Berhadapan dengan anak malas belajar terkadang membuat orang tua kewalahan. Sepertinya permasalahan ini juga dihadapi oleh banyak orang tua di seluruh dunia. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Sebab, Minaj kali ini akan memberikan beberapa tipsnya untukmu sehingga kamu tak perlu bingung membuat anak menjadi rajin belajar. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Turut Menemani Anak Belajar

Orang tua bisa lho menemani anak belajar. Dengan begitu perilaku anak malas belajar bisa berkurang. Lagi pula saat kamu menemani anak belajar, ketika anak mengalami kesulitan mengerjakan tugasnya, kamu bisa langsung membantunya. Sebuah studi ilmiah juga menunjukkan kalau orang tua yang menemani anaknya belajar akan memberikan rasa ketertarikan anak pada kegiatan sekolah. Tak hanya itu, cata ini juga efektif untuk mengubah pola pikir maupun cara pandang anak tentang kegiatan belajar yang ada di sekolah.

anak malas belajar

Photo by Jerry Wang on Unsplash

Jangan Terlalu Memaksakan Anak

Banyak yang belum mengetahui jika memaksa anak untuk belajar malah membuat anak malas belajar. Meski sebenarnya niat orang tua baik, tapi terkadang anak tidak mengetahuinya dan malah merasa tertekan. Benar, jika nilai yang bagus itu baik, tapi jangan sampai kamu mematok keberhasilan anak dari nilai yang bagus saja. Sebab, beberapa anak memiliki keberhasilan di luar bidang akademik. Cara yang tepat agar membuat anak rajin ialah mendorong mereka untuk lebih fokus pada materi di pelajaran sekolah daripada nilai yang bagus. Toh dengan mendorong anak fokus pada materi pelajaran, nilai yang bagus akan bisa mereka dapatkan.

Membuat Suasana Belajar Menjadi Menyenangkan

Penting banget bagi orang tua untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan suasana yang menyenangkan dan kondusif di rumah, anak akan lebih termotivasi lagi untuk belajar—dengan kata lain anak malas belajar tidak ada lagi yang ada adalah rajin belajar. Kamu bisa menyediakan peralatan belajar seperti kertas, pensil, atau pena. Oh ya, ajarkan juga anak untuk mencintai literasi sejak dini. Dengan begitu wawasan pengetahuan anak akan lebih banyak dan luas.

Memberikan Hadiah untuk Anak

Untuk memacu anak agar tambah rajin belajar, kamu bisa memberikan hadiah sebagai iming-imingnya. Dengan memberikan hadiah, anak merasa kerja kerasnya dalam belajar dan mendapatkan nilai baik dihargai oleh orang tua. Oh ya, biasakan jangan memberikan hadiah kepada anak berupa uang, tapi berikan hadiah berupa pujian, pelukan, atau jalan-jalan bersama.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengatasi anak malas belajar. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.