Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, maka dari itu mereka mencari cara mengasuh anak yang benar. Dengan cara mengasuh yang benar, orang tua yakin bahwa anak akan menjadi lebih peduli, memiliki attitude baik, dan juga sopan santun. Untuk mengasuh anak, sebenarnya didasari dengan rasa cinta kasih dari orang tuanya. Tak hanya itu saja, yang paling penting adalah orang tua harus selalu mendampingi anaknya selama proses perkembangan.

Untuk mengasuh buah hati, sebenarnya ada beberapa cara. Penelitian di Harvard sendiri mengungkapkan jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengasuh buah hari. Nah, berikut beberapa cara mengasuh anak yang benar menurut penelitian Harvard yang perlu Bunda tahu.

Selalu Menyempatkan Waktu dengan Anak dan Mengajaknya Ngobrol

Cara mengasuh anak yang benar salah satunya ialah selalu menyempatkan waktu dengan anak. Habiskan waktu untuk menemani anak mengobrol atau ajaklah anak untuk bercakap-cakap. Dengan cara yang pertama ini, anak akan merasa mendapatkan kasih sayang dari orang tua. Percaya nggak, kasih sayang orang tua yang tulus akan memberikan dorongan pada anak untuk berprestasi dan bersikap baik.

cara mengasuh anak yang benar

Photo by Alexander Dummer on Unsplash

Jadilah Contoh yang Baik untuk Anak

Terkadang sikap anak mencontoh orang tuanya. Oleh karena itu, biasakan untuk mencontohkan sikap yang baik dan semangat positif kepada anak. Biasakan juga untuk menanamkan sikap jujur, rendah hati, saling tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari kepada anak. Dengan begitu, saat anak tumbuh dewasa mereka akan membawa sikap-sikap baik tersebut. Itulah cara mengasuh anak yang benar dan bisa kamu terapkan dengan mudah.

Ajarkan Anak untuk Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

Ketiga, cara mengasuh anak yang benar ialah mengajarkannya untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Yup, penting banget untuk orang tua mengajarkan anak tentang kepedulian, tidak hanya peduli tentang diri sendiri dan rumah, tapi juga peduli terhadap lingkungan. Ajarkan anak untuk menyelesaikan permasalahan sekitar dengan kemampuannya sendiri, misalnya saja mengajarkan anak untuk menyiram tanaman di sekitar rumah.

cara mengasuh anak yang benar

Photo by Jon Flobrant on Unsplash

Memberikan Tanggung Jawab

Sesekali kamu bisa memberikan tanggung jawab ke anak, cara mengasuh anak yang benar ini akan membentuk rasa tanggung jawab mereka. Misalnya saja kamu memberikan tanggung jawab kepada anak untuk membersihkan kasur setelah mereka bangun tidur dan membereskan mainan ketika selesai main. Namun ingat, setelah anak menyelesaikan tanggung jawabnya, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih akan menjadi bentuk penghargaan tersendiri bagi anak, dan mereka pun akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab lagi.

Biarkan Anak untuk Mengungkapkan Perasaannya

Sudah sewajarnya memang orang tua memberikan kebebasan kepada anak untuk mengenali perasaannya sendiri. Jangan sampai orang tua membatasi anak, hal itu malah akan membuat anak tidak nyaman dan cenderung memendam perasaannya sendiri. Bisa-bisa malah anak menjadi pribadi yang pendiam atau marah-marah. Dengan mengajarkan anak untuk mengungkapkan perasaannya, tanpa sadar orang tua juga menunjukkan cara pengontrolan diri yang baik. Nah, ketika anak sudah mengungkapkan perasaannya, yang dilakukan orang tua ialah membantunya menyelesaikan konflik dan memahami perasaannya.

cara mengasuh anak yang benar

Photo by Edward Cisneros on Unsplash

Nah, itulah tadi cara mengasuh anak yang benar menurut penelitian dari Harvard. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.