Setelah melakukan renovasi dan mengganti furniture minimalis ruang tamu, kamu harus berhati-hati karena mungkin saja materialnya beracun. Bukan berarti semua material yang digunakan untuk membuat furniture beracun, tapi alangkah baiknya kita selalu mewaspadainya. Terkadang saat membeli furniture baru, mungkin ada bau khas yang menyerebak ke ruanganmu. Namun, sebenarnya bau khas barang baru tersebut tidaklah sehat. Bisa saja jika bau tersebut dari aroma partikel formaldehida yang merebak ke udara dari rak kayu di ruanganmu.

Formaldehida sendiri juga banyak disebut sebagai formalin. Zat ini tidak memiliki warna dan biasanya memiliki fungsi untuk mengawetkan jenazah. Nah, apabila material furniture minimalis ruang tamu di rumahmu mengandung zat berbahaya ini, maka bisa menimbulkan penyakit kanker. Beberapa pengrajin memang kadang menggunakan lem formaldehida ini untuk merekatkan kayunya. Sebenarnya yang mengandung formaldehida tak hanya lem, tapi juga ada beberapa cat dan karpet yang mengandung formalin.

Nah, kali ini Minaj ingin memberikan beberapa cara agar kamu terhindar dari material furniture minimalis ruang tamu yang mengandung zat berbahaya. Yuk, simak caranya berikut ini.

Pilihlah Furniture dengan VOC Rendah

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar terhindar dari zat beracun ialah memilih furniture minimalis ruang tamu yang materialnya memiliki VOC rendah. VOC atau Volatile Organic Compound merupakan senyawa organik yang mudah menguap. Ketika furniture di rumahmu memiliki VOC yang rendah, otomatis racun yang terkandung di dalam materialnya pun rendah atau bahkan tidak ada.

desain sofa trendi set

Cek Sumber Alergi

Cara terbaik untuk menghindarkan diri dari furniture minimalis ruang tamu yang beracun adalah mengetahui sumber alerginya. Misalnya alergi debu, maka langkah yang harus kamu lakukan ialah membersihkan rumah dan furniture secara rutin. Dengan membersihkan rumah secara rutin, kamu pun bisa hidup dengan aman dan nyaman di rumah tanpa perlu takut alergi lagi.

Gunakan Furniture Kayu Solid

Kamu bisa memilih furniture minimalis ruang tamu yang materialnya dari kayu solid. Furniture dengan kayu solid biasanya akan mudah kamu temui. Tak hanya mudah ditemukan, tapi furniturenya juga memiliki harga yang lebih murah daripada lainnya. Di Ajeg sendiri juga ada kok furniture yang menggunakan kayu solid untuk materialnya.

model sofa minimalis terbaik jogja

Perhatikan Kelembaban Ruang

Agar ruangan nyaman dan aman, maka kamu juga harus memperhatikan tingkat kelembaban ruang. Tingkat kelembaban ruang ini bisa kamu atur dengan membuat ventilasi udara. Atau kamu juga bisa memberikan AC di ruangan. Ruangan yang terlalu lembab dan tertutup akan memudahkan jamur untuk berkembang biak. Akibatnya, kamu dan penghuni rumah yang lain akan mudah sakit. Oh ya, ketika kamu ingin meletakkan sofa atau furniture, usahakan jaraknya dari dinding kurang lebih sepuluh centimeter.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghindari material furniture minimalis ruang tamu yang beracun. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.