapur. Misalnya kamu menyimpan piring, mangkuk, gelas, dan peralatan makan lainnya di storage pada satu lokasi. Dengan menempatkan peralatan makan pada satu lokasi yang sama, itu akan memudahkanmu untuk menemukannya. Kamu pun tak perlu kebingungan lagi ketika ingin menggunakan peralatan makan untuk acara keluarga.

Baca juga: 5 Cara Memilih Bahan Bantal yang Bagus untuk Kenyamananmu dan Keluarga

Pilih Peralatan yang Multifungsi

Saat ini ada banyak peralatan masak yang multifungsi. Misalnya saja tempat penggorengan yang juga dapat digunakan untuk mengukus makanan. Peralatan multifungsi akan membantumu menghemat tempat penyimpanan di dapur. Selain itu, jangan pilih peralatan yang memiliki ukuran besar, karena itu nantinya akan menyulitkanmu. Bahkan mungkin juga tidak fleksibel untuk kamu gunakan masak.

Cek Apakah Kamu Punya Peralatan yang Sama

Hindari memiliki peralatan di desain dapur kecil dengan fungsi yang sama. Itu akan membuat tempat penyimpananmu penuh. Bahkan mungkin peralatan yang kamu gunakan hanya salah satunya saja. Jika sudah seperti itu, langkah terbaik ialah kamu harus mulai mengecek alat apa saja yang memiliki fungsi sama dan ada di dapurmu. Kamu bisa menyingkirkan salah satu alatnya yang sudah tidak digunakan lagi. Atau, jika kamu merasa sayang untuk menyingkirkannya, maka bisa mendonasikan alat-alat di dapurmu tersebut.

kitchen set minimalis jogja

Bersihkan Dapur Segera Setelah Kamu Selesai Masak

Jangan menunda untuk membersihkan dapur. Langkah terbaik setelah kamu memasak ialah langsung membersihkannya. Jika kamu tidak langsung membersihkannya, maka dapurmu mungkin akan memiliki tampilan layaknya ‘kapal pecah’ alias berantakan sekali. Oh ya, kalau bisa kamu memiliki tempat makan yang berbeda untuk setiap sampah dapur di rumahmu. Dengan begitu, dapurmu bisa terlihat lebih rapi dan bersih.

Nah, itulah tadi sedikit cara untuk merapikan desain dapur kecil di rumahmu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.