Ciri rumah gaya retro berbeda dengan vintage. Mungkin bagi yang belum mengetahui perbedaannya akan menganggap dua gaya desain rumah ini sama. Memang benar desain retro dan vintage semuanya mengusung nuansa masa lalu, tapi retro termasuk desain yang muncul di tahun 70-an hingga 90-an, sementara vintage telah muncul jauh sebelum tahun itu.

Desain retro sendiri memang banyak dianggap sebagai teknik interior rumah yang mengulang tren populer di masa lampau. Meski mengulang tren masa lampau, desain ini menggunakan warna-warna yang terang, cerah, dan hangat. Berbeda dengan gaya vintage yang memiliki dominan warna lembut dan hangat. Penasaran bagaimana ciri rumah gaya retro? Yuk, langsung saja simak cirinya berikut ini.

Menggunakan Kombinasi Warna Terang dan Hangat

ciri rumah gaya retro yang pertama ialah desain interior maupun pemilihan furniturenya menggunakan kombinasi warna terang dan hangat. Biasanya gaya ini memiliki ciri khas dengan warna-warna primer yang mampu berekspresi. Pemilihan warnanya juga bebas dan mampu menunjukkan kepribadian dari penghuninya. Untuk mendapatkan nuansa retro, kamu bisa menggunakan warna-warna terang seperti merah, kuning, biru, hijau, putih, atau warna lainnya.

Menciptakan Open Space

Selanjutnya ciri rumah gaya retro ialah adanya open space atau ruangan dengan konsep terbuka. Konsep ruangan terbuka ini akan membuat gaya retro terlihat lebih lega. Tak hanya itu, ruangan juga menjadi lebih fleksibel. Nah, biasanya ketika ingin membedakan ruangan satu dengan lainnya, penghuni rumah desain retro akan menambahkan sekat ruangan yang juga fleksibel. Misalnya memberikan sekat lemari hias antara ruang tamu dan dapur.

Pemilihan Furniture dengan Material Unik

Salah satu ciri rumah gaya retro ialah memiliki furniture dengan material yang unik. Maksudnya ialah material yang digunakan rata-rata berbahan plastik atau vinil. Namun, juga ada beberapa furniture yang menggunakan material kayu. Yang pasti semua furniture tersebut memiliki warna yang terang dan hangat sehingga cocok untuk desain ini.

Ajeg Mebel Jogja murah

Dekorasi Rumah Sesuai Keinginan Penghuni

Tak perlu saklek pada ketentuan desain tertentu—modern dan minimalis—saat menciptakan dekorasi rumah. Sebab, ciri rumah gaya retro ialah mendekorasi sesuai dengan kreativitas dan keinginan dari penghuni rumahnya. Lagipula desain retro sendiri memang berfokus pada tampilan rumah berdasarkan kesukaan penghuninya terhadap kenangan tempo dulu.

Memiliki Pencahayaan yang Nyaman dan Unik

Pencahayaan yang nyaman dan unik menjadi salah satu ciri rumah gaya retro. Buat kamu yang ingin menciptakan desain retro di rumah, maka bisa memilih pencahayaan yang memiliki warna biru atau hijau. Tak hanya itu, kamu juga bisa menempatkan lampu yang memiliki warna terang di meja tamu maupun ruang keluarga.

Hiasan Dinding Pop Art

Pop art sendiri merupakan hiasan dinding yang populer di tahun 60-an sampai 90-an, di mana banyak orang memajang gambar artis populer di masa itu. Nah, gambar pop art artis ini bisa kamu pajang juga untuk hiasan dinding. Agar ciri rumah gaya retro semakin terasa, kamu bisa memajang gambar pop art Marlyn Monroe, The Beatles, Queen, atau artis-artis lain yang terkenal pada masa 60-an sampai 90-an. Oh ya, jangan lupa juga kombinasikan gambar pop art tersebut dengan beberapa hiasan dinding lain yang memiliki warna terang.

Memiliki Lantai dengan Wallpaper Geometris

Ada desain yang menggunakan lantai keramik, ada pula yang menggunakan lantai kayu dan material lainnya. Nah, dalam desain rumah ala retro ini wallpaper geometris dipilih sebagai lantai kayu. Desain geometris sendiri biasanya memiliki pola yang kotak-kotak atau lingkaran dan inilah yang menjadikan gaya retro lebih unik.

Nah, itulah tadi beberapa ciri dari rumah dengan gaya retro yang bisa kamu jadikan inspirasi. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.