Cara Mengatur Keuangan – Apakah kamu termasuk pekerja yang punya gaji UMR? Terkadang gaji UMR bagi beberapa orang memang sulit untuk diatur. Apalagi saat ini biaya hidup semakin besar, karena itu pekerja dengan gaji UMR terkadang memilih hidup dengan sangat pas-pasan. Membicarakan gaji, mungkin juga bersangkutan dengan kebutuhan rumah tangga. Keuangan rumah tangga harus benar-benar diatur dengan baik, sehingga semua kebutuhan pokok bisa terpenuhi dengan baik. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi tentang keuangan rumah tangga, misalnya saja kebutuhan mendesak atau tambahan. Yang pasti, baik istri maupun suami harus bisa mengaturnya dengan baik. Yuk, simak cara dari Minaj berikut ini.

Menghitung Pendapatan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang kamu lakukan sesuai cara mengatur keuangan adalah dengan menghitung pendapatan terlebih dahulu. Dengan menghitung pendapatan terlebih dahulu, maka kamu akan mudah dalam membagi alokasi dana yang kamu miliki. Ingat, saat menghitung pendapatan tidak hanya perihal gaji saja. Kamu juga harus menghitung pendapatan dari insentif lain atau usaha lain yang kamu punya.

Baca juga: Punya Desain Rumah Open Space? Simak 4 Kekurangannya!

Terapkan Prinsip 40-30-20-10

Pernahkah kamu mendengar cara mengatur keuangan dengan prinsip 40-30-20-10? Prinsip yang satu ini sangatlah efektif untuk mengatur dana bagi kamu yang punya gaji UMR. Lantas bagaimana sih cara penerapan prinsip ini? Pertama, kamu bisa menganggarkan 40% dana untuk kebutuhan pokok rumah tangga. Dana 30% untuk kebutuhan cicilan (jika ada). Kemudian 20% dari dana yang kamu miliki bisa digunakan untuk tabungan/investasi. Selanjutnya yang 10% bisa kamu gunakan untuk beramal. Ingat, meski gajimu UMR, tapi jangan pernah lupa untuk beramal ya.

Memahami Beda Keinginan dan Kebutuhan

Cara mengatur keuangan selanjutnya ialah kamu harus memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Ketika sudah memiliki keluarga/berumah tangga, ada baiknya kamu lebih memikirkan pemenuhan kebutuhan pokok daripada hanya keinginan semata. Sebab, jika kamu hanya fokus pada keinginan semata, bisa jadi kebutuhan pokokmu malah terabaikan. Minaj tentu nggak melarang kamu untuk memenuhi keinginan, hanya saja lebih perhatikan kebutuhan pokokmu dahulu.

Baca juga: 4 Model Keramik Lantai yang Bikin Rumahmu Tampil Aesthetic

Membuat Anggaran Pengeluaran Prioritas

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah membuat anggaran pengeluaran prioritas. Cara mengatur keuangan yang satu ini akan memudahkanmu dalam mengalokasikan dana. Selain itu, pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga juga menjadi lebih tertata rapi. Kamu bisa mulai membuat daftarnya dengan belanja dapur, tagihan listrik, air, pendidikan, hingga cicilan yang harus kamu bayar.

Menyiapkan Dana Darurat untuk Berjaga

Kita tak pernah tahu bagaimana masa depan terjadi, dan situasi apa yang akan kita alami. Karena itu, menyiapkan dana darurat merupakan hal yang sangat penting kamu lakukan. Setidaknya sisihkan hingga 2 kali gaji untuk dana darurat. Atau kamu juga bisa menyisihkan sekitar 10 hingga 30 persen dana darurat di setiap bulannya dari gajimu. Cara mengatur keuangan dengan menyiapkan dana darurat ini sangatlah penting, karena kamu bisa menggunakannya sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Baca juga: 6 Cara Bahagia di Rumah, Lakukan Secara Rutin!

Mengurangi Utang, Tambah Investasi

Langkah terbaik jika ingin keuangan stabil ialah dengan meminimalisir utang dan menambah banyak investasi. Apabila kamu ingin berutang, setidaknya gunakan utang untuk kebutuhan keluarga. Hindari utang yang hanya mengarah ke keinginan pribadi. Oh ya, melakukan investasi di masa kini sangatlah bagus. Apalagi jika investasimu tersebut dalam hal yang positif, tentunya hasil yang kamu dapatkan juga akan baik.

Nah, itulah tadi cara mengatur keuangan yang tepat untuk orang dengan gaji UMR. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.