Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk sadar terhadap keadaan di sekitarnya, dan tidak terlalu reaktif atau emosional terhadap apa yang sudah terjadi kepada kita. Bisa dibilang, mindfulness ini kegiatan meditasi yang ditujukan untuk mengontrol emosi agar mampu menerima apa yang terjadi di sekitarnya. Manfaat dari meditasi ini sendiri ialah untuk kesehatan mental dan juga fisik. Sebenarnya, mindfulness ini adalah kemampuan yang sudah dimiliki oleh manusia, hanya saja terkadang manusia kesulitan untuk mengaksesnya. 

Karena itu, kamu hanya perlu mempelajari bagaimana menerapkan mindfulness dalam keseharianmu. Bagi kamu yang terlalu sering menghabiskan waktu dengan melamun, bukan tidak mungkin bahwa apa yang kamu lamunkan atau pikirkan adalah hal yang negatif? Pola pikir yang negatif tersebut cenderung akan meningkatkan risiko stres, gangguan cemas, hingga depresi. Nah, dengan mindfulness ini, kamu akan lebih tenang. Lantas, bagaimana cara menerapkannya dalam keseharian?

 

Cara menerapkan mindfulness dalam keseharianmu

Photo by Lesly Juarez on Unsplash

Dilansir dari American Psychological Association, hasil studi mengungkapkan bahwa mindfulness adalah salah satu bentuk terapi untuk mengurangi perasaan cemas maupun stres. Kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai cara menerapkan mindfulness dalam keseharianmu. Mari disimak!

Ketahui jenis-jenis latihan mindfulness terlebih dahulu

Untuk mengurangi gangguan stres hingga cemas, kamu bisa menerapkan beberapa jenis latihan berikut ini.

  • Kamu bisa melakukan latihan mindfulness dengan duduk, berdiri, hingga meditasi bergerak. Sebenarnya kamu juga bisa melakukannya dengan berbaring, akan tetapi itu akan menyebabkan dirimu tertidur.
  • Sesekali beristirahat ketika kamu sedang sibuk beraktivitas. Kamu bisa melakukan yoga dengan santai atau olahraga ringan. 
  • Fokus pada diri sendiri. Ini cara yang mudah, tetapi terkadang sulit untuk diterapkan. Cobalah meluangkan waktu untuk memberikan perhatian penuh pada dirimu sendiri. Berikan perhatian pada indera sentuhanmu, suara, hingga penglihatanmu.

Mengatur pernapasan bisa membuatmu lebih tenang

Mindfulness adalah meditasi di mana kamu harus bisa membuat dirimu tenang, dan salah satunya ialah melakukan pengaturan napas. Kamu juga harus bisa mengatur napasmu. Mengatur napas merupakan salah satu bentuk mengurangi pikiran negatif. Untuk melakukan pengaturan napas ini, kamu bisa duduk bersila dengan santai selama beberapa menit. 

Melakukan kegiatan menggambar atau mewarnai

Sebuah penelitian mengungkapkan jika melakukan aktivitas menggambar atau mewarnai bisa menjadi salah satu cara mengurangi stres. Bisa dibilang, kegiatan mewarnai merupakan salah satu terapi seni. Sebab, kegiatan ini akan mampu membantu relaksasi otak, mengalihkan fokus dan pikiran, hingga menurunkan tingkat depresi. 

Melakukan journaling untuk melampiaskan emosi

Waktu kecil, mungkin kita sudah familiar dengan diary. Bahkan mungkin kita pernah menulis diary. Nah, kegiatan menulis diary ini sama halnya dengan melakukan journaling. Ternyata, kegiatan journaling ini akan membuat kita lebih bisa mengeksplorasikan pikiran, perasaan hingga emosi. Dan apabila kamu melakukannya secara rutin, pastinya metode ini bisa menjadi salah satu cara melakukan mindfulness yang mudah kamu lakukan. 

Manfaat melakukan mindfulness dalam keseharian

Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika melakukan mindfulness. Selain bisa membuat pikiran lebih tenang, ada beberapa manfaat lainnya dari mindfulness. Yuk, disimak!

  • Mampu mengurangi stres. Secara tidak sadar, mindfulness akan membuat hormon stres kartisol meningkat. Dan jika hormon tersebut meningkat, pastinya dapat menganggu tidurmu. Bahkan mampu meningkatkan tekanan darah hingga pemikiran yang kabur. Karena itu, mindfulness bisa memperbaiki gejala stres. 
  • Meningkatkan daya ingat otak. Melakukan mindfulness akan meningkatkan memori dan kejernihan mental. Selain itu, meditasi mindfulness adalah salah satu cara mengurangi penyakit demensia atau kehilangan memori terkait usia. 
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Teknik mindfulness ini ternyata dapat memengaruhi sel-sel yang bisa melawan penyakit. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mindfulness akan berperan dalam melawan kanker dan penyakit lainnya.
  • Mencegah penuaan dini. Stres yang disebabkan oleh kurang tidur akan membuat kulitmu mengalami tanda-tanda penuaan dini. Karena itu, dengan melakukan meditasi, kamu dapat mencegahnya dan menjaga kulit tetap elastis.

Starter pack untuk melakukan meditasi di rumah

Berikut ini beberapa starter pack yang dapat menemani dan membuatmu nyaman melakukan meditasi di rumah. Apa saja starter pack-nya? Mari simak berikut ini.

Bean bag untuk merebahkan tubuh 

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, mindfulness adalah salah satu cara untuk membuat tubuh dan pikiran tenang. Nah, untuk melakukan mindfulness, kamu membutuhkan tempat yang nyaman. Dengan bean bag, kamu bisa bersantai merelakskan pikiran. Karena itu, kami merekomendasikan bean bag dari ajeg untuk membuat harimu lebih santai dan menyenangkan.

Lihat Produk di Shopee

Sofa bed yang nyaman untuk duduk meditasi

Melakukan mindfulness tidak harus duduk di lantai. Kamu bisa kok duduk di atas sofa bed untuk melakukan meditasi. Malah, meditasimu akan makin nyaman. Untuk memberikan kenyamanan saat kamu melakukan meditasi, kami merekomendasikan sofa bed Sasmaya untukmu. Sofa bed ini dapat kamu atur bentuknya. Kamu bisa menjadikannya sofa set, sofa bed, hingga sofa sudut. 

Lihat Produk di Shopee

Karpet motif agar kegiatan meditasimu lebih nyaman

Mindfulness bisa kamu lakukan dengan duduk nyaman bermeditasi. Untuk membuat meditasimu makin nyaman, kamu bisa menggunakan karpet. Dengan begitu, meskipun kamu melakukan meditasi di lantai, kegiatanmu pun akan tetap nyaman. Untuk karpetnya, kami merekomendasikan karpet motif minimalis dari toko kami. 

Lihat Produk di Shopee

Rekomendasi toko furnitur yang bisa kamu pilih

beli sofa jogja di ajeg

Untuk membuatmu makin nyaman melakukan pembelian secara online, kami sarankan kamu untuk membelinya di toko furnitur Ajeg Mebel. Ada banyak promo menarik untuk pembelian secara online. Kamu juga bisa membelinya dengan kredit melalui ShopeePayLater atau Kredivo.

Lokasi showroom kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

Artikel terkait yang juga bisa kamu baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

10 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis ala K-Drama Populer

7 Rekomendasi Sofa Bean Bag Terbaik untuk Teman Santai

10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik untuk Nyaman Tidur

7 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik yang Nyaman

Nah, itulah tadi beberapa ide rekomendasi produk dari kami. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.