Apa Itu Arsitektur Hacienda – Banyak yang belum tahu mengenai gaya arsitektur hacienda. Gaya arsitektur ini sebenarnya berasal dari Spanyol, tapi kita bisa menemukannya di Meksiko maupun Amerika Serikat. Pada arsitekturnya, ada beberapa elemen yang khas, mulai dari dinding berwarna putih, genting tanah liat, hingga menggunakan aksen kayu ala pedesaan.

Sejarah Arsitektur Hacienda

Hunian dengan arsitektur hacienda ini cukup populer di Amerika Serikat—terutama bagian barat, California, dan Florida. Bisa dibilang apa itu arsitektur hacienda adalah gaya lama. Menurut sejarah, gaya ini muncul di Spanyol dan Meksiko, kemudian menyebar hingga Amerika Serikat di tahun 1600-an hingga pertengahan 1800-an.

Sumber: pinterest.com

Gaya hacienda sendiri telah muncul dan populer di Amerika hampir empat ratus tahun. Meski begitu, masih banyak orang yang mempertahankan gaya dan elemen hacienda. Bangunan hacienda dibangun dengan teknik tradisional yang cukup unik. Apa itu arsitektur hacienda pertama kali dibawa oleh pendatang Spanyol.

Warga Spanyol pada saat itu bermukim di daerah yang iklimnya sama dengan negara mereka. Karena ingin mendapatkan kenyamanan tinggal, maka pendatang Spanyol mendirikan bangunan yang sesuai dengan ciri khas arsitektur mereka—yang kemudian hari disebut dengan hacienda. Setelah periode kolonialisasi Spanyol berakhir, banyak masyarakat yang tetap mempertahankan elemen arsitektur hacienda ini.

Elemen yang Ada di Hacienda

Apa itu arsitektur hacienda jika tidak memiliki ciri khas tersendiri. Yup, arsitektur khas Spanyol ini memiliki beberapa elemen khas yang tak boleh ditinggalkan begitu saja. Penasaran apa saja elemennya, yuk langsung simak uraiannya berikut ini.

1. Genting dengan Material Tanah Liat

Gaya arsitektur khas Spanyol ini memiliki keunikan, yakni dengan menggunakan genting tanah liat sebagai atapnya. Penggunaan genting untuk apa itu arsitektur hacienda memang cukup unik, pasalnya material dari tanah liat ini mudah bocor. Untuk menghindari kebocoran tersebut, maka bangunan dengan arsitektur ini akan dibangun di daerah yang curah hujannya minim.

2. Memiliki Dinding Berwarna Putih

Elemen selanjutnya yang khas ialah dinding berwarna putih. Apa itu arsitektur hacienda dengan dinding berwarna putih? Nah, dinding di bangunan hacienda ini memang diciptakan secara tradisional dan tampil sederhana. Meski sederhana, ternyata warna putih pada dindingnya cukup bermanfaat untuk memantulkan panas dengan baik. Oleh karena itu, bangunan hacienda sangat nyaman dan sejuk untuk ditinggali.

Sumber: pinterest.com

3. Konsep dengan Aksen Kayu yang Khas

Sebelumnya, Minaj sudah memberikan inofrmasi bahwa gaya hacienda akan menggunakan konsep pedesaan. Konsep pedesaan sendiri sangat identik dengan penggunaan aksen kayu. Penggunaan aksen kayu ini akan membuat suasana rumah dan ruangan yang ada di dalamnya terasa lebih ramah dan hangat.

4. Penggunaan Jendela yang Tidak Terlalu Banyak

Kemudian, gaya hacienda juga identik dengan penggunaan jendela yang tidak terlalu banyak. Penggunaan jendela yang sedikit ini ternyata ada alasan tersendiri. Menurut sejarah, masyarakat yang membangun huniannya dengan gaya hacienda biasanya tidak ingin sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam rumah. Untuk itu, gaya ini menggunakan jendela yang sedikit.

5. Halaman di Tengah Rumah

Halaman rumah biasanya berada di depan atau paling depan. Namun, gaya hacienda tidak demikian. Pasalnya bangunan ini memiliki halaman yang letaknya di tengah bangunan rumah. Atau terkadang bangunannya juga terletak di belakang rumah. Kemudian di halaman tersebut biasanya akan ada dapur yang digunakan untuk memasak.

Nah, itulah tadi apa itu arsitektur hacienda yang perlu kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.