Ruang tamu minimalis modern merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat kegiatan penghuni rumah. Di ruang tamu kita bisa bersantai, menerima tamu, atau menyelesaikan pekerjaan kantor. Sebagai salah satu tempat yang menjadi pusat kegiatan, tentunya kita harus memperhatikan perihal pencahayaan yang ada di ruang tamu. Memberikan pencahayaan yang tepat untuk ruangan sangatlah penting. Apalagi di ruangan ini kita juga biasa menerima tamu, sehingga memang harus memberikan pencahayaan terbaik.

Pencahayaan terbaik di ruang tamu minimalis modern tidak hanya mampu menerangi ruangan kita, melainkan juga bisa meningkatkan suasana hati kita. Bahkan produktivitas kita pun bisa meningkat karena adanya pencahayaan yang tepat. Pada intinya, pencahayaan di setiap ruangan rumah itu sangat penting—termasuk untuk ruang tamu. Ada tiga jenis ide pencahayaan yang bisa kamu tempatkan di ruangan secara strategis. Apa saja idenya? Simak uraiannya berikut ini.

Pencahayaan Ambient

Pencahayaan ambient ini sering disebut sebagai pencahayaan secara umum. Dan memang pencahayaan ini sering kita temui di beberapa ruang tamu minimalis modern. Pencahayaan ambient ini maksudnya adalah pencahayaan yang menerangi ruang secara merata. Ambient akan memberikan pencahayaan secara keseluruhan untuk menciptakan tingkat pencahayaan yang umum dan selaras dengan ruangan. Itulah mengapa pencahayaan jenis ini memiliki sifat cahaya yang mampu menyebar.

desain sofa trendi set

Ada beberapa jenis pencahayaan ambient yang sering kita temukan di ruang tamu minimalis modern. Pertama adalah lampu yang terpasang di langit-langit ruangan yang mengarahkan pencahayaan ke bawah. Kedua, lampu dinding atau lampu lantai yang memancarkan cahaya ke dinding atau langit ruangan. Ketiga, pencahayaan cove, lampu lantai, dan lampu gantung yang mulai memancarkan cahaya dari langit dan dinding.

Pencahayaan Task

Ruang tamu minimalis modern terkadang juga menggunakan task light atau pencahayaan yang mampu memberikan penerangan pada tugas maupun suatu kegiatan tertentu. Misalnya saja, task light di ruang tamu yang kita fokuskan hanya pada zona sofa atau tempat duduknya saja. Biasanya jenis pencahayaan ini sering digunakan untuk ruangan-ruangan tertentu, seperti ruang kerja atau ruang baca. Task light ini mampu memberikan pencahayaan yang bebas dari silau dan mencegah adanya mata yang lelah.

Pencahayaan Accent

Selanjutnya ada pencahayaan accent yang sering kita gunakan untuk rumah. Pencahayaan ini hanya menyorot pada objek tertentu saja, meski tak ada kegiatan di objek tersebut. Misalnya saja jika di ruangan rumahmu ada lukisan, maka pencahayaan ini bisa fokus menyorot ke arah lukisannya. Pencahayaan accent ini biasanya memiliki pencahayaan yang lebih terang daripada cahaya di sekitarnya. Ada beragam pencahayaan jenis accent ini yang bisa dipilih dan digunakan sesuai dengan objeknya. Misalnya saja untuk pencahayaan pada karya seni, perabotan, maupun arsitektur ruangan di rumah.

Nah, itulah tadi beberapa ide pencahayaan di ruang tamu minimalis modern. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.