Tips membersihkan bak mandi ini cocok sekali bagi kamu yang terkadang malas untuk membersihkan bak airnya. Bak air di kamar mandi sendiri memang wajib untuk dibersihkan secara rutin. Pasalnya jika kamu mengabaikan kebersihannya, bisa-bisa bak air di kamar mandimu akan dihuni oleh kotoran, kuman, dan jentik-jentik nyamuk. Akibatnya, kesehatanmu pun akan terganggu. Tentu kamu tak ingin mengalami sakit karena abai membersihkan bak air di rumahmu kan? Kalau begitu, yuk simak tips untuk membersihkannya berikut ini.

Menguras Air Terlebih Dahulu

Tips membersihkan bak mandi yang pertama ialah menguras airnya terlebih dahulu. Jadi, sebelum kamu memulai untuk membersihkannya, kuras bakmu terlebih dahulu sampai air di bak benar-benar hilang dan mengering.

Pindah Barang-Barang yang Mengganggu

Di sekitar bak biasanya ada barang-barang yang mengganggu. Nah, tips membersihkan bak mandi yang kedua ialah kamu harus menyingkirkan atau memindahkan barang-barang di sekitar bak yang terasa mengganggu. Kosongkan bak dari peralatan mandi, cermin kamar mandi, maupun mainan anak-anak yang ditaruh di kamar mandi. Namun, sebelum kamu memindahkan, ada baiknya untuk membersihkan terlebih dahulu barang-barang tersebut.

kuman di kamar mandi

Photo by Sidekix Media on Unsplash

Jangan Membersihkan dengan Tangan Kosong

Langkah tips membersihkan bak mandi yang kedua ialah kamu jangan membersihkannya dengan tangan kosong. Setidaknya bersihkan kamar mandi di rumahmu menggunakan sarung tangan. Sebab, cairan pembersih kamar mandi biasanya akan mengandung efek samping tidak baik untuk kulit, misalnya saja gatal maupun iritasi.

Siram Bak dengan Air Panas

Selanjutnya kamu bisa membersihkan bak di kamar mandi dengan menyiramkan air panas. Air panas yang kamu siramkan di bak akan membuka pori-pori keramik, sehingga cairan pembersih kamar mandi akan mudah meresap ke keramiknya. Kalau sudah meresap, pastinya untuk membersihkan kotoran, kuman, dan jentik nyamuk yang menempel akan lebih mudah.

kuman di kamar mandi

Photo by Francesca Tosolini on Unsplash

Jangan Lupa untuk Menyikatnya

Hal paling penting dalam tips membersihkan bak mandi ialah kamu harus menyikatnya. Jangan sampai kamu membersihkan bak mandi hanya dengan kain lap yang lembut—karena tidak bisa menghilangkan kotoran atau kuman sepenuhnya. Ada baiknya kamu menggunakan sikat kasar yang bisa digunakan untuk menyikat bagian-bagian susah di baknya. Oh ya, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan pada saluran airnya.

Bersihkan dengan Air Setelah Selesai Menyikat

Setelah selesai menyikat bak mandi, kamu bisa langsung membersihkannya dengan air. Bersihkan dengan air sampai kotoran maupun kumannya hilang. Setelah bak di kamar mandimu kinclong, isi baknya dengan air kembali dan pastikan kamu secara rutin membersihkannya. Mungkin kamu bisa membersihkan baknya tiga kali dalam seminggu.

Nah, itulah tadi beberapa tips membersihkan bak mandi yang harus kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.