Dekorasi Rumah Minimalis – Tahun berganti, bulan berganti, tak terasa kita sebentar lagi akan menyambut perayaan Imlek di tahun 2022. Tahun baru Imlek bukan hanya perayaan biasa, sama seperti perayaan umat muslim dan nonmuslim lainnya, Imlek menjadi ajang berkumpulnya keluarga di rumah. Dalam kebudayaan di Tionghoa, Imlek merupakan salah satu hari libur yang penting. Bahkan untuk merayakan Imlek, banyak orang telah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Di Indonesia sendiri, masyarakat keturunan Tionghoa masih banyak, dan mereka akan merayakan Imlek dengan penuh suka cita.

[lwptoc float=”center”]

Perayaan Imlek sendiri identik dengan dekorasi rumah minimalis berwarna merah. Tak hanya itu, angpao dan makanan khas Tionghoa juga akan tersaji saat acara Imlek. Pada artikel kali ini, Minaj ingin mengajak kamu untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu Imlek, tujuannya, hingga cara mendekorasi hunian agar sesuai dengan perayaan hari Imlek. Langsung saja simak  artikelnya berikut ini.

Imlek dan Sejarahnya

Perayaan tahun baru Imlek biasanya dikenal dengan Chuxi yang memiliki arti ‘malam pergantian tahun’. Di budaya Tionghoa sendiri, perayaan tahun baru Imlek memiliki tradisi yang khas dan beragam. Meski begitu, tema perayaannya tetap sama, yakni identik dengan dekorasi rumah minimalis berwarna merah, angpao, kembang api, dan masih banyak lagi. Perayaan Imlek sendiri dimulai pada bulan 1 semasa Dinasti Xia. Namun, ada pula yang mengatakan jika Imlek dimulai saat Dinasti Shang.

desain rumah china

Sumber: unsplash

Di Indonesia sendiri, perayaan Imlek memiliki sejarah yang panjang. Bahkan pada masa pemerintahan Soeharto, perayaan Imlek untuk masyarakat keturunan Tionghoa dilarang dilakukan secara terang-terangan. Tak hanya Imlek saja, tetapi larangan juga dilakukan untuk perayaan lainnya, seperti Cap Go Meh dan masih banyak lagi. Pelarangan itu dimulai sejak adanya Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret). Karena larangan yang muncul itulah, banyak masyarakat keturunan Tionghoa yang memilih untuk merayakan Imlek sembunyi-sembunyi, misalnya hanya melakukan dekorasi rumah minimalis dengan tema Imlek saja, tanpa harus merayakannya secara terbuka.

Setelah Soeharto mundur, Habibie yang saat itu menjabat sebagai presiden kemudian menghapuskan diskriminasi terhadap masyarakat Tionghoa. Habibie mengeluarkan inpres yang berisi bahwa penggunaan istilah pribumi dan nonpribumi dihapuskan. Kemudian saat Gus Dur menjabat sebagai presiden, beliau mencabut semua aturan yang dibuat oleh Soeharto. Dan masyarakat Tionghoa pun bisa merayakan Imlek maupun hari besar lainnya dengan bebas. Mereka, masyarakat Tionghoa, juga mendapat kebebasan untuk membuat dekorasi rumah minimalis khas perayaan Imlek.

Baca juga: Cara Mudah untuk Merapikan Desain Dapur Kecil di Rumahmu

Tujuan Perayaan Imlek

Bagi masyarakat Tionghoa, tujuan perayaan Imlek bukan hanya untuk merayakan pergantian tahun sesuai dengan kalender Tiongkok, melainkan juga sebagai momen penghormatan bagi para dewa maupun leluhur. Tiongkok sendiri memang masih kental dengan taoisme. Taoisme sendiri merupakan filsafat Tiongkok yang mempelajari adanya kehidupan alam. Filsafat ini sendiri mulai muncul di era Dinasi Han Timur, yang mana Taoisme sendiri juga menjadi agama pada masyarakat Tiongkok.

Berbagai Macam Tradisi Perayaan Imlek

Selain menjadi sarana untuk berkumpul bersama keluarga, ternyata perayaan Imlek juga menjadi ajang dekorasi rumah minimalis. Tidak hanya itu, ketika perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa akan melakukan berbagai tradisi rutin, seperti membersihkan rumah, sembayang ke leluhur, memberi angpao, menyalakan petasan dan kembang api, hingga adanya pertunjukan barongsai. Yang pasti, semua tradisi perayaan Imlek tersebut dilakukan bersama keluarga sehingga memiliki kesan tersendiri.

Baca juga: Rekomendasi Film Bertema Arsitektur, Cocok Nonton Bareng Keluarga

Panduan Mendekorasi Rumah Khas Perayaan Imlek

desain rumah china

Sumber: unsplash

Ada beberapa panduan untuk mendekorasi hunian di rumahmu agar perayaan Imlek semakin berkesan dan terasa. Bagaimana panduannya? Langsung simak berikut ini.

Membersihkan Rumah

Melakukan kegiatan bersih-bersih sebelum dekorasi rumah minimalis ini merupakan salah satu tradisi yang wajib banget kamu lakukan. Dalam budaya Tionghoa, kegiatan membersihkan rumah memiliki maksud untuk menghilangkan nasib buruk. Dan ketika perayaan Imlek berlangsung, maka pada tamu akan mulai melepas sepatunya di pintu sehingga di dalam rumah keadaannya bersih.

Menghias Rumah dengan Dekorasi Berwarna Merah

Perayaan imlek identik dengan warna merah, karena itu kamu bisa melakukan dekorasi rumah minimalis dengan aksen warna khas. Banyak yang percaya bahwa warna merah akan menciptakan suasana meriah untuk ruangan. Selain itu, warna merah juga identik dengan makna kuat, bahagia, dan vitalitas. Biasanya di perayaan imlek ini, ada beberapa pita atau kertas merah yang menggantung pada pintu maupun jendela. Nah, warna merah ini juga bisa kok kamu munculkan di ruangan dengan membeli furnitur atau sofa yang memiliki warna merah.

sofa jogja

Dekorasi dengan Unsur Elemen Zodiak China Sepertinya Juga Cantik

Setiap zodiak di China memiliki elemennya sendiri. Kamu bisa menambahkan elemen tersebut sebagai dekorasi rumah minimalis. Selain zodiak, sepertinya memperhatikan dan menerapkan fengshui di rumah juga bisa kamu lakukan. Fengshui sendiri merupakan salah satu hal yang menjadi kepercayaan masyarakat Tionghoa. Dalam ilmu fengshui, kamu tidak bisa seenaknya saja mengatur tata letak dan dekorasi di hunianmu. Pasalnya dalam fengshui kamu akan menemukan aturan-aturan khusus sehingga bisa menciptakan suasana positif di dalam rumahmu.

Nah, itulah tadi sedikit mengulik tentang perayaan Imlek dan bagaimana panduan lengkapnya untuk mendekorasi rumah minimalis. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.