Cara Merapikan Rumah – Ide atau gagasan menjalani hidup yang minimalis mungkin terdengar menarik bagi beberapa orang. Namun, terkadang gagasan itu juga menjadi menakutkan bagi beberapa orang. Mereka merasa takut bagaimana nantinya mengatur dan mendekorasinya rumahnya. Padahal sebenarnya, untuk mengatur dan mendekorasi rumah tidaklah begitu sulit. Hanya saja, ketika kamu memilih hidup minimalis maka perlu memperhatikan fungsi dan desain furniturenya.

Memilih hidup minimalis sebenarnya memiliki banyak manfaat, termasuk kamu bisa menyingkirkan beberapa barang tidak berguna di rumah. Selain itu, cara merapikan rumah juga menjadi lebih mudah dengan barang yang sedikit. Bahkan tingkat stres juga akan berkurang ketika kamu memilih hidup dengan minimalis. Saat beraktivitas di ruangan dengan furniture yang tertata baik dan tidak terlalu banyak, kamu juga akan mendapatkan kenyamanan. Sebab, aktivitasmu tidak akan terganggu dengan sempitnya ruangan.

Berikut beberapa cara merapikan rumah bagi kamu yang punya prinsip hidup minimalis yang Minaj lansir dari becomingminimalist.com.

Bangun Kerapian dengan Mulai 5 Menit

Apabila kamu tidak biasa melakukan decluttering, maka bisa mulai membuat dirimu terbiasa. Setidaknya kamu bisa mulai dengan waktu 5 menit saja saat menata rumah. cara merapikan rumah dengan 5 menit ini lama-kelamaan akan membuatmu terbiasa, sehingga decluttering pun bisa kamu lakukan dengan baik.

Mulai dari Ruang yang Paling Sering Kamu Gunakan

Cara merapikan rumah selanjutnya ialah kamu bisa memulai dari ruang yang paling sering digunakan. Mulailah untuk membersihkan dari sudut satu ke sudut lainnya. Bila perlu, di setiap ruangan rumah, kamu bisa menempatkan bak dan kantong sampah. Di ruangan tersebut, kamu juga bisa menyingkirkan beberapa barang yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu ruanganmu menjadi lebih lega.

Manfaatkan Barang Bekas

Ada beberapa barang bekas yang masih bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan lainnya. Misalnya botol minuman, kamu bisa memanfaatkannya sebagai kap lampu atau vas bunga. Agar barang bekasnya lebih menarik, kamu bisa menghiasnya terlebih dahulu. Atau jika barang bekas tersebut masih bisa berfungsi dengan baik, kamu bisa kok menyumbangkannya ke orang yang membutuhkan.

Buat Checklist yang Harus Kamu Bersihkan

Selanjutnya, kamu harus membuat checklist yang harus kamu bersihkan, misalnya barang atau sudut ruang di rumahmu. Cara merapikan rumah yang satu ini akan membantumu ketika melakukan kegiatan decluttering. Kamu bisa mengetahui sudut dan barang apa saja yang harus kamu bersihkan. Selain itu, kamu juga lebih tahu harus memulai kegiatan bersih-bersih dari mana dahulu.

kamar kos minimalis estetik

Ambil Foto ‘Before’ dan ‘After’

Untuk mengetahui perbedaan ruangan di rumahmu, sebelum dan sesudah dirapikan, kamu bisa mengambil fotonya. Kamu juga bisa membuat video cara merapikan rumah. Selain untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah dibersihkan, mengambil foto juga akan membuat kita senang. Oh ya, mengambil foto sebelum dibersihkan, akan membantumu lebih mudah menganalisa sudut mana saja yang perlu dibersihkan.

Tempatkan Beberapa Storage

Agar ruangan di rumahmu rapi, kamu bisa menempatkan beberapa storage di ruangan. Kehadiran storage di ruangan bisa kamu gunakan untuk menyimpan beberapa barang yang sudah tidak digunakan lagi. Atau kamu juga bisa menyimpan beberapa barang penting. Dengan storage barang-barangmu akan tersimpan dengan rapi dan aman.

Nah, itulah tadi cara merapikan rumah untuk kamu yang punya hunian minimalis. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.