Bagi Anda yang mempunyai rumah tipe 45 dengan lebar 6 meter tentunya cukup menyulitkan karena area bergerak menjadi terbatas. Akan tetapi Anda sendiri bisa melakukan renovasi di beberapa bagian untuk menghadirkan ruangan yang lebih hidup. Salah satunya yakni dengan menambahkan area home theatre untuk menambah kesan hangat di dalam hunian.

Namun sayangnya masih banyak yang bingung saat membuat desain home theater ini padahal sebenarnya tahapannya cukup simple. Nah, untuk membuat home theater di ruangan kecil Anda, maka simak ulasan lebih lanjutnya lewat artikel berikut ini ya!

Baca Juga : Ruang Tamu Bohemian, Hunian Nyentrik Buatmu yang Pengen Terlihat “BEDA”

Manfaatkan Konsep Open Space

home theater di ruang kecil - open space

Salons

Untuk hunian dengan lebar terbatas, konsep open space sangat membantu dalam memaksimalkan ruang. Caranya adalah dengan menyatukan beberapa area seperti ruang tamu, dapur, dan ruang makan menjadi satu kesatuan. Gunakan perbedaan lantai, plafon, atau pencahayaan untuk membedakan setiap area tanpa harus membangun dinding.

Dengan desain terbuka, ruangan terasa lebih luas dan memungkinkan Anda menambahkan space home theater di ruang tamu Anda yang kecil. Di mana nantinya Anda bisa menambahkan beberapa elemen seperti sistem audio dan visual tanpa membatasi ruang gerak.

Baca Juga : 6 Inspirasi Desain Kamar Anak Cowok yang Kekinian Biar Nggak Ngebosenin

Pilih Sofa yang Nyaman

home theater di ruang kecil - sofa minimalis

Soji

Meskipun terlihat sepele, namun sebenarnya pemilihan sofa menjadi suatu hal yang terlihat penting karena bisa menentukan kenyamanan Anda bersama pasangan. Anda bisa memilih model sofa 3 seater sudut dengan peletakkan seperti ini. Dengan begitu, nantinya Anda bisa meregangkan kaki di bagian sudut sofa ini karena memang didesain secara khusus untuk selonjoran.

Tambahkan juga beberapa cushion atau bantal peluk untuk menambah kenyamanan Anda nantinya. Dengan demikian, Anda bisa leluasa nonton di sini baik itu bersandar, berbaring, maupun selonjoran karena pilihan model sofanya yang mendukung untuk berbagai posisi.

Baca Juga : Ciptakan Rumah Mewah Modern dengan Gaya Elit, Hunian Jadi Lebih Berkelas!

Pajang TV Digital di Dinding

home theater di ruang kecil - tv digital

Design Destination

Tidak harus menggunakan layar proyektor, sebenarnya Anda bisa menjadikan TV sebagai pusat perhatian dengan menempelkannya di dinding dengan posisi yang strategis. Nah, di sini Anda bisa menaruh ukuran TV sebesar 30 sampai dengan 50 inchi sesuai keinginan namun tetap memperhatikan lebar sofanya juga supaya tidak terlalu besar.

Letakkan Buffet / Rak TV di Bawahnya

home theater di ruang kecil - buffet

Wayfair Canada

Jika Anda tidak ingin menaruh TV di dinding, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan buffet atau rak TV. Taruh TV tersebut di atasnya lalu hiasi bagian sisi kiri maupun kanannya dengan beberapa dekorasi seperti guci, buku favorit, maupun koleksi action figure yang dimiliki.

Atau, jika ingin menaruh beberapa barang yang lebih banyak, Anda bisa memanfaatkan buffet dengan banyak storage seperti ini. Dengan begitu, nantinya Anda bisa meletakkan beberapa barang di buffet atau rak TV tersebut untuk membuat ruangan tetap rapi dan juga bersih.

Baca Juga : Mungkinkah Punya Sofa Murah Minimalis Seharga Rp 4 Jutaan?

Soundbar, Solusi Home Theater Menggelegar

home theater di ruang kecil - soundbar

Victoria Douyere

Untuk menghasilkan suara yang kuat tanpa harus menambah banyak speaker besar yang memakan tempat, maka coba pilih soundbar yang tepat. Manfaat teknologi ini tak lain untuk untuk mengeluarkan suara yang berkualitas tinggi dalam bentuk yang ramping dan hemat ruang. Penempatan soundbar di bawah TV tentu akan menciptakan nuansa home theater dengan suara yang mendalam, seolah Anda berada di bioskop sungguhan.

Tambahkan Beberapa Tanaman

home theater di ruang kecil - plant

Décor With Eva

Peletakkan beberapa tanaman ini tentunya bukan tanpa alasan karena mampu menonjolkan kesan alami. Apalagi bagi Anda yang suka marathon film selama berjam-jam, tentunya kehadiran tanaman ini sangat berguna untuk membuat pandangan Anda terasa lebih segar. Dengan demikian, nantinya Anda tidak terlalu capek saat menonton film karena ada unsur alami itu tadi sehingga mampu membuat atmosfer yang lebih menyenangkan dan rileks.

Baca Juga : 6 Hal yang Bikin Kamar Tidur Anda Terlihat Jelek dan Norak

Rekomendasi Toko Furniture Untuk Ciptakan Home Theater Nyaman

Untuk melengkapi home theater Anda, penggunaan furniture yang tepat tentu sangat penting. Di Jogja, ada banyak sekali toko mebel yang menyediakan furniture minimalis untuk hunian Anda yang mungil. Dengan demikian, nantinya Anda bisa membuat area home theater di ruangan kecil.

Ajeg Furniture merupakan pilihan toko mebel Jogja murah yang tepat untuk mendapatkan berbagai furniture multifungsi berkualitas yang cocok untuk ruangan kecil. Mulai dari sofa nyaman hingga buffet yang stylish, Ajeg menawarkan solusi yang membantu Anda menciptakan home theater impian meski dalam ruang terbatas. Kunjungi alamat toko sofa minimalis Jogja ini hanya di di Jl. Raya Solo KM.10, Sorogenen I, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282.

Jangan lupa juga untuk mendapatkan promo terbarunya dengan mengikuti Instagram resmi dari toko furniture Jogja murah ini hanya di @ajeg.co.id. Jika ingin mendapatkan informasi maupun trik lainnya, Anda bisa mendapaatkannya di situs website resminya di https://ajeg.co.id/.

 

Penulis : Hilda R.